Cara URL atau Website Cepat Page #1 di Indeks Google | Cek SEO Online, Cek SEO Website, Cek SEO URL

Tips & Trick - Dalam pembuatan website yang baru perlu diperhatikan search engine optimazion (SEO). Awal dibangun dan siap untuk diluncurka tentu yang paling diinginkan oleh pembuat website adalah website cepat terindeks Google sebagai mesin pencarian populer. Dengan website yang terindeks maka secara otomatis siapapun dapat mencari informasi tentang website dan juga konten yang sudah dituliskannya.

Google dalam mempelajari website baru yang masuk hingga website layak dan disetujui oleh Google untuk tampil di SERP butuh waktu yang agak lama. Akan tetapi dengan teknik tertentu kita bisa ‘mempengaruhi’ Google agar segera ‘merayapi’ website baru kita agar segera tanpil di SERP. Sebenarnya bagaimana proses Google dalam ‘melihat’ website baru yang masuk ?


Proses Crawling

Proses Crawling atau perayapan adalah proses yang dilakukan oleh perangkat Google yang dikenal dengan GoogleBot atau Spider untuk mencari informasi data dari website yang sudah ada ataupun website baru. Dari data yang ada kemudian dianalisa informasi apa yang ada pada halaman atau website tersebut sehingga ditemukan frase atau kata kunci yang selanjutnya kata kunci tersebut disimpan dalam daftar indeks.

Ketika frasa atau kata kunci tersebut sudah tersimpan dalam daftar indeks maka website bisa dikatakan sudah terindeks oleh mesin pencari. Sehingga ketika seseorang mencari informasi di mesin pencari dan memasukkan sebuah frasa atau kata kunci maka Google akan memberikan informasi website atau halaman yang frasa nya di daftar indeks sesuai dengan yang dimasukkan. Sehingga Google tinggal menampilkannya di SERP.

Agar tidak ada pihak yang sembarangan memasukkan frasa sehingga dengan mudah masuk ke daftar indeks maka Google membut suatu aturan yang di sebut sebagai Algoritma Google dimana seriap saat perangkat algoritma tersebut diperbarui agar diperoleh informasi yang benar-benar valid dan kontekstual ketika seseorang mencari informasi di Google.

Cara Website Cepat Terindeks Google

Ada berbagai cara dalam mempercepat website terindeks oleh mesin pencari. Cara yang paling manjur dan populer adalah membangun backlink berkualitas. Kita sudah membahas hal ini dalam artikel sebelumnya. Dan pada pembahasan ini akan diulas cara lain selain membangun backlink berkualitas. Inilah caranya.

1. Membuat Sitemap

Sitemap atau peta situs merupakan suatu ‘denah’ yang menggambarkan keadaan suatu website dengan konten kontennya. Dengan membuka sitemap maka seperti halnya bangunan yang besar, kita akan mengetahui letak- letak suatu ruangan sehingga ketika akan ada keperluan ke suatu ruangan tinggal menuju ke ruangan langsung dengan panduan denah tanpa harus bertanya ke seseorang.

Begiru juga Google akan langsung mengetahui isi dari website dengan cepat tanpa harus melewati perauapan satu persatu. Jika jit membangun website dengan menggunakan WordPress sebagai CMS nya maka bisa menggunakan plugin wajib WordPress yaitu Yoast SEO untuk pembuatan sitemap XML yang nantinya sangat diperlukan untuk mempercepat proses crawling. Setelah sitemap XML telah siap kita bisa mengirinkan peta situs tersebut ke Google Search Console dan lakukan langkah untuk memasukkan sitemap (add sitemap) pada Google Searh Console.

2. Tambahkan URL ke Google

Bagi pemilik blog atau web yang masih baru anda bisa menambahkan url ke Google sebagai pemberitahuan. Pertama-tama silahkan menuju pada link berikut ini https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html . Masukkan alamat web lengkap beserta dengan protokolnya (http://). Langkah selanjutnya adalah isi tanggapan sesuai dengan frasa kata kunci yang sesuai dengan konten website atau blog.

Website Cepat Terindeks Google
Menambah url pada Google. Sumber Unsplash

Setelah itu, tambah URL. Setelah tambah URL, maka akan muncul pemberitahuan dan masukkan sekali lagi alamat website. Centang captcha dan SUBMIT URL.

Setelah URL dimasukkan ke Google langkah selanjutnya adalah dengan melakukan ping ke Google dan penjelasannya ada pada poin di bawah ini.

3. Ping Ke Google

Salah satu cara agar konten di website segera terindeks oleh mesin pencari adalah dengan melakukan ping. Ping seperti halnya pemberitahuan kepada mesin pencari agar mereka segera melakukan crawling konten pada website kita.

Ada sejumlah tool yang bisa digunakan untuk memungkinkan ping otomatis ke mesin pencari. Diantaranya adalah pingler, pingoat atau pingomatic. Sehingga dengan menggunakan tools tersebut melakukan ping akan semakin mudah. Tetapi ingat ! Jangan sampai terlalu sering melakukan ping karena jika terlalu sering link yang dikirimkan saat proses ping akan dianggap sebagai spam.

4. Menggunakan Google Search Console

Manfaat Google Webmaster untuk optimasi web sangat penting. Salah satunya adalah mempercepat pengindeksan konten ke mesin pencari dengan cepat. Dan melalui Google Search Console atau Google web Master akan terlihat beragam data-data mengenai website kita yakni berapa banyak URL dari website kita yag terindeks di Google, siapa saja yang referring website kita, analisa halaman dengan traffic tertinggi dan memerlukan waktu berapa lama dsb.

Dibawah ini ccara submit website ke Google Webmaster atau Google Search Console

  • Login Akun Google. Buka Webmaster Tools, klik Add Property dan pilih “Website”.
  • Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website milik kita. Dan perhatikan penulisannyadengan menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  • Klik “Continue”.
  • Pilih cara verifikasi website pada Google Search Control atau langsung melalui link ini https://search.google.com/search-console/welcome agar website terverifikasi di Google Search Console.
  • Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu cara yang kita sukai.
  • Tambahkan domainsecara terpisah. Jika website yang kita miliki sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.
  • Selesai

5. Share Konten

media sosial memiliki peranan penting dalam dunia SEO. Termasuk juga media penyedia layanan berbagi seperti YouTube, Wikipedia dan berbagai situs lainnya. Membuat backlink YouTube juga menjadi salah satu langkah pembangunan backlink berkualitas. Maka keterlibatan dalam penyebaran konten di media sosial sangat menguntungkan bagi SEO.

Cantumkan link website milik kita pada informasi profil media sosial yang telah kita buat seperti instagram, Twitter atau media sosial lainnya. Dan jangan lupa share informasi atau konten yang ada pada website di media sosial. Semakin banyak yang reshare atau retweet maka semakin menguntungkan bagi posisi website di SERP dan semakin cepat dalam proses pengindeksan.

Website Cepat Terindeks Google
Medsos merupakan salah satu faktor pendorong website mudah diindeks. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Jika website cepat terindeks Google maka suatu website akan lebih cepat diketahui oleh pub;ik pengguna internet. Dengan demikian jika website tersebut merupakan website bisnis maka diharapkan akan ada feedback dari konsumen yang telah membuka website kita. Karena itulah pembuatan website dengan benar.


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,578,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,855,Berita Utama,2915,Berita warga,1,Berita-Terkini,3782,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,439,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2188,hukum,34,hukum Polri,24,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,7,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,392,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1943,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1880,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,785,politisi,2,POLR,3,POLRI,2892,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6892,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,4,TNI AU,2,TNI-Polri,49,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Cara URL atau Website Cepat Page #1 di Indeks Google | Cek SEO Online, Cek SEO Website, Cek SEO URL
Cara URL atau Website Cepat Page #1 di Indeks Google | Cek SEO Online, Cek SEO Website, Cek SEO URL
Cara Website Cepat terindeks Google, Mesin Pencari jadi page 1, seo friendly, artikel di indeks Google, cek seo online,cek seo website, cek seo url
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVsnWHHiKf8ot15t5IWneC7rwxR1djC19xp2rB2G9YyWU9OPZte0Fo4rrWAfxSj0vHnPrptWxucgkcymoNTyei9kDqzYUvRFMigaUTKK_-O2xmhEwdn6LRik_DPgXfAKBL1bkF5Ft1JSq6/w400-h300/download+%25282%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVsnWHHiKf8ot15t5IWneC7rwxR1djC19xp2rB2G9YyWU9OPZte0Fo4rrWAfxSj0vHnPrptWxucgkcymoNTyei9kDqzYUvRFMigaUTKK_-O2xmhEwdn6LRik_DPgXfAKBL1bkF5Ft1JSq6/s72-w400-c-h300/download+%25282%2529.jpeg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/06/cara-url-atau-website-cepat-page-1-di.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/06/cara-url-atau-website-cepat-page-1-di.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content