Kenali Ciri-ciri 'Batu Empedu' pada Wanita dan Pria, Ini Penyebabnya

Liputan Indonesia
|| Health, - Batu empedu adalah suatu kondisi ketika terbentuknya batu pada kantung empedu dengan gejala berupa nyeri perut mendadak. Terkadang, ciri-ciri penyakit batu empedu, atau dalam istilah medis dikenal dengan Cholelithiasis ini, mirip dengan gangguan pencernaan seperti mulas, refluks asam, dan kram sehingga banyak yang mengabaikannya. 

Kantong empedu sendiri merupakan organ bagian dalam yang terletak di sisi kanan perut, tepat berada di bawah hati. Fungsi utama kantong ini yaitu untuk menyimpan cairan empedu yang akan dilepas ke usus kecil sehingga dapat membantu proses pencernaan. 

Ukuran batu empedu berkisar dari sekecil satu butir pasir sampai sebesar bola golf. Semakin besar, tentu akan semakin berbahaya. Penderitanya dapat mengembangkan hanya satu batu empedu atau banyak batu empedu pada saat yang bersamaan. 

Sahabat MIKA mungkin tidak tahu bahwa sedang memiliki batu empedu sampai batu ini memblokir saluran empedu dan menyebabkan rasa sakit yang membutuhkan perawatan segera.

Lalu, seperti ciri-ciri dan gejala dan penyebabnya? Mari simak selengkapnya pada artikel berikut: 

Ciri-ciri dan gejala batu empedu
Sebagian orang yang memiliki batu empedu tidak mengalami gejala tertentu karena batu tersebut diam. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Canadian Society of Intestinal Research, menunjukkan bahwa sekitar 50 persen pasien dengan batu empedu tidak mengalami gejala.

Biasanya batu pada saluran empedu baru ditemukan pada saat penderitanya melakukan CT scan atau USG yang dilakukan karena alasan lain.

Meski begitu, beberapa orang yang memiliki batu empedu mengalami gejala yang bervariasi sesuai dengan frekuensi dan tingkat keparahan. Berikut ini sejumlah gejala batu empedu yang umum dialami wanita maupun pria:

Sakit perut
Bayangkan Sahabat MIKA memiliki batu empedu seukuran bola golf yang mencoba melewati lubang seukuran sedotan. 

Biasanya, orang yang memiliki batu empedu memiliki rasa sakit yang terasa di perut kanan atas tetapi bisa menyebar ke punggung atas atau tulang belikat. Beberapa orang juga mengalami nyeri di bagian tengah perut, tepat di bawah tulang dada.

Rasa tidak nyaman ini dapat berlangsung secara intens selama beberapa menit hingga beberapa jam terutama setelah makan berlemak. 

Jangan abaikan ketika Anda sudah mulai merasa terlalu sering sakit perut atau bahkan semakin terasa lebih parah dibandingkan biasanya. 

Mual dan muntah
Ciri-ciri batu empedu berikutnya yaitu rasa mual dan ingin muntah. Hal ini dapat terjadi ketika batu tersangkut di salah satu saluran yang membuat enzim pencernaan Anda mengalir sehingga memicu peradangan ringan, pembengkakan, dan rasa sakit yang parah. 

Kantong empedu dapat berisiko menimbulkan jaringan parut dan kaku ketika peradangan berkembang menjadi kronis. Alhasil ini akan menyebabkan perut terasa mual, kembung (terutama setelah makan), muntah, hingga diare kronis. 

Nyeri pada ulu hati
Gejala batu empedu berkembang mirip dengan gangguan pencernaan dan nyeri pada bagian ulu hati seperti mulas, refluks asam, dan kram. Kemudian bagian ulu hati juga terasa seperti diremas, dan panas terbakar sampai ke dada (heartburn). Biasanya, hal ini paling umum sebagai ciri-ciri batu empedu pada wanita. 

Perbedaan batu empedu dan penyakit asam lambung terletak pada seberapa sering gejala ini terjadi. Pada penyakit batu empedu, sakit pada ulu hati cenderung terjadi berulang kali, terutama setelah makan, banyak beraktivitas, bahkan sedang beristirahat. 

Sebab, menandakan batu empedu sudah menghalangi jalan keluar dari kantong empedu. 

Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)

Jaundice adalah warna kekuningan pada kulit dan lapisan mukosa seperti bagian putih mata yang sering dialami oleh pasien batu empedu yang kondisinya sudah parah.

Menguningnya kulit dan bagian putih mata ini terjadi karena konsentrasi bilirubin dalam aliran darah menjadi meningkat, kemudian menumpuk di kulit dan mengubahnya menjadi kuning

Meningkatnya konsentrasi bilirubin di kantong empedu ini terjadi karena penumpukan cairan empedu akibat tersumbatnya saluran empedu dan menghambat sistem pengiriman empedu ke usus kecil.  

Perubahan warna urine dan kotoran  
Kelebihan bilirubin ternyata dapat membuat perubahan warna pada urine dan tinja. Warna urine yang memiliki batu ginjal menjadi lebih gelap, atau lebih tepatnya merah tua atau cokelat.

Sementara, pada tinja berwarna pucat atau cenderung mirip tanah liat karena batu empedu sudah menghambat aliran cairan empedu yang berfungsi memberikan warna pada tinja. 

Demam
Demam, kedinginan, dan detak jantung yang cepat, terutama dikombinasikan dengan sakit perut yang tidak kunjung berhenti, bisa berarti aliran keluar kandung empedu benar-benar tersumbat dan telah menyebabkan  infeksi.

Infeksi saluran empedu sangatlah berbahaya dan dapat mengancam jiwa jika diabaikan. 

Penyebab batu empedu
Dibandingkan dengan sistem pencernaan lainnya, kantong empedu tidak menerima banyak aliran udara sehingga dapat menyebabkan lemak yang mengeras dan mengendap.

Berikut ini penyebab batu empedu berdasarkan jenis dan penyebab lainnya: 

Penyebab batu empedu kolesterol
Batu empedu kolesterol adalah jenis Cholelithiasis yang paling umum. Komposisi batu yang berwarna kuning ini, terdiri dari kolesterol yang tidak larut, yang mungkin juga mengandung komponen lain.

Penyebabnya tak lain karena sudah terlalu banyak kolesterol dalam empedu, hingga di atas 70%, pada sistem, partikel kolestrol saling menempel. Kemudian, ukurannya membesar membentuk batu empedu.

Penyebab batu empedu pigmen
Selanjutnya ada batu empedu pigmen yang berwarna coklat tua atau hitam. Terbentuk ketika empedu mengandung terlalu banyak bilirubin. Pertumbuhan kolesterol yang tidak normal dalam sistem dan adanya penurunan kinerja kontraksi kantong empedu. Kondisi seperti sirosis, infeksi, dan kelainan darah dapat menyebabkan hati menyimpan terlalu banyak bilirubin sehingga mengembangkan batu empedu pigmen. 

Batu pigmen coklat terjadi ketika bakteri deodenum memasuki kantong empedu. Hal ini berdampak pada perubahan struktur bilirubin sehingga terbentuklah batu pigmen berwarna coklat.

Sementara itu, batu pigmen berwarna hitam terjadi ketika bilirubin yang berlebihan dalam empedu menempel pada mineral lain, seperti kalsium. Partikel ini pun tumbuh dan menjadi batu pigmen yang hitam dan mengeras.

Penyebab lain
Selain itu, penyebab lainnya dari batu empedu adalah proses pengosongan kantung empedu yang tidak benar.

Jika kantong empedu Anda tidak mengosongkan sepenuhnya atau cukup sering, empedu bisa menjadi sangat pekat, berkontribusi pada pembentukan batu empedu.

Faktor risiko batu empedu
Kemudian, batu empedu dapat berkembang orang yang memiliki faktor risiko berikut: 

Wanita lebih banyak dibandingkan pasien pria.

A. Berusia 40 atau lebih 
Kelebihan berat badan atau obesitas.
B. Usia produktif (belum menopause)
C. Memiliki riwayat keluarga dengan batu empedu.
D. Kurang bergerak atau jarang berolahraga
E. Makan makanan tinggi lemak
F. Makan makanan tinggi kolesterol
G. Makan makanan rendah serat
H. Menderita diabetes
I. Memiliki kelainan darah tertentu, seperti anemia atau leukemia
J. Minum obat yang mengandung estrogen, seperti kontrasepsi oral atau obat terapi hormon
K. Memiliki penyakit liver  
L. Memiliki penyakit usus seperti Crohn's 
M. Melakukan diet ekstra yang tidak sehat untuk menurunkan banyak berat badan dalam waktu singkat
N. Periksakan batu empedu ke dokter spesialis saluran cerna 
Q. Kondisi batu empedu yang sudah memiliki salah satu atau beberapa gejalanya sebaiknya ditangani segera.

 Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saluran pencernaan (gastroenterologi) untuk mendapatkan penanganan yang yang tepat. 

Konsultasi dengan dokter juga sangat diperlukan jika Anda mengalami tanda dan gejala komplikasi batu empedu yang serius, seperti:

1. Sakit perut begitu hebat sehingga kesulitan duduk diam atau menemukan posisi yang nyaman
2. Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
3. Demam tinggi disertai menggigil.

Segera periksakan ke dokter agar mendapatkan solusi, atau anda bisa konsumsi buah buahan seperti Apel, Kelapa hijau muda.


Penulis : one
Source: mitrakeluarga.com


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Baca Juga:




Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
toko online zeirshopee
Nama

#BeritaViral,154,Advertorial,311,BAIS,5,Berita Utama,2038,Berita-Terkini,1165,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,3,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,66,EkoBis,379,Galeri-foto-video,151,Gaya-Hidup,119,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,58,HuKrim,1312,Info Haji,19,Internasional,346,Internet,78,Kesehatan,512,Kicau Mania,21,KPK,6,Kuliner,14,Laporan-Masyarakat,402,Lindo-TV,114,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,371,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,67,Nasional,1657,Olahraga,85,Opini Rakyat,157,Otomotif,12,Pemerintah,1087,Pendidikan,124,Peristiwa,609,PERS,3,Pilpres 2024,1,Politik,543,POLRI,1454,Pungli,30,Regional,3667,Religi,190,Sejarah,56,Selebritis,74,Seni-Budaya,88,ShowBiz,101,Technology,132,Tips-Trick,114,TNI,717,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: Kenali Ciri-ciri 'Batu Empedu' pada Wanita dan Pria, Ini Penyebabnya
Kenali Ciri-ciri 'Batu Empedu' pada Wanita dan Pria, Ini Penyebabnya
Ciri-ciri Batu Empedu pada Pria dan Wanita Beserta Penyebabnya, obat alami untuk batu empedu, sembuh tanpa operasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipQgFgkd18XDbCtvjWBshvm4P4tdjEjzSpB74rfQmOeVFD3dDzfoPlCLaZMtpamAmeUx4LdXp1pf3GQe6YVmZJih3WbhDXyfJRT9wG-sSG-2sHYc2vhclCkyYFMmNbxXHHRBXjl35NlS4n2EAwjdEGHhA6HLmA6yx5xx9rkM1-AWoDu0DqKR-5Bl3eXA/s320/139_91_ciri-ciri-batu-empedu-pada-pria-dan-wanita-beserta-penyebabnya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipQgFgkd18XDbCtvjWBshvm4P4tdjEjzSpB74rfQmOeVFD3dDzfoPlCLaZMtpamAmeUx4LdXp1pf3GQe6YVmZJih3WbhDXyfJRT9wG-sSG-2sHYc2vhclCkyYFMmNbxXHHRBXjl35NlS4n2EAwjdEGHhA6HLmA6yx5xx9rkM1-AWoDu0DqKR-5Bl3eXA/s72-c/139_91_ciri-ciri-batu-empedu-pada-pria-dan-wanita-beserta-penyebabnya.png
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/08/kenali-ciri-ciri-batu-empedu-pada.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/08/kenali-ciri-ciri-batu-empedu-pada.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content