Cara Cek Traffic Website Gratis dan Google Analisis URL atau Link Free

Kinerja sebuah bisnis dapat diukur dengan menganalisis traffic website-nya. Bagaimana cara cek traffic website gratis?

Liputan Indonesia || Internet, - Dewasa ini, semua bidang usaha telah memasuki tahap pemasaran baru, yaitu pemasaran digital. Banyak usaha yang memiliki situs webnya sendiri untuk melakukan jual beli.

Sebagai pebisnis tentunya kamu perlu mengetahui cara cek traffic website gratis agar dapat memaksimalkan fungsinya untuk bisnis.

Banyak bisnis yang sadar dengan era digital dan akhirnya membangun website sendiri. Mulai dari situs paling dasar yang hanya berfungsi untuk membagikan konten, hingga website komersial untuk melakukan transaksi jual-beli.

Pada dasarnya, setiap website memiliki traffic yang sama. Perbedaannya tergantung pada jenis dan fitur yang ada di dalamnya. Mengetahui cara cek traffic website gratis amat penting untuk menganalisis kinerja bisnis.

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu mempunyai dan mengerti cara cek traffic website-nya. Sebab, situs bisnis merupakan salah satu alat promosi yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Data-data penting dari laman usahamu bisa dijadikan bahan dalam menyusun strategi bisnis. Lantas, bagaimana cara cek traffic website gratis?

Cara Cek Traffic Website Gratis

cara cek traffic website gratis
(Foto menggunakan laptop. Sumber: Freepik.com)

Sebelum mengetahui cara cek traffic website gratis, tahukah kamu apa itu traffic website?

Menurut Airfocustraffic website mengacu pada volume pengguna yang mengunjungi situs web. Berapa banyak orang yang mengunjungi situs web akan tergantung pada tujuan situs web, tujuan pengguna itu sendiri, dan cara mereka menemukan situs tersebut.

Lalu lintas web diukur dalam “kunjungan” atau visitor, terkadang juga disebut dengan istilah session yang merupakan cara umum untuk mengetahui kinerja situs web.

Ketika melihat traffic website, kamu bisa mengetahui berapa lama durasi pengguna membuka lamanmu, berapa banyak pengguna yang melakukan pembelian, dan iklan apa yang cocok untuk meningkatkan kunjungan web.

Untuk melihat traffic website, ada beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan. Berikut penjelasannya.

1. Google Analytics

Cara cek traffic website gratis yang pertama adalah menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah alat yang bisa digunakan untuk membaca lalu lintas website.

Alat ini bisa membantumu dalam mengetahui berbagai data dalam website. Misalnya, jumlah pengguna, jumlah kunjungan, rasio pantul, dan durasi kunjungan.

Berikut beberapa cara menggunakan Google Analytics, yaitu:

  1. Buatlah akun Google Analytics, kemudian hubungkan dengan situs web-mu.
  2. Masuk ke dashboard Google Analytics.
  3. Pada halaman dashboard, kamu bisa melihat grafik yang menunjukkan beberapa data utama, yaitu:
  4. Users, yaitu jumlah pengunjung website.
  5. Sessions, yaitu jumlah kunjungan ke website.
  6. Bounce rate, yaitu pengunjung yang meninggalkan website tanpa melihat halaman lain.
  7. Session duration, yaitu durasi kunjungan ke website.
  8. Kamu bisa mengatur rentang waktu grafiknya, dengan begitu data yang muncul bisa kamu atur sesuai keinginanmu.
  9. Pada laman dashboard juga terdapat informasi Active Users right now, yaitu jumlah pengunjung website yang sedang aktif.
  10. Untuk melihat informasi yang lebih detail, kamu bisa memilih Audience Overview yang berada di bawah grafik utama.
  11. Ada beberapa data yang bisa kamu lihat, seperti New Users, Pages/Session, dan Number of Session.
  12. Jika ingin melihat informasi yang lebih detail tentang audiens, kamu bisa memilih menu Demographics, Interests, Geo, Behavior, dan Technology.

­

2. SimilarWeb

Alat lain yang bisa kamu gunakan untuk cek traffic website gratis adalah SimilarWeb. Selain menganalisa situs webmu, alat ini juga bisa digunakan untuk membandingkan satu situs dengan situs lainnya.

Untuk menggunakannya, kamu bisa masuk ke situs https://www.similarweb.com/ , kemudian memasukkan alamat website yang ingin kamu analisis. Kemudian, akan muncul beberapa informasi seperti:

  • Informasi umum perusahaan, seperti tahun pendirian, jumlah karyawan, dan pendapatan.
  • Peringkat situs web secara global dan secara nasional.
  • Data jumlah pengunjung, rasio pantul, sesi, dan durasi kunjungan.
  • Persebaran geografis pengunjung situs web.
  • Kategori yang paling banyak dicari.
  • Topik yang paling banyak dibahas.

Situs ini bisa digunakan untuk membandingkan performa satu web dengan web lain, dengan begitu kamu bisa mencari tahu keunggulan situsmu dan kelemahan kompetitormu.

3. Alexa

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Alexa untuk melihat traffic situsmu. Alexa adalah alat yang bisa digunakan sebagai solusi untuk menganalisis SEO dan lalu lintas situs web. Sehingga kamu bisa lebih memahami target audiens.

Ada beberapa data yang bisa kamu dapatkan dari Alexa, di antaranya insight audiens, keyword terbaik, statistik web, dan analisis lainnya.

Data-data tersebut bisa menjadi bahan yang amat penting untuk mengevaluasi kinerja webmu dan menentukan perbaikan ke depannya.

4. Google Search Console

Selain Google Analytics, ada satu alat lagi yang disediakan oleh Google dan jadi salah satu cara cek traffic website gratis. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk menganalisis traffic mesin pencari.

Melalui Google Search Console, kamu bisa mengetahui gambaran bagaimana situs webmu ditemukan oleh mesin pencari.

Alat ini bisa menampilkan beberapa data, seperti jumlah impression, klik, CTR (Click Through Rate), dan posisi rata-rata keyword yang ada dalam situsmu.

5. Ubersuggest

Cara cek traffic website gratis yang satu ini sangat menarik. Sebab, alat ini juga menyediakan fitur analisis SEO yang lumayan lengkap dan bisa digunakan secara gratis. Meskipun ada opsi upgrade berbayar, fitur standarnya sudah cukup mendukung.

Ditambah lagi, tampilan interface alat ini juga ramah pengguna. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melihat traffic website, yaitu:

  • Masuk ke laman utama Ubersuggest, kemudian masukkan domain situs web yang ingin kamu analisis.
  • Ubah negaranya menjadi Indonesia, kemudian klik “Search”.
  • Pada kolom Overview, kamu bisa melohat grafik traffic website dalam kurun waktu lima bulan ke belakang (jika menggunakan fitur gratis).
  • Jika ingin mengetahui laman situs dengan jumlah traffic terbanyak, klik tombol “Top Pages”.

Fungsi Traffic Website

Cara Cek Traffic Website Gratis, Yuk Analisis Kinerja Bisnismu!
(Foto laptop warna putih. Sumber: Freepik.com)

Setelah memahami cara cek traffic website gratis, tahukah kamu mengapa hal tersebut begitu penting?

Traffic website berfungsi sebagai alat untuk mengukur sejauh mana kinerja situs bisnismu untuk menarik perhatian pelanggan.

Kamu bisa mengetahui selera pelanggan dengan melihat laman atau topi kapa yang paling sering dibuka dalam situsmu.

Selain itu, dengan mengetahui traffic website kamu juga bisa menganalisis efektivitas strategi promosi digital yang selama ini kamu gunakan. Apakah iklanmu sudah berjalan dengan baik atau masih ada yang harus ditingkatkan.


Penulis : one


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

Nama

#BeritaViral,628,#MafiaTanah,23,#Mudik2023,20,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,52,#UMKM,3,Advertorial,424,BAIS,5,Berita Terkini,595,Berita Utama,3295,Berita-Terkini,3819,BIN,11,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,5,Capres 2024,28,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,EkoBis,443,Ekonomi & Bisnis,5,fasilitas,1,Galeri-foto-video,179,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,1,HuKrim,2252,hukum,28,index,13,Info Haji,21,Internasional,383,Internet,93,islami,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,Korupsi,8,KPK,24,Kuliner,19,Laporan Masyarakat,16,Laporan-Masyarakat,458,Lindo-TV,140,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,396,Lowongan Kerja,4,masyarakat,1,Melek-Hukum,89,Miras,1,Nasional,1966,Negara,1,Olahraga,123,Opini Rakyat,161,Otomotif,12,Pemerinta,4,Pemerintah,1900,Pemilu 2024,95,Pendidikan,153,penghargaan,2,Peristiwa,704,PERS,32,Pilpres 2024,32,Politik,797,politisi,2,POLR,3,POLRI,2920,Pungli,50,Regional,7185,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Religi,335,Santuni Anak Yatim,1,Sejarah,64,Selebritis,80,Seni-Budaya,106,ShowBiz,109,sosial,5,Technology,145,Tips-Trick,123,TNI,804,TNI AU,2,TNI-Polri,51,tokoh agama,1,Tokoh masyarakat,4,UMKM,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Cara Cek Traffic Website Gratis dan Google Analisis URL atau Link Free
Cara Cek Traffic Website Gratis dan Google Analisis URL atau Link Free
Cara Cek Traffic Website Gratis dan Analisis URL atau Link SEO
https://store.sirclo.com/blog/wp-content/uploads/2022/04/Screenshot_4-3.png
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2023/04/cara-cek-traffic-website-gratis-dan.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2023/04/cara-cek-traffic-website-gratis-dan.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content