HP Kamu Disadap? Ini Kode Cara Mengetahui WhatsApp atau Handphone Disadap

Liputan Indonesia || Tech, -
Jangan Panik atau khawatir, begini c
ara mudah mengetahui WhatsApp (WA) kini telah menjadi aplikasi chatting nomor #1 satu di dunia, diketahui dari jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar setiap harinya. Namun, semakin banyaknya pengguna, semakin besar pula peluang terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Apalagi, banyak juga orang-orang penting yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Salah satu bentuk kejadian yang tidak diinginkan tersebut adalah WA yang disadap, sehingga semua bentuk komunikasi bisa diketahui oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. WhatsApp yang disadap pun menimbulkan kekhawatiran bagi pada penggunanya terkait risiko kejahatan yang mungkin terjadi meskipun aplikasi chat yang satu ini sudah menerapkan enkripsi end-to-end.

Lantas, bagaimana cara mengetahui WA telah disadap atau diakses oleh pihak lain? Jangan khawatir, berikut ini adalah cara mengetahui WA disadap dengan mudah.

Langkah-langkah mengetahui WA (WhatsApp) disadap dengan mudah

Aplikasi WhatsApp (WA) bisa menjadi sasaran pembajakan atau sadapan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentu mengkhawatirkan karena informasi pribadi para pengguna bisa bocor dan tidak dipertanggungjawabkan. Misalnya saja ketika percakapan penting di WhatsApp yang selama ini hanya bisa diketahui oleh penggunanya sendiri, ternyata juga bisa dilihat oleh orang lain.

Ada beberapa ciri-ciri WhatsApp yang sedang disadap. Berikut adalah cara mengetahui WA disadap dengan mudah.

1. Ada pesan yang telah terbaca padahal kamu belum membukanya
Cara mengetahui WA disadap sebenarnya sangat mudah. Ciri-ciri yang pertama yaitu ada pesan yang telah terbaca, padahal kamu belum membukanya. Jika kamu merasa belum membaca pesan seseorang tetapi notifikasi pesan yang diterima sudah hilang, kamu patut curiga. Perhatikan secara seksama, apakah itu terjadi hanya satu kali atau beberapa kali.

Apabila setiap pesan WhatsApp yang masuk tiba-tiba sudah terbaca, bisa jadi itu karena pesan tersebut sudah dibaca oleh penyadap yang ingin mendapat informasi tersebut tanpa izin.

2. Adanya pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan kamu
Ciri-ciri WA disadap selanjutnya yaitu adanya pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan kamu. Jika hal itu terjadi, dapat dipastikan bahwa WhatsApp kamu sedang diretas oleh penyadap.

Jika ada orang lain yang mengaku bahwa mereka menerima pesan dari kamu padahal kamu tidak merasa mengirim teks, foto, atau video, bisa jadi akun WA kamu telah disadap.

3. Adanya riwayat WhatsApp Web pada perangkat yang tidak dikenal
Cara mengetahui WA disadap selanjutnya yaitu dengan mengecek riwayat WhatsApp Web pada akun kamu. Setiap kali kamu menggunakan WhatsApp Web, maka riwayat perangkat yang telah digunakan akan tampak pada halaman WhatsApp Web di akun kamu.

Kemungkinan, penyadap memanfaatkan fitur ini untuk menyadap percakapan kamu. Jadi, jika kamu menemukan perangkat yang tidak dikenal telah masuk ke dalam riwayat WhatsApp Web kamu, maka kamu patut curiga. Untuk mengecek riwayat tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

Android:

- Klik menu titik tiga di bagian kanan atas.

- Pilih WhatsApp Web/Desktop.

- Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat yang tidak dikenal, sebaiknya segera klik log out atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:

- Pilih menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di bagian kanan bawah.

- Pilih Whatsapp Web/Desktop.

- Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat yang tidak dikenal, sebaiknya segera klik log out atau pilih keluar dari semua perangkat.

4. WhatsApp kamu tiba-tiba terlihat online meski sedang tidak digunakan
Ciri-ciri WA disadap selanjutnya yaitu jika tiba-tiba WhatsApp kamu terlihat online padahal kamu sedang tidak membuka atau menggunakannya.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa membuka kontak sendiri di ponsel milik orang lain, lalu lihat apakah WhatsApp kamu sedang online atau tidak. Jika akun WhatsApp kamu menunjukkan sedang online padahal sedang tidak aktif, maka bisa jadi WA kamu tersebut sedang disadap.

5. WhatsApp tiba-tiba log out
WhatsApp kamu tiba-tiba log out atau keluar dengan sendirinya? Bisa jadi akun kamu sedang disadap oleh seseorang. Sebab, akun WhatsApp tidak bisa digunakan di dua perangkat mobile sekaligus.

Selain itu, tanda ini juga dibarengi dengan permintaan kode OTP (One Time Password) melalui SMS secara tiba-tiba. Karena untuk masuk atau log in ke dalam akun WhatsApp seseorang harus menggunakan kode OTP.

Pada dasarnya, satu akun WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu perangkat mobile saja. Untuk berpindah perangkat, diperlukan OTP yang akan dikirim ke nomor pemilik akun.

Jika ada yang berusaha memasukkan nomor WhatsApp kamu ke dalam perangkat baru dan memiliki akses ke nomor telepon akun kamu, maka sepenuhnya akses dan percakapan WhatsApp kamu akan berpindah ke perangkat baru yang dimiliki oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai kamu memberikan kode OTP kepada siapa pun.

Jadi, jika kamu tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari WhatsApp dengan sendirinya, maka ada kemungkinan jika WA kamu sedang disadap oleh orang lain.

Cara mengamankan WA (WhatsApp) agar tidak disadap

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar WA kamu tidak disadap, antara lain sebagai berikut.

1. Keluar dari perangkat WhatsApp Web yang tidak dikenal, apabila kamu curiga WA kamu telah disadap, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek riwayat WhatsApp Web kamu. Jika kamu melihat ada perangkat yang mencurigakan, cukup log out atau pilih keluar dari semua perangkat.

2. Aktifkan two-step verification
Selanjutnya, mengaktifkan fitur two-step verification juga bisa kamu lakukan untuk mengamankan akun WA kamu dari penyadap. Cara mengaktifkannya yaitu dengan klik menu titik tiga di bagian kanan atas untuk pengguna Android atau klik menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di bagian kanan bawah untuk pengguna iOS, kemudian pilih ‘Account’ dan ‘Two-Step Verification’.

Pilih ‘Enable’, lalu masukkan enam kode yang diinginkan serta alamat e-mail yang kamu miliki untuk memulihkan kode apabila kamu lupa akan kode yang digunakan tersebut.

3. Nonaktifkan akun Whatsapp
Sudah yakin jika akun WA kamu sedang disadap? Segera amankan akun tersebut dengan menonaktifkan WhatsApp. Caranya yaitu, klik menu titik tiga di bagian kanan atas untuk pengguna Android atau klik menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di bagian kanan bawah untuk pengguna iOS, kemudian pilih ‘Account’ dan ‘Delete My Account’.

Setelah akun WhatsApp nonaktif, kamu berkesempatan aktif kembali menggunakan akun lama setelah 30 hari sebelum akun WhatsApp kamu benar-benar dihapus.

Nah, itulah cara mengetahui WA disadap dengan mudah dan cara mengamankannya. Selamat mencoba, ya!


Penulis : (Siti Kamilla)


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Artikel lainnya:


toko online liputan Indonesia

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
Nama

#BeritaViral,318,Advertorial,347,BAIS,5,Berita Utama,2159,Berita-Terkini,1528,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,7,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,68,EkoBis,396,Galeri-foto-video,157,Gaya-Hidup,120,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,68,HuKrim,1456,Info Haji,19,Internasional,357,Internet,82,Kesehatan,520,Kicau Mania,26,KPK,10,Kuliner,16,Laporan-Masyarakat,420,Lindo-TV,121,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,378,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,70,Nasional,1696,Olahraga,93,Opini Rakyat,159,Otomotif,12,Pemerintah,1134,Pendidikan,129,Peristiwa,615,PERS,7,Pilpres 2024,2,Politik,558,POLRI,1571,Pungli,31,Regional,3959,Religi,199,Sejarah,56,Selebritis,76,Seni-Budaya,89,ShowBiz,104,Technology,137,Tips-Trick,117,TNI,727,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: HP Kamu Disadap? Ini Kode Cara Mengetahui WhatsApp atau Handphone Disadap
HP Kamu Disadap? Ini Kode Cara Mengetahui WhatsApp atau Handphone Disadap
Cara Mengetahui dan mematikan WhatsApps (WA) atau Handphone Disadap
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgHAzWZNjmlij-bQZrlrs8k7AXiqmUOJqBWigWDlk_US1biXGMi6v-hPsQYOFYK_VgLkfILFZdZHu7xH1Ywxm9HpuZjTf1JxHkhld7twf4NIxpv4CBeeS218pf4CfMapyEZXQV5qILscTu9uYwP_v9dhDM2UEZ8ClzbudYctEtCGn9ZX0oMJcFYViSI3Q=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgHAzWZNjmlij-bQZrlrs8k7AXiqmUOJqBWigWDlk_US1biXGMi6v-hPsQYOFYK_VgLkfILFZdZHu7xH1Ywxm9HpuZjTf1JxHkhld7twf4NIxpv4CBeeS218pf4CfMapyEZXQV5qILscTu9uYwP_v9dhDM2UEZ8ClzbudYctEtCGn9ZX0oMJcFYViSI3Q=s72-c
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/01/hp-kamu-disadap-ini-cara-mengetahui.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2022/01/hp-kamu-disadap-ini-cara-mengetahui.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content