Pemimpin Uni Emirat Arab dan PM Israel lakukan 'pertemuan bersejarah' saat ancaman Iran membayangi

PM Israel Naftali Bennett (kiri) bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed (kanan) di Abu Dhabi.
PM Israel Naftali Bennett (kiri) bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed (kanan) di Abu Dhabi.
Liputan Indonesia || Dunia, - 
Naftali Bennett kini menjadi pemimpin Israel pertama yang mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA), dalam upaya mempererat hubungan kedua negara itu di tengah meningkatnya ketegangan atas Iran.

Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed, pemimpin de facto UEA, mengadakan pembicaraan dengan Bennett pada Senin (13/12) atau setahun setelah kedua negara menormalkan hubungan diplomatik.

Perdana menteri (PM) Israel itu mengatakan dia ingin meningkatkan hubungan ekonomi dan komersial dengan UEA.

Dia juga diperkirakan akan mendesak UEA untuk mengambil sikap yang lebih keras dalam menanggapi program nuklir Iran.

UEA pun berbagi keprihatinan dengan Israel tentang potensi ancaman senjata nuklir dari Iran, tetapi negara Arab itu juga berusaha membangun hubungan yang lebih baik dengan Teheran.

UEA menjadi negara Arab ketiga yang sepenuhnya mengakui Israel tahun lalu, sebagai bagian dari apa yang disebut sebagai Kesepakatan Abraham yang dipelopori AS.

Negara-negara peserta kesepakatan tersebut sejak itu telah saling mengirim duta besar dan menyetujui kesepakatan perdagangan senilai ratusan juta dolar, termasuk perjanjian tentang pertahanan dan pengembangan senjata.

Bennett disambut oleh menteri luar negeri UEA dan pengawal kehormatan ketika tiba di Abu Dhabi pada Minggu malam.

Pada hari Senin, dia difoto berjabat tangan dengan Sheikh Mohammed sebelum mereka menggelar pertemuan, yang digambarkan kantor perdana menteri Israel sebagai momen "bersejarah".

Sheikh Mohammed menyatakan harapan bahwa kunjungan Bennett ini akan "memajukan hubungan kerja sama menuju langkah-langkah yang lebih positif demi kepentingan rakyat kedua negara dan kawasan", kantor berita resmi Wam melaporkan.

Sebelum meninggalkan Israel, Bennett mengatakan bahwa dia "akan membahas cara-cara untuk memajukan kerja sama kami di sejumlah bidang, terutama memperkuat hubungan ekonomi dan komersial kami".

Hentikan Twitter pesan, 1

Lompati Twitter pesan, 1

1px transparent line

Tapi surat kabar Haaretz di Israel melaporkan bahwa Bennett juga telah mengatakan bahwa fokusnya adalah Iran, dan bahwa ada kekhawatiran di Israel tentang kontak baru-baru ini antara pejabat Emirat dan Iran.

Pekan lalu, penasihat keamanan nasional UEA, Sheikh Tahnoon bin Zayed, saudara Sheikh Mohammed, bertemu dengan Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dalam kunjungan ke Teheran. Sheikh Tahnoon mengatakan dia berharap kunjungan itu akan menjadi "titik balik" bagi hubungan antar negara.

UEA sebelumnya telah mengambil sikap keras terhadap Iran dan, bersama dengan Israel, mendukung keputusan Presiden AS Donald Trump pada 2018 untuk meninggalkan kesepakatan penting yang membatasi kegiatan nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

Iran telah membalas sanksi yang diberlakukan kembali oleh Trump dengan secara bertahap melanggar komitmen utama berdasarkan perjanjian nuklir.

Negara itu pun menegaskan program nuklirnya untuk tujuan damai, tetapi sekarang mengolah uranium hingga di bawah level yang dibutuhkan untuk membuat bom.

Bennett menuduh musuh bebuyutan Israel itu melakukan "pemerasan nuklir" sebagai taktik dalam negosiasi dengan negara-negara utama di Wina yang bertujuan untuk menyelamatkan kesepakatan awal dengan membawa Iran dan AS kembali pada kepatuhan.

Dia ingin Presiden AS, Joe Biden, mengakhiri pembicaraan itu dan mengambil tindakan terhadap Iran, termasuk menjatuhkan sanksi yang lebih ketat dan mempersiapkan kemungkinan serangan militer.

UEA telah menyatakan penentangan terhadap langkah-langkah tersebut dan berusaha untuk mengurangi ketegangan.

"Kita perlu menghindari konflik besar yang akan melibatkan Amerika Serikat atau bahkan negara-negara di kawasan," kata penasihat presiden Anwar Gargash di forum Arab Gulf States Institute yang berbasis di AS Kamis pekan lalu.

"Kepentingan kami adalah berupaya mencegah [konflik] itu semaksimal mungkin."

1px transparent line

Anda mungkin juga tertarik dengan tayangan berikut:

Keterangan video,

Young Israelis and Emiratis have begun meeting online since their countries agreed to normalise relations


Sumber : BBC Indonesia


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar

Artikel lainnya:


toko online liputan Indonesia

toko online zeirshopee
Pengunjung Hari ini
Isi Pemberitaan Tanggung Jawab Wartawan Masing-masing, PT. Lindo Sahabat Mandiri penerbit Media Liputan Indonesia hanya memberikan bantuan Hukum bilamana melanggar / tidak sesuai dengan Kode Etik Jurnalis sesuai UU Tentang Pers no. 40, Tahun 1999. Wartawan Liputan Indonesia Wajib Tunduk dan Patuh serta Bekerja Berdasarkan Kode Etik Jurnalis dan UU Tentang Pers No: 40 Thn 1999. Liputan Indonesia, Berita Terbaru, Berita Utama
Nama

#BeritaViral,333,Advertorial,348,BAIS,5,Berita Utama,2185,Berita-Terkini,1568,BIN,9,BNNK,8,BNNP,5,Capres 2024,8,Covid-19,131,Destinasi-Wisata,68,EkoBis,396,Galeri-foto-video,157,Gaya-Hidup,120,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,69,HuKrim,1465,Info Haji,19,Internasional,357,Internet,83,Kesehatan,520,Kicau Mania,26,KPK,11,Kuliner,16,Laporan-Masyarakat,422,Lindo-TV,121,Liputan Haji Indonesia,5,Liputan-Investigasi,378,Lowongan Kerja,3,Melek-Hukum,70,Nasional,1698,Olahraga,93,Opini Rakyat,159,Otomotif,12,Pemerintah,1148,Pendidikan,131,Peristiwa,616,PERS,8,Pilpres 2024,2,Politik,564,POLRI,1578,Pungli,31,Regional,3997,Religi,204,Sejarah,56,Selebritis,76,Seni-Budaya,89,ShowBiz,104,Technology,138,Tips-Trick,117,TNI,727,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id: Pemimpin Uni Emirat Arab dan PM Israel lakukan 'pertemuan bersejarah' saat ancaman Iran membayangi
Pemimpin Uni Emirat Arab dan PM Israel lakukan 'pertemuan bersejarah' saat ancaman Iran membayangi
Naftali Bennett kini jadi pemimpin Israel pertama, kunjungi Uni Emirat Arab (UEA), dalam mempererat hubungan kedua negara, anti Iran
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgPm-hWPHgQ9sn7ssjgUjQpRWP8m_X6GnKfc2apUbZeuXT6cDeMeaHCZHnVPA6jyYTtNwKCKtJXwEbdZF4jiT0nzNMo_FYkGD3uWUM30PuEcZZqyu0dNGfsqDiN65Dm-V89U3twJEoYblggtwrXPa6OzQu5ICK-h2e2hU9rOAWjg0bgUqoW3QxGtElXXA=w400-h225
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgPm-hWPHgQ9sn7ssjgUjQpRWP8m_X6GnKfc2apUbZeuXT6cDeMeaHCZHnVPA6jyYTtNwKCKtJXwEbdZF4jiT0nzNMo_FYkGD3uWUM30PuEcZZqyu0dNGfsqDiN65Dm-V89U3twJEoYblggtwrXPa6OzQu5ICK-h2e2hU9rOAWjg0bgUqoW3QxGtElXXA=s72-w400-c-h225
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia - LiputanIndonesia.co.id
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/12/pm-israel-dan-pemimpin-uni-emirat-arab.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/12/pm-israel-dan-pemimpin-uni-emirat-arab.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content