Kombatan Kawal Kasus Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, "Kejaksaan Negeri Surabaya" Datangi Kecamatan Sukomanunggal

Oknum Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, Kajari Datangi Kecamatan Sukomanunggal
"Walikota Surabaya Eri Cahyadi harus menyelamatkan Aset Pemkot Surabaya secepatnya dan memproses pelakunya secara hukum."

Liputan Indonesia
|| Surabaya, - Terkait dugaan oknum Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Simomulyo, M. Isroni Hariyanto, SH. mengaku pengacara profesional merasa kebal hukum menyewakan lahan atau tanah aset Pemerintah kota Surabaya dan diduga menjadi mafia tanah di wilayah kelurahan Simomulyo kecamatan Sukomanunggal akhirnya ada titik terang, informasi di tindak lanjuti oleh Kejaksaan Negeri Sukomanunggal, Surabaya tersiar kabar dilingkungan sekitar warga Simomulyo.

Pasalnya saat awak media Liputan Indonesia mendatangi kantor kecamatan Sukomanunggal, para pejabat Lurah dibawah naungan kecamatan Sukomanunggal tengah rapat, namun ada yang berbeda dari keterangan salah satu staff kecamatan.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu staff mengatakan, "Bapak Camat dan Lurah lurah sedang rapat mas, dan sekarang lagi menemui orang dari Kejaksaan Negeri Sukomanunggal, sebab terkait viralnya pemberitaan ada Oknum ketua LPMK Simomulyo menyewakan lahan aset pemkot dipertanyakan bahkan terkait proyek saluran air di wilayah Sukomanunggal juga di mintai keterangan, kalau lebih jelasnya tanyakan langusng ke pak Camat baru saja mas," ujar salah satu pegawai kecamatan Sukomanunggal yang tak mau disebut namanya. 

Staff kecamatan menambahkan, "Ketua LPMK Simomulyo juga dipanggil, namun di ruang yang berbeda, pokoknya terkait persewan lahan aset pemkot Surabaya dan proyek saluran air Serta tindakan yang melanggar hukum di pertanyakan kejelasan nya oleh Kejaksaan Negeri Sukomanunggal mas, sebab Lurah Simomulyo dan Camat Sukomanunggal yang baru gak tahu apa apa, ya kalau terjadi tindak pidana penyalahgunaan seharusnya lurah atau camat yang sebelumnya," tambahnya.

Terpisah, awak media Liputan Indonesia mengkonfirmasi Nono Indriyatno, S.Sos selaku Camat Sukomanunggal yang baru Nono via WhatsApp mengatakan, "Bukan sidak Kejaksaan dan bagian pemerintahan sosialisasi pelaksanaan kegiatan bersama 3 kecamatan," katanya. Senin, (24/10/2022).

Sementara Ormas Penyelamat Aset Pemkot Surabaya sidak langsung ke TKP 

Foto: Lokasi Lahan Aset Pemkot Surabaya dan salai satu bukti kwitansi yang diketahui serta di sewakan oleh LPMK Simomulyo.

Komunitas Banteng Asli (Kombatan) Surabaya Angkat Bicara

Rudy Gaol Ketua DPC Kombatan Surabaya Saat menemui Lurah Simomulyo mengatakan, "Bahwa hari ini Camat Sukomanunggal lurah Simomulyo dan ketua LPMK Simomulyo dipanggil Kejari Sukomanunggal, terkait aset Pemkot yang Diduga kuat, dikelola tanpa ijin Pemkot yang disewakan. Saya akan mengawal terus kasus ini hingga tuntas pun demikian BPKAD Pemkot Surabaya kami surati resmi, tidak akan kami perbolehkan untuk mengeluarkan ijin pengelolaan tanah (IPT) hingga kasus tuntas," pungkas Rudy di kantornya.

Mantan Ketua LPMK Simomulyo periode 2013 - 2016 juga turut bicara 

Heri Siswoyo selaku mantan LPMK periode 2013 - 2016 mengatakan, "Menurut saya wajarlah, Kejari surabaya memeriksa oknum oknum yang terkait penyewaan didalam permasalahan aset pemerintah atau tanah orang lain yang di anggap penyerobotan tanah tanpa mengetahui atau ijin dari pemilik, wajar dan wajib di periksa karena sudah merugikan yang punya tanah demi keuntungan pribadi, Ketua LPMK wajib bertanggung Jawab, apalagi tersebar ada bukti kwitansi pembayaran Ruko yang dibangun diatas tanah aset Pemkot Surabaya, disewakan senilai 20juta hingga 30juta per tokonya," ujar Heri.  

Foto: Situasi lingkungan kecamatan Sukomanunggal




Adapun dari Berita sebelumnya

Dari pemberitaan sebelumnya bahwa di Kecamatan Sukomanunggal banyak sekali kasus aset pemerintah kota Surabaya disewa sewakan oleh oknum ketua LPMK dan kasus masalah rumah layak huni di wilayah Simorejo terbengkalai, di ketahui penanggung jawabnya ketua LPMK Kelurahan Simomulyo, kecamatan Sukomanunggal yang mangkrak dan diduga dikorupsi, kini ada lagi kasus tanah aset pemkot Surabaya di komersilkan oleh oknum di LPMK Simomulyo.

Dari hasil investigasi awak media Liputan Indonesia, diketahui Ketua LPMK kelurahan Simomulyo kecamatan Sukomanunggal yaitu M. Isroni Hariyanto SH, diduga dia adalah otak dari beberapa kasus di Simomulyo, karena dirinya pengacara merasa kebal hukum.

Pedagang menyebut bayar sewa lahan pemkot di ketua LPMK, bukan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Surabaya.

Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dibangun diatas tanah aset pemerintah kota Surabaya dan dipetak petak, setelahnya diduga di sewakan ke pedagang senilai 20 juta setahun per stand dan di tempat itu, berjumlah 6 stand, yang diketahui.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu pedagang yang meminta dirahasiakan namanya, "Iya betul mas, bos saya sewa 20jt pertahun satu petak ini, ya kalau masalah ini tanah milik pemkot saya gak paham, yang lebih paham ketua LPMK nya mas, sebab bos saya bayar ke Pak Isroni, dia kan ketua LPMK kelurahan Simomulyo mas," jelas salah satu pedagang. Senin, (5/9/2022).

Diketahui, aset tanah milik Pemkot di wilayah Simomulyo banyak di komersilkan oleh para oknum, yang diduga bekerjasama dengan kelurahan dan kecamatan, sebab tidak adanya teguran atau penertiban dari Satpol-PP kecamatan Sukomanunggal.

Terpisah, Camat Sukomanunggal, Lakoli, S.Sos, M.Si mengatakan, "Silahkan ditanyakan ke LPMK yang jelas tidak ada setoran ke kelurahan maupun kecamatan," ucapnya.

Lanjut Lakoli selaku Camat Sukomanunggal mengatakan, "Lokasi tanah tersebut benar tercatat sebagai aset tanah pemkot mulai awal pembangunan sudah kami lakukan teguran baik lisan maupun tertulis," ujarnya Senin, (12/9/2022).

Saat disinggung bertahun tahun di sewakan oknum Ketua LPMK kelurahan Simomulyo dan kapan dilakukan penertiban untuk menjaga aset tanah Pemkot Surabaya, Lakoli menambahkan, "Terkait lain-lain mungkin sebaiknya dikonfirmasi ke ketua LPMK, Iya betul pak semuanya ada prosesnya," tutupnya.

Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, "Kejaksaan Negeri Surabaya" Datangi Kecamatan Sukomanunggal



Sementara itu, saat di konfirmasi ke M. Isroni Hariyanto SH. selaku ketua LPMK kelurahan Simomulyo kecamatan Sukomanunggal bungkam saat di konfirmasi awak media via WhatsApp.


Penulis : Red


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Artikel lainnya:


toko online liputan Indonesia

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
Nama

#BeritaViral,256,Advertorial,328,BAIS,5,Berita Utama,2104,Berita-Terkini,1345,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,5,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,67,EkoBis,382,Galeri-foto-video,155,Gaya-Hidup,120,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,63,HuKrim,1382,Info Haji,19,Internasional,357,Internet,82,Kesehatan,519,Kicau Mania,23,KPK,8,Kuliner,15,Laporan-Masyarakat,415,Lindo-TV,118,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,375,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,68,Nasional,1687,Olahraga,91,Opini Rakyat,159,Otomotif,12,Pemerintah,1110,Pendidikan,126,Peristiwa,614,PERS,5,Pilpres 2024,1,Politik,550,POLRI,1523,Pungli,31,Regional,3789,Religi,192,Sejarah,56,Selebritis,76,Seni-Budaya,89,ShowBiz,104,Technology,137,Tips-Trick,116,TNI,722,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: Kombatan Kawal Kasus Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, "Kejaksaan Negeri Surabaya" Datangi Kecamatan Sukomanunggal
Kombatan Kawal Kasus Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, "Kejaksaan Negeri Surabaya" Datangi Kecamatan Sukomanunggal
Ketua LPMK Simomulyo Sewakan Tanah Aset Pemkot, Kajari Datangi Kecamatan Sukomanunggal, Lakoli dan Isroni di tahan Kejaksaan Negeri Sukomanunggal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr10qEE6-TCjrhvA55wswWeG2b1LRA-v6RJP8bMvZrHPldONQ5zGCrC4IG-Q-91cApiyqBy8E0f8SzKPU23sy5YLHzRxlquGpcLKNyRpHXEXZqniytLsgpSexh7HC6oPuqLK0ScUdALJhqU_CtZvqsawtkQvPCcMgsn7PFFpRnU6SrlTWS-jo2itsY4Q/w400-h230/Screenshot_2022-10-24-19-20-46-22.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr10qEE6-TCjrhvA55wswWeG2b1LRA-v6RJP8bMvZrHPldONQ5zGCrC4IG-Q-91cApiyqBy8E0f8SzKPU23sy5YLHzRxlquGpcLKNyRpHXEXZqniytLsgpSexh7HC6oPuqLK0ScUdALJhqU_CtZvqsawtkQvPCcMgsn7PFFpRnU6SrlTWS-jo2itsY4Q/s72-w400-c-h230/Screenshot_2022-10-24-19-20-46-22.jpg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/10/ormas-kombatan-kawal-kasus-oknum-ketua.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/10/ormas-kombatan-kawal-kasus-oknum-ketua.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content