Liz Truss, perdana menteri baru Inggris di tengah krisis ekonomi mendalam, 'yakin dapat keluar dari badai'


Liz Truss yang secara resmi menjabat sebagai perdana menteri baru Inggris Selasa (06/09), mengatakan ia "yakin bahwa bersama kita dapat keluar dari badai, kita dapat membangun kembali perekonomian kita."


Liputan Indonesia || Internasional, - Truss menghadapi salah satu tugas paling sulit karena melonjaknya harga energi dan ancaman resesi.

Sebelumnya, Truss, perdana menteri keempat Partai Konservatif dalam enam tahun, menemui Ratu Elizabeth II sesuai tradisi dan diminta membentuk pemerintahan.

Ia menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri setelah hanya tiga tahun menjabat menyusul sejumlah skandal.

Mantan menteri luar negeri berusia 47 tahun ini akan berpidato dari kediaman resmi Downing Street sebelum membentuk pemerintahan.

Truss menjabat sebagai perdana menteri setelah memenangkan pemilihan ketua Partai Konservatif menyusul kemenangan atas Rishi Sunak, mantan menteri keuangan.

Dalam pemilihan ketua partai yang diikuti oleh para anggota Partai Konservatif, Truss mendapatkan 81.326 suara sementara Sunak, memperoleh 60.399 suara.

Karena inflasi di Inggris yang dapat mencapai 18% dan banyak pihak yang khawatir atas tingginya biaya energi, perdana menteri Inggris yang baru tidak bisa menikmati periode bulan madu, seperti pada umumnya, kata redaktur politik surat kabar The Independent, Andrew Woodcock.

"Dia akan langsung menghadapi badai," kata Woodcock.

Sementara editor ekonomi BBC, Faisal Islam mengatakan "perdana menteri baru tidak akan mampu menyelesaikan sepenuhnya tantangan terbesar - krisis biaya hidup, yang memburuk dalam dua bulan terakhir.

Masalah terbesarnya, kata Faisal, adalah krisis energi, khususnya gas karena perang Ukraina.

Akibatnya harga kebutuhan energi secara keseluruhan jadi tidak terjangkau.

Truss mewarisi ekonomi dalam krisis, dengan inflasi dua digit, biaya energi melonjak. Bank sentral, Bank of England memperingatkan resesi yang panjang mulai akhir tahun ini.

Jajak pendapat saat ini menunjukkan partai oposisi, Buruh unggul dibanding Konservatif namun pemilu baru akan diselenggarakan pada 2024.

Liz Truss sempat hadir dalam pertemuan menteri luar negeri anggota G20 di Bali pada minggu pertama Juli lalu namun kembali lebih cepat setelah Boris Johnson menyatakan mundur.

Truss akan menggantikan Boris Johnson secara resmi pada Selasa (06/09) setelah secara resmi diangkat Ratu.

Ia adalah perempuan ketiga yang menjadi perdana mentri Inggris dan perdana menteri ke-15 yang diangkat oleh Ratu Elizabeth II sejak Anthony Eden pada 1955.

Ratu naik takhta pada 1952 ketika Winston Churchill menjabat sebagai perdana menteri.

Pada usia tujuh tahun, dia memerankan Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya.

Namun tidak seperti sang perdana menteri, yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, ia kalah dalam pemilihan tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, Truss mengenang momen itu: "Saya menyabet kesempatan [untuk menjadi Thatcher] dan memberikan pidato dengan sungguh-sungguh saat kampanye, tapi berakhir dengan nol suara. Saya bahkan tidak memilih diri saya sendiri."

Tiga puluh sembilan tahun kemudian, ia menyabet kesempatan untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris.

Perempuan yang saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri itu berada di belakang mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak dalam lima putaran pemungutan suara oleh para anggota parlemen Partai Konservatif (Tory).

Namun para pengamat memilihnya sebagai kandidat favorit untuk menang, karena ia telah menghabiskan bertahun-tahun untuk membangun hubungan dengan asosiasi konstituensi dan tetap setia kepada Boris Johnson selama hari-hari tergelapnya waktu ia menjabat sebagai perdana menteri.

Dalam banyak hal, Truss tidak seperti kebanyakan anggota Tory lainnya.

Mary Elizabeth Truss lahir di Oxford pada tahun 1975. Ia menyebut ayahnya, seorang profesor matematika, dan ibunya, seorang perawat, sebagai orang-orang berpaham "kiri".

Waktu Truss kecil, ibunya ikut serta dalam pawai Campaign for Nuclear Disarmament, organisasi yang keras menentang keputusan pemerintah Thatcher untuk memberi izin pemasangan hulu ledak nuklir AS di RAF Greenham Common, wilayah barat kota London.

Biodata Liz Truss

Usia: 47 tahun

Tempat lahir: Oxford

Rumah: London dan Norfolk

Pendidikan: Roundhay School di Leeds, Universitas Oxford

Keluarga: Menikah dengan akuntan Hugh O'Leary, memiliki dua putri remaja

Konstituensi parlementer: Norfolk Barat Daya

Keluarga Truss pindah ke Paisley, tepat di sebelah barat Glasgow, ketika usianya empat tahun.

Berbicara dalam acara Profile di BBC Radio 4, adik laki-laki Truss mengatakan keluarganya senang bermain permainan papan, namun Truss muda benci kekalahan dan sering kabur daripada mengambil risiko tidak menang.

Keluarga itu kemudian pindah ke Leeds, tempat Truss bersekolah di Roundhay, sekolah menengah negeri. Ia bercerita tentang melihat "anak-anak yang gagal dan dikecewakan oleh ekspektasi yang rendah" selama waktunya di sana.

Beberapa mantan siswa seangkatan Truss di Roundhay membantah ceritanya tentang sekolah tersebut, termasuk jurnalis Guardian Martin Pengelly, yang menulis: "Barangkali dia secara selektif menceritakan pengalamannya, dan dengan santai menjelek-jelekkan sekolah dan guru yang telah mendidiknya, sekedar untuk keuntungan politik."

Seperti apa pun pendidikannya, Truss berhasil masuk Universitas Oxford, tempat ia belajar filsafat, politik, dan ekonomi serta aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Partai Demokrat Liberal.

Pada konferensi partai tahun 1994, ia berbicara mendukung penghapusan monarki.

Ia berkata kepada para delegasi di Brighton: "Kami Demokrat Liberal percaya pada kesempatan untuk semua. Kami tidak percaya ada orang yang dilahirkan untuk memerintah."

Pindah ke partai Konservatif

Di Oxford, Truss pindah ke partai Konservatif.

Setelah lulus, ia bekerja sebagai akuntan untuk Shell, dan Cable &Wireless, dan menikah dengan sesama akuntan Hugh O'Leary pada tahun 2000. Pasangan itu memiliki dua anak.

Truss mencalonkan diri sebagai kandidat Tory untuk Hemsworth, Yorkshire Barat, dalam pemilihan umum 2001, tetapi kalah. Truss menderita kekalahan lain di Calder Valley, juga di West Yorkshire, pada tahun 2005.

Namun semua kekalahan itu tidak menyurutkan ambisi politiknya. Ia akhirnya terpilih sebagai anggota dewan di Greenwich, London tenggara, pada tahun 2006, dan sejak tahun 2008 juga bekerja untuk lembaga kajian berpaham kanan-tengah Reform.

Pemimpin partai Konservatif David Cameron menempatkan Truss pada "daftar-A" kandidat prioritas untuk pemilihan 2010 dan ia dipilih untuk mencalonkan diri untuk South West Norfolk, posisi yang disebut sebagai "kursi aman".

Tetapi ia segera menghadapi ancaman de-seleksi oleh asosiasi konstituen Tory, setelah terungkap bahwa ia pernah berselingkuh dengan Anggota Parlemen Tory Mark Field beberapa tahun sebelumnya.

Upaya untuk menggulingkannya gagal dan Truss kemudian memenangkan kursi dengan lebih dari 13.000 suara.

Ia turut menulis sebuah buku, Britannia Unchained, dengan empat anggota parlemen Konservatif lainnya yang terpilih pada tahun 2010. Buku tersebut merekomendasikan pelonggaran regulasi demi mengangkat posisi Inggris di panggung dunia, pendapat yang menandai Truss sebagai pendukung terkemuka kebijakan pasar bebas di jajaran Tory.

Dalam debat kepemimpinan yang diselenggarakan oleh BBC, ia dicecar terkait sebuah komentar di buku Britannia Unchained, yang menjabarkan pekerja Inggris sebagai "di antara yang termalas di dunia". Ia berkukuh tidak pernah menulisnya.

Pada 2012, lebih dari dua tahun setelah menjadi anggota parlemen, ia bergabung dengan pemerintahan sebagai menteri pendidikan dan pada tahun 2014 dipromosikan menjadi sekretaris negara untuk urusan lingkungan.

Pada konferensi Konservatif tahun 2015, Truss diejek karena berkata dalam sebuah pidato, dengan suara berapi-api: "Kita mengimpor dua pertiga dari keju kita. Itu. Adalah. Aib."

Ubah sikap soal Brexit

Kurang dari setahun kemudian terjadi hal yang bisa dibilang sebagai peristiwa politik terbesar dalam generasi ini - referendum Uni Eropa alias Brexit.

Truss berkampanye untuk Remain, yang ingin Inggris tetap di Uni Eropa. Ia menulis di surat kabar The Sun bahwa Brexit akan menjadi "tragedi tripel - lebih banyak aturan, lebih banyak bentuk, dan lebih banyak penundaan saat menjual ke UE".

Namun, setelah pihaknya kalah, ia berubah pikiran, dengan alasan bahwa Brexit memberikan kesempatan untuk "mengguncang tatanan lama".

Di bawah perdana menteri Theresa May, ia menjabat sebagai menteri kehakiman, sebelum pindah ke kementerian keuangan sebagai kepala administrasi.

Ketika Boris Johnson menjadi perdana menteri pada tahun 2019, Truss ditempatkan sebagai menteri perdagangan internasional - pekerjaan yang berarti kesempatan bertemu dengan para pemimpin politik dan bisnis global untuk mempromosikan kepentingan dagang Inggris.

Pada 2021, pada usia 46 tahun, ia pindah ke salah satu pekerjaan paling senior di pemerintahan, mengambil alih jabatan Dominic Raab sebagai menteri luar negeri.

Dalam peran ini ia berusaha memecahkan masalah pelik Protokol Irlandia Utara, dengan menghapus bagian-bagian dari kesepakatan UE-Inggris pasca-Brexit - sebuah langkah yang dikritik keras oleh UE.

Ia mengamankan pembebasan dua warga negara Inggris-Iran yang keduanya telah ditangkap dan ditahan.

Dan ketika Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari ia mengambil sikap tegas, bersikeras semua pasukan Vladimir Putin harus diusir dari negara itu.

Namun ia juga dikritik karena mendukung orang-orang dari Inggris yang ingin ikut berperang di Ukraina.

'Menentang bansos'

Kampanye Truss untuk kepemimpinan partai juga tidak bebas dari kontroversi.

Ketika dicecar tentang bagaimana ia akan mengatasi krisis biaya hidup, Truss berkata ia akan memfokuskan upayanya pada "menurunkan beban pajak, bukan membagikan bantuan sosial".

Ia telah dipaksa untuk membatalkan rencana mengaitkan gaji sektor publik dengan biaya hidup regional oleh reaksi keras dari para politikus senior Tory yang mengatakan itu akan berarti gaji yang lebih rendah untuk jutaan pekerja di luar London.

Dan ia menyebut Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon sebagai "tukang cari perhatian", menambahkan bahwa hal terbaik adalah "mengabaikannya".

Bagaimanapun, jajak pendapat menunjukkan Truss lebih populer di kalangan anggota partai Konservatif daripada saingannya, Rishi Sunak.

Beberapa orang berpendapat bahwa Truss, dengan gaya berpakaiannya - seperti topi bulu dan dasi putih - mencoba meniru sosok favorit Tory lainnya - Margaret Thatcher.

Truss menyangkal anggapan ini dan mengatakan kepada GB News: "Cukup bikin frustrasi bahwa politisi perempuan selalu dibanding-bandingkan dengan Margaret Thatcher sementara politisi pria tidak pernah dibanding-bandingkan dengan Ted Heath."

Namun perbandingan seperti itu, barangkali, tidak buruk dalam hal mengumpulkan dukungan dari anggota Partai Konservatif.


Penulis : one
Source: BBC Indonesia 


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,578,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,870,Berita Utama,2927,Berita warga,1,Berita-Terkini,3782,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,439,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2191,hukum,34,hukum Polri,24,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,7,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,392,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1943,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1881,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,785,politisi,2,POLR,3,POLRI,2897,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6907,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,4,TNI AU,2,TNI-Polri,50,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Liz Truss, perdana menteri baru Inggris di tengah krisis ekonomi mendalam, 'yakin dapat keluar dari badai'
Liz Truss, perdana menteri baru Inggris di tengah krisis ekonomi mendalam, 'yakin dapat keluar dari badai'
Pada 2021, pada usia 46 tahun, ia pindah ke salah satu pekerjaan paling senior di pemerintahan, mengambil alih jabatan Dominic Raab sebagai menteri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikjOHuNCQGUAQ4M_wLg7eqlDEPWjWRjQyEijGs0vnfxLQYXMtlo2qHp-oRDbrzSe2eN2zpz3nKNf7J7Buohrf23WuOBMnWAYSCRlGJ1tq-F2dS29p3DPieefgm3grg4JhWeWREDfiVu7hWpGdL2rmwKsicNsHVvpnNlt08vPJYbJIxDJZKT5s5Fjjxow/s320/Screenshot_2022-09-07-00-34-27-80.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikjOHuNCQGUAQ4M_wLg7eqlDEPWjWRjQyEijGs0vnfxLQYXMtlo2qHp-oRDbrzSe2eN2zpz3nKNf7J7Buohrf23WuOBMnWAYSCRlGJ1tq-F2dS29p3DPieefgm3grg4JhWeWREDfiVu7hWpGdL2rmwKsicNsHVvpnNlt08vPJYbJIxDJZKT5s5Fjjxow/s72-c/Screenshot_2022-09-07-00-34-27-80.jpg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/09/liz-truss-perdana-menteri-baru-inggris.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/09/liz-truss-perdana-menteri-baru-inggris.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content