Sri Lanka darurat nasional - perdana menteri perintahkan militer pulihkan ketertiban

Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, mengatakan ia memerintahkan komite baru yang dikepalai panglima militer dan kepala kepolisian untuk "melakukan apa yang perlu" untuk memulihkan ketertiban.

Liputan Indonesia || Dunia, - Perintah itu muncul setelah ribuan pengunjuk rasa tidak mengindahkan kondisi darurat yang ditetapkan sebelumnya dan menyerbu kantor perdana menteri di Kolombo.

Dalam satu pernyataan TV, Wickremesinghe mengecam para demonstran sebagai "fasis".

Para pengunjuk rasa juga ingin agar perdana menteri mundur karena dianggap terlalu dekat dengan Presiden Gotabaya Rajapaksa; yang melarikan diri ke Maladewa Selasa (12/07) dan mengangkat Wickremesinghe sebagai penjabat presiden. Sejauh ini belum ada pernyataan mundur secara resmi dari Rajapaksa.

Pejabat KBRI di Kolombo, Heru Prayitno mengatakan walaupun terjadi unjuk rasa, di tempat lain di ibu kota, "masyarakat masih tetap tertib saat antre mendapatkan BBM dan gas".

Heru juga mengatakan toko-toko masih buka namun beberapa ruas jalan ditutup terutama menuju lokasi kantor perdana menteri, tempat unjuk rasa, dan jalan menuju gedung parlemen.

Ia juga mengatakan para tokoh agama meminta semua pihak untuk tetap tenang, menjaga ketertiban umum dan tidak melakukan tindak kekerasan, serta meminta masyarakat dari luar kota untuk tidak datang ke Kolombo.

Demonstran di Kolombo
Keterangan gambar,

Demonstran menduduki kantor perdana menteri.

Demonstran di Kolombo

Para pengunjuk rasa yang menerobos pagar kantor perdana menteri, berteriak gembira, setelah sempat berjam-jam berhadap-hadapan dengan aparat bersenjata yang mencoba membubarkan massa dengan gas air mata.

Wartawan BBC Tessa Wong yang berada di lokasi mengatakan para demonstran duduk di sofa dan mengambil foto di kantor perdana menteri sementara aparat keamanan bersenjata hanya menyaksikan dari luar ruangan.

Para pengunjuk rasa berteriak dan menyanyi sambil berdiri di atas kursi dan meja sambil memegang bendera Sri Lanka.

"Kami bilang apa, jangan main-main dengan kami", kata mereka.

Demonstran di Kolombo

Sebelum merangsek pagar kantor perdana menteri, polisi sempat melepaskan tembakan gas air mata dalam upaya membubarkan massa namun demonstran tetap tak mau bubar.

Perdana Menteri (PM) Ranil Wickremesinghe ditunjuk sebagai penjabat presiden, setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur dengan menggunakan pesawat, di tengah protes massal masyarakat karena krisis ekonomi.

Keterangan resmi dari juru bicara parlemen menyebutkan, Presiden Gotabaya Rajapaksa memberitahu Wickremesinghe tentang penunjukan itu, berdasarkan Pasal 37.1 Konstitusi Sri Lanka.

Namun sejauh ini tidak tidak keterangan langsung dari Rajapaksa.

President Gotabaya Rajapaksa in Glasgow, Inggris pada 2021

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Keterangan gambar,

Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka sebelum resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya

Semua pengumuman dalam beberapa hari terakhir datang dari ketua parlemen dan kantor perdana menteri.

Sementara itu televisi nasinal Rupavihini berhenti siaran setelah demonstran masuk ke kantor stasiun televisi pemerintah itu.

Sri lanka

SUMBER GAMBAR,ABHISHEK CHINNAPPA/AFP

Sebelum ditunjuk sebagai penjabat presiden, PM Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, telah mengumumkan keadaan darurat di negara itu.

Sementara itu, aparat kepolisian menembakkan gas air mata dalam upaya membubarkan pengunjuk rasa di luar kantor perdana menteri.

Jam malam telah diberlakukan di Provinsi Barat, yang meliputi ibu kota Kolombo.

Presiden melarikan diri

Angkatan Udara Sri Lanka mengkonfirmasi bahwa presiden berusia 73 tahun ini terbang ke Maladewa - kepulauan yang bertetangga dengan Sri Lanka - bersama istrinya dan dua petugas keamanan.

Mereka mendarat di ibu kota Male, sekitar pukul 03:00 waktu setempat (05:00 WIB), menurut informasi yang diterima BBC Sinhala.

Keberangkatan Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka ini mengakhiri dinasti keluarga yang telah berkuasa di negara tersebut selama puluhan tahun.

Sebelumnya, dia diketahui bersembunyi setelah ribuan warga menyerbu kediamannya pada Sabtu.

Dia juga telah berjanji untuk mengundurkan diri pada Rabu, 13 Juli. Namun pada hari yang dijanjikan, pagi hari ini, seorang pejabat negara kepada kantor berita Reuters mengatakan Rajapaksa belum menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada ketua parlemen.

Saudara laki-lakinya, mantan Menteri Keuangan Basil Rajapaksa, juga telah meninggalkan Sri Lanka, menurut sumber-sumber kepada BBC. Dia disebut menuju Amerika Serikat.

Warga Sri Lanka, yang hari ini bangun dengan berita bahwa presiden mereka telah pergi, turun kembali ke jalan. Ribuan orang memadati ibu kota Kolombo dan berkumpul di Galle Face Green, tempat protes utama.

Bergantian, warga biasa naik ke podium dan menyampaikan orasi dengan berapi-api.

"Kemenangan untuk perjuangan!" teriak warga dengan bahasa Sinhala, bersahut-sahutan dengan seruan-seruan protes lain. Para pembicara mencerca pemerintah dan para pemimpin yang mereka anggap telah mengecewakan rakyat.

Demonstran di Kolombo
Keterangan gambar,

Seorang warga sipil berorasi di hadapan demonstran di Kolombo

Beberapa orang mengaku marah dengan kepergian Rajapaksa ini.

"Kami tidak suka, kami ingin dia tetap di Sri Lanka. Kami ingin uang kami kembali! Dan kami ingin menjebloskan semua Rajapaksa ke penjara terbuka supaya mereka bisa melakukan pekerjaan di pertanian," ujar seorang warga, GP Nimal.

Pendemo lain, Reshani Samarakoon, yang merupakan seorang mahasiswa, berharap kepergian Rajapaksa ini menawarkan "harapan bahwa di masa depan Sri Lanka bisa menjadi negara berkembang secara ekonimi dan sosial".

Rakyat Sri Lanka menyalahkan pemerintahan Presiden Rajapaksa atas krisis ekonomi terburuk yang dialami negaranya selama puluhan tahun terakhir.

Selama berbulan-bulan, rakyat Sri Lanka harus menghadapi pemadaman listrik dan kekurangan bahan pokok seperti BBM, makanan, dan obat-obatan.

Rajapaksa, yang memiliki imunitas dari tuntutan hukum selama masih menjabat presiden, diyakini telah merencanakan untuk kabur ke luar negeri sebelum lengser untuk menghindari kemungkinan ia ditangkap oleh pemerintahan yang baru.

Hentikan YouTube pesan, 1
Keterangan video,Peringatan: Konten pihak ketiga mungkin berisi iklan

Lompati YouTube pesan, 1

line

Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka

  • Sri Lanka adalah negara pulau di sebelah selatan India: Mendeklarasikan kemerdekaan dari Inggris pada 1948. Tiga kelompok etnis - Sinhala, Tamil, dan Muslim - membentuk 99% dari 22 juta populasi negara.
  • Kakak-beradik dalam satu keluarga mendominasi selama bertahun-tahun: Mahinda Rajapaksa menjadi pahlawan bagi kelompok mayoritas Sinhala pada 2009 ketika pemerintahannya menekuk separatis Tamil yang memberontak setelah perang sipil yang berdarah dan pahit selama bertahun-tahun. Adiknya, Gotabaya, yang saat itu menjabat sebagai menteri pertahanan, kemudian diangkat sebagai presiden.
  • Kekuasaan presiden: Presiden adalah kepala negara, pemerintah, dan militer Sri Lanka, namun banyak berbagi tanggung jawab eksekutif dengan perdana menteri, yang mengepalai partai berkuasa di parlemen.
  • Krisis ekonomi telah menyebabkan protes dan kekerasan di jalanan: Inflasi yang melambung tinggi berarti harga bahan-bahan pokok, obat-obatan, dan BBM semakin mahal dan langka. Pemadaman listrik bergilir dilakukan setiap hari, mendorong warga sipil yang marah turun ke jalan, menyalahkan keluarga Rajapaksa dan pemerintahannya atas keadaan ini.
line
Gotabhaya Rajapaksa
line

Kemenangan besar untuk demonstran

Anbarasan Ethirajan, BBC News, Kolombo

Ini adalah kejatuhan besar bagi Presiden Rajapaksa - setelah sekian lama menjadi sosok paling berpengaruh di Sri Lanka.

Hanya sedikit orang yang sebelumnya menyangka keadaan akan berbalik seperti ini untuknya.

Sebagai mantan menteri pertahanan, dia telah berpengalaman mengawasi operasi-operasi militer dalam perang kontroversial pemerintah melawan pemberontak Tamil Tiger yang berakhir pada 2009.

Dia telah dituduh melakukan pelanggaran HAM dalam perang itu dan menangkapi orang-orang yang menentangnya, namun Rajapaksa selalu menyangkap tuduhan ini.

Keluarga Rajapaksa telah mendominasi politik Sri Lanka selama dua dekade, dengan dukungan kuat dari kelompok mayoritas Buddha Sinhala ia diangkat menjadi presiden pada 2019.

Kepergiannya merupakan kemenangan besar bagi para pendemo yang memprotes ke jalan-jalan dan mengekspresikan kemarahan karena kesalahan manajemen dalam perekonomian dan naiknya biaya hidup.

line

Siapa yang akan menggantikan Rajapaksa menjadi presiden

Setelah peninggalan Rajapaksa ke luar negeri, ada ancaman potensi kevakuman kekuasaan di Sri Lanka, di saat pemerintahan yang berfungsi sangat dibutuhkan untuk keluar dari krisis ekonomi.

Sejumlah politisi dari partai-partai lain telah bicara tentang potensi membentuk pemerintahan gabungan, namun belum ada tanda-tanda kesepakatan. Tidak jelas juga apakah warga mau menerima usulan ini.

Menurut konstitusi, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe yang seharusnya bertindak sebagai presiden jika surat pengunduran diri telah diserahkan. Perdana menteri dianggap wakil presiden di parlemen.

Meski begitu, Wickremesinghe juga sangat tidak populer. Warga yang berdemo membakar rumah pribadinya pada Sabtu - dia dan keluarganya tidak ada di dalam - dan Wickremesinghe juga telah berkata dia akan mengundurkan diri untuk memberi jalan kepada pemerintahan gabungan, namun tidak menyebutkan tanggal pasti.

Hentikan YouTube pesan, 2
Keterangan video,Peringatan: Konten pihak ketiga mungkin berisi iklan

Lompati YouTube pesan, 2

Dengan begitu, ketua parlemen menjadi sosok yang paling mungkin menggantikan tugas-tugas presiden sementara, menurut sejumlah pakar konstitusi.

Namun Mahinda Yapa Abeywardena adalah sekutu politik keluarga Rajapaksa, dan tidak jelas apakah masyarakat Sri Lanka akan menerimanya sebagai pemimpin.

Siapa pun yang menjadi pejabat sementara presiden nanti hanya memiliki 30 hari untuk mengadakan pemilu yang memilih presiden baru dari anggota parlemen yang ada.

Pemenang dari pengambilan suara ini akan menggantikan Rajapaksa hingga masa jabatannya berahir pada akhir 2024.

Pada Senin, pemimpin partai oposisi utama Sajith Premadasa mengatakan kepada BBC ia akan mencalonkan diri sebagai presiden jika Rajapaksa mundur.

Sri Lanka's opposition leader Sajith Premadasa talks to supporters in Colombo. Photo: June 2022

SUMBER GAMBAR,REUTERS

Keterangan gambar,

Sajith Premadasa, pemimpin partai oposisi utama.

Dia menambahkan, partainya dan sekutu-sekutu lain akan "menominasikan saya untuk posisi presiden, bila jabatan itu tersedia".

Premadasa kalah dalam pemilu presiden 2019, dan akan membutuhkan dukungan dari para anggota parlemen dari partai berkuasa untuk menang.

Pemimpin Partai Samagi Jana Balawegaya (SJB) telah dikritik karena menolak posisi perdana menteri saat ditawarkan kepadanya pada April. Rivalnya, Ranil Wickremesinghe, yang kemudian diangkat.

Premadasa menyebut situasi Sri Lanka saat ini sebagai "kacau, tak pasti, dan total anarki", dan berkata negara membutuhkan "konsensus, konsultasi, kompromi, dan kebersamaan."

Meski begitu, Premadasa juga tak punya dukungan publik yang kuat di akar rumput dan secara umum ada kecurigaan kepada para politisi Sri Lanka.

Gerakan protes yang telah membawa Sri Lanka menuju perubahan besar ini juga tidak mengusung tokoh tertentu untuk menggantikan tampuk kepemimpinan.


Source : https://www.bbc.com/indonesia/dunia-62146190


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Artikel lainnya:


toko online liputan Indonesia

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
Nama

#BeritaViral,256,Advertorial,328,BAIS,5,Berita Utama,2104,Berita-Terkini,1345,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,5,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,67,EkoBis,382,Galeri-foto-video,155,Gaya-Hidup,120,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,63,HuKrim,1382,Info Haji,19,Internasional,357,Internet,82,Kesehatan,519,Kicau Mania,23,KPK,8,Kuliner,15,Laporan-Masyarakat,415,Lindo-TV,118,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,375,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,68,Nasional,1687,Olahraga,91,Opini Rakyat,159,Otomotif,12,Pemerintah,1110,Pendidikan,126,Peristiwa,614,PERS,5,Pilpres 2024,1,Politik,550,POLRI,1523,Pungli,31,Regional,3789,Religi,192,Sejarah,56,Selebritis,76,Seni-Budaya,89,ShowBiz,104,Technology,137,Tips-Trick,116,TNI,722,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: Sri Lanka darurat nasional - perdana menteri perintahkan militer pulihkan ketertiban
Sri Lanka darurat nasional - perdana menteri perintahkan militer pulihkan ketertiban
Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, mengatakan ia memerintahkan komite baru yang dikepalai panglima militer dan kepala kepolisian "
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpYNfVZse7xbCDMkfc_orFLxTn9ORc7A1WMYlsLguOFER3eP0M-N7w-c0RriK3qdQeF3xlbuwH6ONbv9ntqeuWfghaz0ylN2LT-NvRtO8qZaPjPP6AqLsYhJAU05gReNF9pMjmUs7wK6atShIoe_KGCeT3reNzppCONxTipbp6efPMb4TTahzrMMOX2w/s16000/Sri%20Lanka%20darurat%20nasional%20-%20perdana%20menteri%20perintahkan%20militer%20pulihkan%20ketertiban.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpYNfVZse7xbCDMkfc_orFLxTn9ORc7A1WMYlsLguOFER3eP0M-N7w-c0RriK3qdQeF3xlbuwH6ONbv9ntqeuWfghaz0ylN2LT-NvRtO8qZaPjPP6AqLsYhJAU05gReNF9pMjmUs7wK6atShIoe_KGCeT3reNzppCONxTipbp6efPMb4TTahzrMMOX2w/s72-c/Sri%20Lanka%20darurat%20nasional%20-%20perdana%20menteri%20perintahkan%20militer%20pulihkan%20ketertiban.webp
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/07/sri-lanka-darurat-nasional-perdana.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/07/sri-lanka-darurat-nasional-perdana.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content