Mengapa 'berlian biru' begitu berharga, Simak yuk!

Liputan Indonesia || Dunia, - 
Batu berlian terbentuk miliaran tahun yang lalu dan beberapa di antaranya telah membuat kita terpesona.

Saat ini berlian adalah ungkapan janji cinta abadi, simbol kekayaan atau kemewahan yang telah lama diidam-idamkan.

Di masa lalu, batu berlian dipercaya bisa menyembuhkan dan diyakini memberi kekuatan dan perlindungan terhadap semua musuh dan semua kejahatan, bahkan mimpi buruk.

Di India, kepercayaan itu terkait dengan tokoh-tokoh suci Veda dan kemudian Hindu.

Dalam majas "Sutra Berlian", yang berasal dari tahun 868 Masehi, berlian adalah bahan yang "menembus ilusi duniawi untuk menerangi apa yang nyata dan abadi."

Tapi mungkin yang paling puitis adalah orang Yunani kuno, yang bagi mereka berlian adalah air mata yang diteriakkan oleh para dewa atau pecahan bintang jatuh.

Namun yang luar biasa adalah bahwa kebenaran tentang berlian hampir sama luar biasanya dengan semua kepercayaan itu.

Apa keistimewaannya?

Batu berlian terbuat dari unsur yang menjadi dasar kehidupan itu sendiri: karbon.

Luar biasa tangguh, berlian dapat menahan tekanan yang cukup untuk menciptakan kembali kondisi ekstrem di mana mereka dilahirkan. Namun, dengan kombinasi panas dan oksigen yang tepat, batu itu akan menghilang dalam kepulan karbon dioksida.

berlian

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Keterangan gambar,

Berlian Hope, juga dikenal sebagai "Le Bijou du Roi" dan "Tavernier Blue", merupakan berlian biru tua berukuran 45,52 karat.

Selain kilau dan kecemerlangannya yang luar biasa, berlian adalah bahan yang paling kaku, tahan secara kimiawi terhadap sebagian besar asam dan alkali, transparan dari ultraviolet dan sinar inframerah.

Berlian juga salah satu dari sedikit material dengan afinitas elektron negatif.

Batu ini terbentuk secara alami di beberapa tempat di Bumi, baik di kedalaman benua atau di tumbukan meteorit.

Berlian pun muncul ke permukaan dengan cara yang eksplosif, dalam magma dari beberapa letusan paling aneh dalam sejarah, dari beberapa gunung berapi yang berakar jauh di dalam planet ini.

Tidak semua berlian berbentuk transparan atau agak kuning atau coklat, seperti yang biasa kita bayangkan.

Ada juga yang berwarna dan disebut "fantasi": merah, biru dan hijau adalah yang paling langka, dan oranye, ungu, kuning dan hijau kekuningan adalah yang paling umum.

berlian

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Keterangan gambar,

Batu-batu ini disebut "berlian mewah" dan beberapa, karena kelangkaannya, sangat berharga.

Tapi semuanya, begitu terbentuk, memiliki kemampuan unik untuk menampung dan melindungi mineral apa pun yang terkandung dalam struktur kristalnya, memberi para ilmuwan sampel khusus mineralogi dan sekilas kondisi di bawah bumi.

Dan dalam hal itu, berlian biru tergolong luar biasa.

Di mana bisa ditemukan?

Kebanyakan berlian terbentuk pada kedalaman sekitar 150 kilometer di bawah daratan.

Berlian biru asalnya hingga empat kali lebih dalam, di lapisan mantel bumi yang lebih rendah.

berlian
Keterangan gambar,

Okavango Blue Diamond adalah batu berlian seberat 20,46 karat.

Itu baru ditemukan pada 2018, karena batu permata tersebut "sangat mahal, sehingga sulit untuk mengaksesnya untuk tujuan penelitian ilmiah," jelas penulis utama studi yang mengungkapkannya, ahli geologi Evan Smith dari Gemological Institute of America.

Tidak hanya berharga, batu-batu itu cenderung sangat murni, sehingga mereka cenderung tidak memiliki "penyerta", atau potongan-potongan kecil bahan non-berlian, mineral yang berada dalam jarak dekat ketika sedang dibentuk.

Ketidaksempurnaan itu memberi para ilmuwan lebih banyak informasi.

Tetapi mereka berhasil menganalisis 46 berlian biru dengan inklusi, dan menentukan asalnya antara kedalaman 410 hingga 660 kilometer.

Beberapa sampel bahkan menunjukkan bukti yang jelas bahwa mereka berasal dari kedalaman lebih dari 660 kilometer, yang berarti berasal dari lapisan mantel bumi yang lebih rendah.

Ini membuat batu-batu berharga itu menjadi kapsul waktu yang sebenarnya, wadah informasi yang hampir tidak mungkin ditemukan.

"Kita tidak bisa sampai ke bagian dalam Bumi. Berlian terbentuk di sana dan biasanya membungkus apa pun yang ada di bawah sana," kata George Harlow, ahli geologi dan kurator Divisi Permata dan Mineral di Museum Sejarah Alam Amerika di New York, kepada BBC Reel.

"Mereka seperti wahana antariksa kita. Akhirnya, beberapa berhasil mencapai permukaan Bumi sehingga kita bisa mempelajarinya."

Jadi, petunjuk apa yang mereka berikan kepada kita?

Teka-teki berselimutkan misteri

Berlian biru, untuk sebagian besar sejarah, merupakan misteri. Tidak diketahui mengapa mereka memiliki warna yang indah.

Akhirnya ditemukan bahwa itu karena batu itu mengandung jejak boron, unsur kimia metaloid yang dapat memasuki struktur kisi kristal berlian selama pertumbuhannya.

berlian

SUMBER GAMBAR,EPA

Keterangan gambar,

Berlian Farnese Biru adalah hadiah pernikahan untuk Elizabeth Farnese, putri Duke of Parma, ketika dia menikah dengan Raja Philip V dari Spanyol pada tahun 1715.

Tapi begitu misteri itu terbongkar, sebuah teka-teki muncul.

Jika berlian biru terbentuk di lapisan mantel bumi, sedangkan boron terkonsentrasi di kerak bumi, jadi dari mana berlian ini mendapatkan boronnya?

Jawaban atas teka-teki geokimia itu akan memberi kita petunjuk tentang kedalaman planet ini.

Hipotesis yang diajukan oleh kelompok penelitian yang dipimpin Smith adalah bahwa boron berasal dari dasar laut dan diangkut menuju lapisan mantel bumi ketika satu lempeng tektonik meluncur di bawah lempeng lainnya, sebuah proses yang dikenal sebagai subduksi.

Dengan memasukkan dirinya ke dalam mineral kaya air, ia mampu meluas jauh ke dasar laut, bahkan ke bagian mantel lempeng samudera.

Menemukan jejak boron dalam berlian yang lahir pada jarak sedemikian jauh dari permukaan bumi mengungkapkan bahwa mineral yang mengandung air berjalan jauh lebih dalam ke mantel bumi daripada yang diperkirakan sebelumnya , menunjukkan kemungkinan siklus hidrologi super dalam.

Seperti yang dikatakan Harlow, berlian biru "tidak hanya indah dan langka, tetapi juga sangat menarik. Mereka mengajari kita banyak hal tentang planet ini."



Source: BBC Indonesia


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

Nama

#BeritaViral,645,#MafiaRokok,1,#MafiaTanah,24,#Mudik2023,20,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,52,#UMKM,3,a Regional,1,Advertorial,427,BAIS,5,Berita Terkini,798,Berita Utama,3502,Berita-Terkini,3825,BIN,11,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,5,Capres 2024,28,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,71,Dewan Pers,8,Dinkes,1,EkoBis,443,Ekonomi & Bisnis,5,fasilitas,3,Galeri-foto-video,179,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,6,Hobby,75,HuKri,1,HuKrim,2276,hukum,28,index,19,Info Haji,21,Internasional,383,Internet,94,islami,2,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,Korupsi,8,KPK,24,Kuliner,19,Laporan Masyarakat,16,Laporan-Masyarakat,458,Lindo-TV,140,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,400,Lowongan Kerja,4,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Miras,1,Nasional,1986,Negara,1,Olahraga,124,Opini Rakyat,161,Otomotif,12,Pemerinta,4,Pemerintah,1902,Pemilu 2024,95,Pendidikan,153,penghargaan,2,Peristiwa,704,PERS,32,Pilpres 2024,32,Politik,797,politisi,2,POLR,3,POLRI,2924,Prestasi,1,Pungli,50,Regional,7364,Regional Hukrim,4,regional Nasional,2,Religi,336,Santuni Anak Yatim,1,Sejarah,64,Selebritis,80,Seni-Budaya,107,ShowBiz,109,sosial,5,STOP PRESS,1,Technology,146,Tips-Trick,123,TNI,804,TNI AU,2,TNI-Polri,51,tokoh agama,1,Tokoh masyarakat,4,UMKM,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Mengapa 'berlian biru' begitu berharga, Simak yuk!
Mengapa 'berlian biru' begitu berharga, Simak yuk!
berlian biru begitu berharga, Batu berlian terbentuk miliaran tahun yang lalu dan beberapa di antaranya telah membuat kita terpesona.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgVWBMAFS79VGt8eCBjj4nu_b5I5hMUBhtOlXHrRBA7Eo1WUYyJl7sdzLedAHnlBEN9FlsObSFLuDputgVVL4WWSXc2_nB1kwjtlrkfTyAcvaGiT0PoPIgWgKOJJs-aPIaby5w1BNLBx2Drf0lNA48F-4fSURGkDY2Cu6VFK2RKoBPqfb8CMf8a4z4KAw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgVWBMAFS79VGt8eCBjj4nu_b5I5hMUBhtOlXHrRBA7Eo1WUYyJl7sdzLedAHnlBEN9FlsObSFLuDputgVVL4WWSXc2_nB1kwjtlrkfTyAcvaGiT0PoPIgWgKOJJs-aPIaby5w1BNLBx2Drf0lNA48F-4fSURGkDY2Cu6VFK2RKoBPqfb8CMf8a4z4KAw=s72-c
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/01/mengapa-berlian-biru-begitu-berharga.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/01/mengapa-berlian-biru-begitu-berharga.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content