Begini Cara Daftar Google News Terbaru Untuk Website

Cara Daftar Google News

Setiap pemilik blog atau situs web pasti menginginkan agar blog yang ia kelola bisa memperoleh pengunjung yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Salah satu sumber trafik blog yang paling penting adalah trafik organik. Trafik organik adalah trafik yang datang langsung dari Google Search.


Salah satu cara untuk meningkatkan trafik blog secara organik adalah dengan memanfaatkan semua layanan yang bisa digunakan gratis, salah satunya Google News. Di artikel ini akan diulas tentang cara daftar Google News terbaru 2021.

Tetapi sebenarnya, trafik organik tidak saja berasal dari trafik search engine langsung melainkan juga dari personalisasi artikel yang ada di Google News.

Lantas bagaimana cara mendapatkan trafik organik dari Google News? Caranya cukup mudah. Anda tinggal mendaftar, tunggu review dan selesai.

Meski sebenarnya tidak semudah itu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar di Google News agar blog anda bisa diterima, hal-hal itulah yang akan dibahas dalam artikel ini.

Apa itu Google News?

Google News adalah newsfeed berita yang dikelola Google dengan cara mengumpulkan berbagai artikel dari situs lain untuk ditampilkan kepada pengunjung.

Setiap hari Google mengumpulkan 4.500 artikel dalam berbagai kategori mulai dari berita, blog, press release dan lain sebagainya. Setiap berita tersebut datang dari sumber yang berbeda-beda.

Meskipun trafik dari newsfeed ini adalah organik, tetapi fungsinya sama sekali berbeda dengan mesin pencari Google.

Selain itu, artikel-artikel yang ada lebih fokus ke berita. Meskipun menurut saya pribadi, kata berita yang dimaksud oleh Google agak relatif.

Hal ini dikarenakan dalam Google news juga terdapat artikel-artikel dari blog, opini atau situs newsfeed yang lain seperti MSN.

Yang berarti, setiap blog bisa bergabung ke Google news asalkan memenuhi syarat. Soal syarat ini akan saya ulas dibagian bawah artikel ini.

Sejak tahun 2018 lalu, Google news telah mengalami banyak sekali perubahan, meskipun fungsinya tetap sama.

Salah satu perubahan itu adalah penerapan sistem artificial intelegence, yang membuat situs ini cukup fleksibel dari segi penyajian berita.

Kecerdasan ini berorientasi pada perilaku pengguna yang menggunakan google news. Dimana, pengguna yang sering nonton Youtube atau membuka kios, akan ditampilkan fitur tersebut.


Kelebihan dan kekurangan Google News

Karena artikel ini membahas tentang cara daftar Google News, tentu tak lengkap jika saya tidak mengulas tentang kelebihan dan kekurangannya.

Sebab, ini adalah salah satu parameter awal yang mungkin membantu anda untuk memutuskan apakah akan mendaftarkan blog anda ke Google News atau tidak.

5 Kelebihan mendaftar di Google News

Ada beberapa kelebihan saat mendaftarkan blog atau situs ke Google news, antara lain:

1. Artikel cepat terindeks ke Google

Dengan kata lain, anda tidak perlu lagi menggunakan Inspeksi URL/Fetch As Google agar artikel blog anda cepat terindeks Google.

Jika anda telah mendaftar dan berhasil di terima oleh Google News, artikel-artikel yang baru anda posting di blog akan langsung terindeks.

Bukan hanya itu saja, perubahan-perubahan yang anda lakukan di blog anda, misalnya pengeditan artikel juga dapat dengan mudah diketahui Google.

cara daftar di Google News

Sehingga, perubahan itu tidak akan berdampak pada SEO blog secara langsung malah membuat situs anda itu masuk pada kolom news di mesin pencari Google.

2. Jangkauan pembaca lebih luas

Sebelum mendaftar di Google, mungkin pembaca yang anda dapatkan hanya terbatas pada keyword yang ditargetkan atau dari pelanggan email serta media sosial.

Atau misalnya, jangkauan pembaca hanya dari keyword [mesin telusur Google] dan juga dari medsos, maka jangkauannya akan bertambah setelah anda mendaftar di Google News.

Ini sebenarnya merupakan aplikasi tersendiri milik Google yang memungkinkan pembaca untuk mengakses berita yang sedang tren saat ini.

Selain itu juga, pengguna juga akan mendapatkan berita yang di personalisasi ketika mereka membuka Browser Chrome di ponsel mereka.

Jadi jelas, dari sini anda bisa mendapatkan tambahan pembaca. Intinya, akan ada penambahan trafik saat blog berhasil diterima Google news.

3. Pendapatan dipastikan bertambah

Karena jangkauan pembaca anda bertambah, itu berarti pendapatan juga meningkat. Tapi ada baiknya anda tidak fokus pada hal ini.

Pendapatan akan meningkat seiring pertumbuhan situs web anda. Pertumbuhan situs web dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah dari trafik yang diperoleh.

4. Trafik organik meningkat

Trafik organik adalah trafik yang didapatkan langsung dari mesin pencari baik itu Google, Yahoo dan Bing. Untuk mendapatkan trafik ini sebenarnya tidaklah mudah.

Sebab, anda harus bersaing dengan banyak situs dan blog lain dengan reputasi atau domain authority yang mungkin lebih tinggi dari blog anda.

Namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan trafik organik. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan mendaftar di Google News.

Trafiknya tentu saja adalah trafik organik. Karena saat seorang pengguna mengklik artikel yang telah di personalisasi oleh Google, mereka akan diarahkan langsung pada blog karena cara kerjanya sama seperti di mesin telusur.

5. Bisa meningkatkan SEO Blog

Meski memang SEO dipengaruhi oleh banyak hal, namun dengan mendaftar di Google News bisa meningkatkan nilai tambah SEO blog anda.

Sebab, anda tidak perlu repot lagi memikirkan bagaimana bersaing di mesin telusur, anda hanya perlu memikirkan bagaimana menjaga frekuensi postingan di blog.

Di search result juga terdapat kolom khusus untuk Google News. Jika blog atau situs web anda bisa menempati posisi tersebut tentu saja orang akan mengkliknya.

Yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah trafik, popularitas dan SEO blog secara langsung, dan juga erkontribusi pada peningkatan DA dan PA blog.

4 Kekurangan Google News

Kalau diatas sudah saya ulas tenang kelebihan Google News maka rasanya tak lengkap jika tidak mengulas kekurangan atau kelemahannya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini juga akan di ulas kekurangan dari Google News. Berikut daftarnya:

1. Susah diterima

Saat anda mendaftar, pihak Google akan mereview kembali form registrasi yang anda masukan. Jika layak maka blog anda akan diterima. Jika tidak, maka silahkan mendaftar kembali dalam jangka waktu 1 bulan.

Peninjauannya kira-kira sama dengan Google AdSense. Karena itu perhatikan baik-baik syarat-syarat sebelum mendaftar di Google News.

2. Artikel harus sudah banyak

Ya, artikel didalam blog anda sudah harus banyak. Berapa batasannya? Beberapa orang mengatakan bahwa artikel sudah harus diatas dari 500.

Beberapa blogger lain mengatakan bahwa jumlah artikel didalam blog sudah harus 1000 ke atas. Tapi sebenarnya bukan itu yang menentukan melainkan pada jumlah postingan di blog anda dari hari ke hari.

3. Template berbentuk News

Memang sih ini agak relatif. Sebab, saya pernah melihat sebuah blog dengan template yang sama sekali bukan template News tapi berhasil masuk di Google News.

Namun, yang harus diperhatikan adalah template tersebut responsif, mobile friendly dan setidaknya berbentuk News.

4. Blog harus aktif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keaktifanlah yang membuat anda diterima di Google News. Oleh karena itu, usahakan anda menjaga frekuensi postingan selama peninjauan berlangsung.

5. Domain blog sudah TLD [Top Level Domain]

Ya memang. Dan ini wajib! Jika blog anda masih numpang host atau masih menggunakan subdomain seperti wordpress.com atau blogspot.com jangan harap bisa diterima oleh pihak Google News.


7 Syarat yang harus diketahui sebelum mendaftar di Google News agar diterima

Nah agar blog anda bisa diterima oleh Google News, ada 7 syarat utama yang harus anda penuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

1. Sudah menggunakan Domain Sendiri

Ini adalah syarat mutlak. Karena itu, sebelum mendaftar di Google News pastikan anda sudah menggunakan domain sendiri alias domain yang sudah TLD [Top level domain].

Ada banyak penyedia layanan Domain dan Hosting di Indonesia yang menawarkan harga yang cukup bersahabat bagi anda yang belum memiliki domain TLD ini, salah satunya adalah Niagahoster.

Perhatikan juga, sebaiknya domain TLD itu adalah domain yang cukup akrab di telinga orang, seperti misalnya .com.net atau .id

2. Ada baiknya sudah menggunakan hosting sendiri

Meski ini tidak juga sebab saya pernah mendapati blog-blog dari blogspot namun sudah memiliki domain sendiri berhasil diterima oleh Google News.

Namun ada baiknya sih anda sudah menggunakan hosting sendiri. Ini bertujuan untuk memberikan kebebasan penggunaan.

3. Templatenya seperti blog berita

Ini sebenarnya hanya unsur tambahan saja. Tapi jangan anggap remeh hal ini. Sebab, template yang berbentuk blog berita meningkatkan peluang untuk bisa diterima Google News.

4. Navigasi blog lengkap

Navigasi adalah arahan yang membantu pengunjung untuk menuju kumpulan artikel yang disukai. Karena itu, atur navigasi blog anda seperti navigasi blog berita lain misalnya detikcom atau Kompas.

5. Menggunakan lebih dari satu penulis

Soal ini memang anda bisa mengakalinya. Tapi ada baiknya tidak. Ada kemungkinan besar blog anda bisa diterima oleh Google News apabila anda menggunakan lebih dari satu penulis di blog.

Jika blog sudah lebih dari situs penulis, frekuensi postingan setiap hari sudah pasti akan bertambah. Namun jika tidak, anda bisa atur postingan harian di blog anda. Misalnya, 3-5 artikel per hari.

Disisi lain, perhatikan juga jadwal postingan. Jangan terlalu padat, jangan juga terlalu jarang. Misalnya, anda memposting 1 artikel dalam kurun waktu tertentu seperti pagi, siang, sore dan malam.

6. Blog sudah berumur lebih dari 6 bulan

Mengapa harus berumur 6 bulan? Menurut saya pribadi adalah untuk menunjukan bahwa blog itu memang di kelola dengan baik.

Disisi lain, dengan durasi waktu seperti itu, untuk ukuran blog berita, pasti sudah banyak artikel yang di posting.

Meskipun ini hanyalah unsur tambahan, tetapi sangat penting. Oleh karena itu, pastikan blog anda sudah berumur lebih dari 6 bulan sebelum mendaftar di Google News.

7. Lain-lain

Pada poin lain-lain ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal ini berkaitan dengan elemen widget yang wajib ada di blog.

Seperti popular postrelated postpermalink dan juga konten itu sendiri.

Oh iya, untuk kasus permalink, sebaiknya gunakan permalink yang terdiri dari 3 angka lebih.

Seperti misalnya paulipu.com/news/lokal/cara-daftar-di-google-news/ atau paulipu.com/news/cara-daftar-di-google-news

Mengapa harus terdiri dari 3 permalink? Agar membantu google memfilter kategori artikel anda.

Filter inilah yang akan membantu blog untuk bisa dipersonaliasasi kepada pengguna berdasarkan minat.

Satu hal yang paling penting lain yang harus anda ketahui adalah tanggal postingan blog tidak boleh di hilangkan. Alasannya karena filter tadi.

Sebab tanggal akan membantu membantu filter google news untuk mengkategorikan artikel berdasarkan kuartal waktu terbaru.


Cara Daftar Google News Terbaru 2021

Per tahun 2021, publisher news Google atau form pendaftaran ke Google News sudah berubah begitu juga dengan yang ada di artikel ini.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara daftar Google News Terbaru 2021.

1. Daftar ke Google News dan Buat publikasi baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar ke Google News. Untuk mendaftar, silahkan masuk pada form pendaftaran Google News atau klik saja tautan ini

Jika laman terbuka, anda akan diarahkan ke dashboard Google News baru. Dashboard ini bernama News Google Publisher Center 

Agar blog atau situs anda bisa diindeks di Google News, silahkan klik Add Publication untuk buat laman publikasi baru.

Laman publikasi ini dibuat per domain. Jika anda punya domain yang banyak, anda bisa buat satu per satu laman publikasi.

Cara Daftar Di Google News

Di kolom publication name silahkan isi dengan nama publikasi yang hendak dibuat. Bisa menggunakan nama blog atau situs web atau nama lain yang diinginkan lalu klik Save

Cara Daftar Di Google News

2. Draft publikasi

Setelah itu anda akan diarahkan ke draft publikasi. Draft ini mengharuskan anda melengkapi berbagai kolom yang tersedia. Di kolom general, anda harus mengisi beberapa property sebagai berikut:

a. Basic Information

Cara Daftar Di Google News

Di kolom ini anda harus mengisi beberapa data-data tentang situs seperti:

  • Publication Name [Bisa pakai nama blog sebagai nama publikasi]
  • Description (required) [Bisa dipakai deskripsi blog anda misalnya: Situs berita lokal yang mengabarkan berita secara aktual dan independen]
  • Kategori [Diisi dengan kategori blog atau situs anda dan sudah tersedia 28 kategori seperti ArtsBusiness & Finance hingga Womans Lifestyle]
  • Primary language (required) [Disesuaikan sama bahasa yang anda gunakan di blog].

Jadi sesuaikan saja sama data-data situs anda. Usahakan untuk mengisi data dengan benar agar bisa ditinjau dengan cepat.

b. Website properti URL

Cara Daftar Di Google News

Disini silahkan isi properti URL yang merupakan URL lengkap situs anda. Jika anda punya blog dengan subdomain banyak, silahkan isi nama blog diikuti ekstensi. Sebagai contoh: bloggue.com

Jika URLnya cuma satu, alias enggak ada subdomain, anda bisa tambahkan properti prefix seperti http:// atau https:// serta www [jika ada] diikuti nama domain dan ekstensinya.

Jika sudah, klik verify in search Console yang terletak di kiri atas kolom properti URL. Jika anda sudah masuk ke search console atau menggunakan perangkat yang sama secara otomatis akan terverifikasi.

Jika tidak, anda harus verifikasi secara manual. Saat proses verifikasi berlangsung anda akan diarahkan ke laman Search Console.

c. Location & Contacts

Cara Daftar Di Google News

Sebenarnya, lokasi enggak perlu dimasukkan karena sudah terintegrasi sama bahasa yang dipilih. Jadi enggak usah pusing jika ada pemberitahuan seperti To add a location, you must first set a primary language and verify your website property URL.

Untuk kontak, silahkan tambah kontak baru dengan cara klik New Contact. Jika anda menambahkan kontak baru, memungkinkan kontak tersebut mengakses dan mendapat pemberitahuan dari Google News.

Cara Daftar Di Google News

Pemberitahuan biasanya berisikan status pendaftaran dan isu-isu kritis lain yang berkaitan dengan akun anda. Jika anda gak mau tambahkan kontak, tidak apa-apa. Lompati saja langkah ini.

d. Distribution

Cara Daftar Di Google News

Laman ini berfungsi untuk melihat pendistribusian blog atau situs anda ke Google News. Untuk Countries atau negara, sebaiknya diisi dengan Allow specific countries lalu masukkan nama negara yang ditargetkan.

Sesuaikan sama bahasa situs anda. Jika bahasanya adalah Bahasa Inggris, maka silahkan masukkan World Wide Web atau bisa pilih kolom Block specific countries untuk memblokir akses dari negara tertentu.

Sementara, jika bahasa yang digunakan spesifik, bahasa Indonesia misalnya, silahkan pilih Allow specific countries lalu centang Indonesia.

Untuk kolom Google Properties specific adalah pengaturan untuk membatasi dimana halaman blog anda akan muncul.

Ada 3 pilihan disini mulai dari ChromecastVideo News on Assistant dan Text-to-Speech News on Assistant.

Bisa pilih ketiganya. Dan jika anda ingin agar publikasi anda bisa muncul di semua perangkat, termasuk aplikasi yang menggunakan API Google News semacam Buzzbreak, klik saja Allow All Properties.

e. Tracking

Cara Daftar Di Google News

Tracking atau pelacakan memungkinkan anda untuk memantau jumlah klik dan konversi dari Google News yang mengarah ke blog anda.

Satu-satunya kode pelacakan yang didukung adalah Google Analytics. Jika belum punya akun Google Analytics, sebaiknya anda daftar dulu deh. Terkait dengan cara pendaftarannya, bisa baca disini.

Jika anda menggunakan AMP, bisa tambahkan kode pelacakan yang sama dengan non AMP. Alias, bisa gunakan kode dari Google Analytics.

Ada juga kolom Tracking pixels yang berfungsi untuk melacak perilaku pengguna saat mengunjungi situs anda.

Misalnya, saat mereka klik Navigasi, laman menu, properti tertentu, dan lain sebagainya akan ikut terdata.

Jika anda belum paham fungsinya, lompati aja kolom ini. Jika semua langkah diatas sudah beres, klik saja NEXT.

3. Content

Setelah klik Next anda akan diarahkan ke halaman konten. Di halaman konten ini ada beberapa poin yang harus diisi. Diantaranya:

a. Sections

cara daftar google news

Sections atau bagian adalah tab yang akan muncul dalam halaman publikasi anda di aplikasi Google News.

Untuk poin ini anda bisa menyesuaikan sama laman publikasi yang diinput. Sebagai contoh, disini saya menggunakan blog untuk didaftarkan ke Google News.

Karena itu, agar bisa muncul di aplikasi Google News saya harus memasukkan feed. Jika blog anda sudah terkonvergensi sama media lain, Youtube misalnya, silahkan tambahkan kolom sections baru.

Untuk menambahkan bagian baru silahkan klik New Section. Berikut detail penambahan section Google News:

  • Feed diisi dengan feed situs atau blog anda. Untuk WordPress silahkan isi saja dengan feed default WordPress seperti https://namablog .com/ feed/ sementara untuk Blogger silahkan daftar ke feedburner untuk mendapatkan URL Feed blog anda. Untuk platform blogging lain seperti Wix dan Squarespace silahkan disesuaikan saja
  • Web Location yang memungkinkan anda untuk membuat bagian publikasi dengan artikel atau URL yang spesifik dari situs anda. Oh iya, poin ini ditentukan oleh peringkat Google. Jadi peringkatnya bagus ada kemungkinan muncul di laman pencarian
  • Video yang memungkinkan anda menambahkan bagian publikasi dari channel Youtube atau dari Playlist video anda di platform yang sama
  • Personalized feed atau feed terpersonalisasi yang memungkinkan anda membuat bagian publikasi dengan konten yang sudah dipilih oleh pihak Google berdasarkan minat pembaca
b. Content labels

Cara Daftar Di Google News

Disini anda bisa menambah label yang spesifik sesuai dengan kategori konten anda. Untuk menambahkannya, silahkan klik Add.

Ada beberapa konten label yang bisa anda tambahkan di poin ini seperti Opinion [Opini], User-generated [konten buatan pengguna atau konten yang dikirim pengguna], Satire, Press release [siaran pers] dan Blog.

Karena itu disesuaikan sama situs atau blog anda. Jika hanya blog yang spesifik pilih saja blog lalu masukkan URL blog anda.

c. Verify URL ownership

Bertujuan untuk memverifikasi kepemilikan URL untuk memberi tahu Google bahwa domain anda sudah di verifikasi.

4. Image

Laman image berisikan beberapa properti, seperti:

Cara Daftar Di Google News

Square Logo atau Logo kotak [logo persegi empat] adalah logo dari situs anda. Jika anda hanya punya logo situs biasa dan tidak berukuran persegi empat silahkan buat yang persegi empat.

Untuk ukurannya harus 1000×1000. Dalam beberapa kasus, jika logonya kurang dari ukuran itu akan ada pemberitahuan seperti Can’t upload this image because it’s not wide enough. The image must have a width of at least 512 px. The actual width is 412 px.

Saran saya, ubah saja percentagenya pakai Paint atau aplikasi pengeditan lain. Dalam kasus saya, ukuran Square logonya adalah horizontal 1000 dan vertical 989.

b. Wide logo (recommended)

Cara Daftar Di Google News

Berfungsi untuk menyesuaikan dengan logo yang diunggah. Jadi, jika anda mengunggah wide logo, hasilnya akan lebih responsif.

Di tahap ini anda bisa menambahkan logo khusus tema light atau terang dan logo dark atau gelap yang sudah tersedia di aplikasi Google News.

Poin ini juga yang disarankan oleh Google News untuk digunakan ketimbang Square logo yang dimensinya tetap. Jika langkah ini sudah selesai, klik saja Next.

5. Ads

Cara Daftar Di Google News

Di laman ads ini anda bisa tambahkan kode Google AdSense yang digunakan di blog atau situs web anda. Untuk menambahkannya, silahkan arahkan kursor ke kolom earnings.

Pada menu drop down yang muncul di kolom silahkan klik saja Google AdSense. Jika pilihan ini belum muncul, berarti anda belum mengintegrasikan Search Console dengan Google AdSense yang digunakan.

Berikutnya adalah Google Ad Manager. Anda bisa isi dengan kode ad manager yang anda gunakan. Jika belum punya manajer iklan, bisa dikosongkan lalu klik NEXT

6. Advanced

Di laman advanced ini ada beberapa penyesuaian yang bisa anda lakukan seperti:

a. Access groups

Cara Daftar Di Google News

Laman access groups memungkinkan anda membuat grup admin baru agar mereka bisa mengakses halaman Google News milik anda. Jika blog anda dikelola secara personal, lompati saja langkah ini.

b. Article styles

cara daftar Google News

Disini anda bisa mengatur gaya artikel blog anda. Untuk mengaturnya anda bisa menyesuaikan CSSnya. Saat menyesuaikan anda juga bisa melihat pratinjau gaya di kolom sebelahnya.

cara daftar Google News

Jika syntax yang dimasukkan eror, akan ada pemberitahuan di kolom kecil yang terdapat dibawah pengaturan style CSS.

c. Uploaded fonts

cara daftar Google News

Anda juga bisa menggunakan font costum pada CSS diatas. Untuk font costum ini hanya muncul di aplikasi Google News.

Untuk font, silahkan unggah berbagai varian font family dalam format TTF atau OTF. Jika anda tidak pakai font khusus, maka secara default font akan menjadi Roboto di Android dan desktop serta font San Francisco di iOS.

7. Review & Publish

Cara Daftar Di Google News

Pada menu Review ini memungkinkan anda untuk melihat mana data-data yang belum terisi dan mana yang sudah.

Jika anda data yang belum terisi lengkap silahkan klik Review yang secara otomatis akan mengarahkan anda ke laman yang belum lengkap, eror atau belum terisi.

Sementara, apabila semua issue sudah fix atau sudah di review, akan muncul juga tombol review kecil dibawahnya.

Tombol ini akan mengarahkan anda ke laman peninjauan kebijakan layanan Google News. Jadi silahkan klik saja disitu.Cara Daftar Di Google News

Ada dua jenis data dalam kolom peninjauan ini yakni Terms of service yang berisikan kebijakan Google News Publisher Agreement dan data persetujuan.

Cara Daftar Di Google News

Silahkan baca term of service yang ada dengan lengkap dan jika sudah, langkah berikutnya adalah mengisi kolom kosong disebelahnya, dengan data-data yang sesuai, seperti:

  • Your name atau nama anda
  • Email contact atau kontak email yang aktif atau yang digunakan saat registrasi tadi. Usahakan nama di email ini sama dengan contact yang diisi sebelumnya
  • Titile diisi dengan jabatan atau status kepemilikan situs
  • Organisasi diisi dengan nama organisasi yang mengelola situs. Jika blog tersebut dikelola secara personal, silahkan isi saja nama blog anda di kolom tersebut

Jika data-data diatas sudah selesai diinput, langkah selanjutnya adalah centang kotak I have read and accepted the Google News Publisher Center Terms of Service lalu klik Submit.

Cara Daftar Di Google News

Setelah Submit, anda akan diarahkan lagi ke laman Review & Publish. Di laman ini, secara otomatis tombol Publish sudah muncul.

cara daftar google news

Silahkan klik Publish jika anda ingin agar blog anda secepatnya ditinjau oleh pihak Google News.

Di kolom Testing your publication yang terletak disebelah kolom Publish, anda bisa tes apakah laman publikasi yang dibuat itu sudah sesuai atau belum.

Dengan begitu anda bisa tahu hal-hal apa yang kurang jika nantinya blog anda ditolak oleh Google News atau mungkin juga diterima.


Question and Answer [QnA]

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan pengunjung terkait dengan postingan ini. Karena itu akan saya ulas pada QnA dibawah ini.

1. Berapa lama peninjauan Google News?

Untuk menjawab ini relatif. Karena saya bukan karyawan Google News maka saya tidak bisa memastikan durasi peninjauannya.

Namun berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa artikel yang pernah saya baca, waktu peninjauannya tak lebih dari 3 hari. Mungkin lebih lama, tapi tidak lebih dari 1 bulan.

Ada juga beberapa blogger yang menyebutkan bahwa waktu peninjauannya tak kurang dari 3 hari. Daripada pusing soal waktu review ini, sebaiknya perhatikan beberapa catatan dibawah ini.

  • Blog akan di review selama 2-4 minggu. Ini berdasarkan ketentuan dari pihak Google News yang biasanya anda dipemberitahuan setelah pengajuan seperti yang terlihat pada gambar dibawah inicara daftar google news
  • Terus update artikel. Agar anda tidak ditolak, ada baiknya anda melakukan update artikel setiap hari. Berapa artikel yang harus diupdate, jawabannya juga relatif. Karena Google News merekomendasikan blog yang memiliki banyak penulis, ada baiknya anda mengupdate 3-5 artikel setiap hari. Ini adalah jumlah yang standar. Kalau lebih juga gak apa-apa. Kalau kurang, ada baiknya tidak terlalu mencolok. Yang terpenting adalah anda konsisten memposting artikel.
2. Bagaimana cara mengetahui apakah blog tidak diterima Google News?

Untuk mengetahui apakah blog gagal atau ditolak oleh Google News silahkan masuk ke Google News Publisher Center.

Jika ada tulisan Review Complete: Site Rejected padahal anda sudah mempublikasikan blog anda agar tinjau berarti blog anda gagal diterima.

Dalam kurun waktu 1 bulan kemudian, tulisan tersebut akan berubah kembali jadi draft seperti semula.

Oh iya, jika anda gagal diterima oleh Google News, berarti ada beberapa syarat diatas yang tidak terpenuhi.

3. Bagaimana cara mengetahui jika blog berhasil diterima Google News?

Untuk mengetahui apakah blog diterima Google News, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Google News Publisher center yang sudah saya tautkan diatas
  • Setelah terbuka, lihat pemberitahuan situs yang ada disitu. Jika dibawah nama blog dan situs ada tulisan live diikuti sama jumlah follower seperti pada gambar dibawah ini berarti blog anda sudah diterima oleh Google NewsCara Daftar Di Google News

Sekalipun anda tidak cek di Publisher center tetap ketahuan kok dari sumber trafik yang terlacak di blog anda.

Dengan kata lain, jika ada trafik dari news.Google dapat dipastikan blog anda sudah terindeks atau sudah diterima oleh Google News seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara daftar Google News terbaru

4. Mengapa gambar artikel saya di Google News di tutup atau tidak muncul?

Awalnya saya pikir kalau penyebabnya ada di feed blog. Dan ini sudah saya jawab beberapa di kolom komentar.

cara daftar Google News

Ternyata jawaban itu keliru. Masalahnya ada pada feed gambar. Jika gambar artikel anda di Google News tertutup atau tidak muncul, saya pastikan kalau artikel tersebut hanya punya satu gambar, gambar thumbnail misalnya.

Jika ingin agar gambar artikel blog anda muncul di indexing Google News, baiknya tambahkan satu gambar atau lebih didalam postingan.

Dalam kasus saya memang begitu. Jika hanya ada satu gambar dalam postingan, pasti tidak akan muncul di Google News.

Sementara, jika ada lebih dari satu gambar didalam postingan, pasti akan muncul. Dan kebanyakan thumbnail artikel yang terindeks Google News bukan memunculkan gambar utama atau featured image melainkan gambar didalam artikel.

Yang mungkin saja, sekali lagi mungkin saja, disebabkan oleh feed artikel yang tidak sempurna karena berbagai alasan. Jika anda punya solusi lain, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Penutup

Ada banyak cara untuk mendapatkan trafik atau pengunjung blog. Kalau anda kesulitan mendapatkan trafik di Google coba keberuntungan anda di Google News.

Perlu diketahui juga karena karena Google News adalah layanan news suggested, ada baiknya anda membuat artikel-artikel yang tidak basi, relevan dan menarik minat pembaca.

Demikian artikel tentang cara daftar Google News. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. 

Sumber: https://paulipu.com/cara-daftar-google-news/


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,579,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,869,Berita Utama,2927,Berita warga,1,Berita-Terkini,3783,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,439,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2191,hukum,34,hukum Polri,24,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,7,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,392,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1943,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1881,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,785,politisi,2,POLR,3,POLRI,2898,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6907,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,4,TNI AU,2,TNI-Polri,50,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Begini Cara Daftar Google News Terbaru Untuk Website
Begini Cara Daftar Google News Terbaru Untuk Website
Liputan News, Salah satu cara untuk meningkatkan trafik blog secara organik adalah dengan memanfaatkan semua layanan yang bisa digunakan gratis, salah
https://paulipu.com/wp-content/uploads/2020/05/fb819d97344575.5ec2feca951db.png
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/06/begini-cara-daftar-google-news-terbaru.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2021/06/begini-cara-daftar-google-news-terbaru.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content