3 Cara Membedakan Gading dengan Tulang Biasa

Tips & Trik, - Gading dibuat dari gigi dan gading gajah, ikan paus, dan hewan lainnya. Harganya sangat mahal, salah satu penyebabnya adalah karena saat ini gading tidak boleh diambil dari beberapa sumber yang dilindungi, seperti gajah. 

Seniman dan pembuat gading telah membuat gading tiruan untuk membuat pahatan dan produk lain yang mirip dengan gading, tetapi tentu saja ada cara untuk mengetahui mana gading yang asli jika Anda tahu apa yang perlu diperhatikan. Artikel ini akan membahas mengenai cara membedakan gading dengan tulang.

Metode 1 dari 3:
Memperhatikan Warna dan Tekstur Khas Gading

  1. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 1
    1
    Pegang benda dengan tangan Anda dan rasakan beratnya. Gading akan terasa berat dan padat saat Anda memegangnya. Beratnya menyerupai bola biliar, yang dulu seringkali dibuat dari gading; saat Anda memegangnya dengan satu tangan, rasanya akan padat dan keras. Jika benda yang Anda amati cenderung ringan, Anda bisa menghapus kemungkinan bahwa benda tersebut adalah gading.
    • Tulang bisa memiliki berat yang sama dengan gading. Hanya karena benda tersebut terasa berat dan padat bukan berarti benda tersebut adalah gading.
    • Jika Anda tidak yakin bahwa benda tersebut benar-benar padat, maka timbanglah, kemudian bandingkan beratnya dengan benda yang Anda ketahui merupakan gading. Internet adalah salah satu sumber yang bisa Anda gunakan untuk menemukan dimensi dan berat dari benda yang terbuat dari gading.
  2. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 2
    2
    Pegang benda dengan jari-jari Anda untuk merasakan teksturya. Gading terkenal halus seperti mentega. Memang tidak selembut itu, tetapi di tangan yang tepat, gading akan sangat mudah diukir. Jika permukaan benda tersebut terasa kasar dan penuh goresan, maka mungkin benda itu bukanlah gading. Tetapi jika rasanya sangat halus, mungkin saja itu adalah gading.
  3. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 3
    3
    Amati lapisan terluar dan permukaan benda dengan kaca pembesar. Walaupun menentukan apakah suatu benda benar-benar terbuat dari gading dengan kaca pembesar tidak selalu berhasil, tetapi mengamatinya dengan cara itu bisa memberikan petunjuk yang berguna. Gading asli akan berkilau dan tampak cantik, seringkali dengan tampilan yang sedikit kekuningan. Gading juga bisa berwarna sedikit kecokelatan akibat minyak yang berasal dari orang yang memegangnya selama bertahun-tahun. Jika Anda melihat bintik atau tanda yang aneh, maka kemungkinan benda itu bukanlah gading. Perhatikan tanda-tanda berikut ini:

    • Garis yang bersilangan. Seharusnya akan tampak garis-garis sejajar (dengan sedikit perbedaan) di sepanjang benda itu. Garis yang tegak lurus dengan garis itu akan berbentuk seperti huruf V atau sirkuler, disebut sebagai garis Schreger lines. Garis ini dapat ditemukan baik pada gading gajah maupun gading mammoth.
    • Apakah permukaan benda memiliki beberapa titik atau cekungan gelap? Jika demikian, maka kemungkinan benda tersebut terbuat dari tulang. Hanya saja, dalam beberapa kasus, tulang telah diputihkan, sehingga lakukan tes lainnya untuk memastikannya.
    • Semua tulang memiliki bercak sumsum atau bintik kecil di permukaannya. Tanda ini mungkin tidak bisa Anda lihat dengan mata telanjang, tetapi seharusnya Anda bisa melihatnya menggunakan kaca pembesar. Gading cenderung memiliki tekstur yang lebih halus, lebih keras dan tidak berbintik-bintik.

    Metode 2 dari 3:
    Melakukan Tes dengan Jarum Panas

    1. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 4
      1
      Panaskan jarum pentul. Letakkan jarum di atas api lilin atau api korek selama beberapa detik hingga suhunya cukup panas. Anda sebenarnya bisa menggunakan logam jenis apapun, tetapi jarum pentul saja sudah cukup baik untuk Anda gunakan jika Anda tidak ingin meningalkan bekas di atas benda yang Anda tes.
    2. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 5
      2
      Letakkan jarum pentul panas di permukaan benda. Pilih titik yang tersembunyi sehingga Anda tidak meninggalkan bekas atau lekukan di sana (walaupun jika benda tersebut memang terbuat dari gading, hal ini tidak akan terjadi).
    3. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 6
      3
      Cium aroma bagian yang Anda tempelkan dengan jarum panas. Jika benda itu adalah gading, maka tidak akan ada bau yang dikeluarkannya. Tetapi jika benda itu adalah tulang, maka akan mengeluarkan bau seperti rambut yang terbakar.
      • Gading asli tidak akan rusak dengan tes ini, karena gading cukup keras dan kuat untuk menahan panas. Tetapi jika benda yang Anda tes terbuat dari plastik, maka panasnya jarum akan membuat sedikit cekungan. Karena beberapa jenis plastik (seperti Bakelite) berharga jauh lebih mahal dibandingkan dengan gading, maka Anda tidak perlu melakukan tes jarum panas hingga Anda yakin bahwa benda itu bukan terbuat dari plastik.

      Metode 3 dari 3:
      Tes oleh Profesional

      1. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 7
        1
        Mintalah bantuan ahli barang antik untuk mengetahui asal benda. Ahli barang antik telah menangani ratusan atau bahkan ribuan benda dari gading, tulang, dan plastik, sehingga mereka biasanya mudah mengenali asal benda dengan menggunakan salah satu metode di atas, atau dengan menggunakan pengetahuannya sendiri.
        • Pastikanlah untuk mencari ahli barang antik yang terpercaya untuk menilai benda. Jangan memilih toko barang antik sembarangan, pilihlah yang khusus menjual gading sehingga informasi yang Anda dapatkan akurat.
        • Pameran barang antik adalah tempat yang tepat untuk menilai suatu benda. Periksalah secara online untuk mengetahui jadwal pameran semacam itu di sekitar Anda.
      2. Gambar berjudul Tell Ivory from Bone Step 8
        2
        Mintalah pemeriksaan kimiawi. Untuk benar-benar meyakinkan Anda bahwa benda Anda terbuat dari gading, bawalah benda itu ke laboratorium forensik dan mintalah pemeriksaan kimiawi. Struktur sel gading berbeda dengan tulang, tetapi pemeriksaan di laboratorium diperlukan untuk menentukannya.

      Tips

      • Ingatlah bahwa banyak jenis tulang yang juga berharga.

      Peringatan

      • Selalu cari pendapat kedua sebelum Anda membeli barang antik. Lebih baik Anda membayar ahli barang antik lain untuk memeriksanya daripada membayar jutaan rupiah untuk barang palsu.

    Sumber: https://id.wikihow.com/Membedakan-Gading-dengan-Tulang


Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB | HAK KOREKSI | HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar



Pengunjung Hari ini





Update #Covid19

Perkembangan Virus Corona di Indonesia:

/fa-clock-o/ Tips & Trick

Nama

Advertorial,268,Covid-19,90,Destinasi-Wisata,54,EkoBis,289,Ekonomi-Bisnis,43,Galeri-foto-video,121,Gaya-Hidup,97,Hak Jawab,3,Hoax / Fakta,2,Hobby,36,HuKrim,960,Info Haji,15,Internasional,252,Internet,50,Kesehatan,406,Kicau Mania,18,Komunitas,12,Kuliner,12,Laporan-Masyarakat,326,Lindo-TV,91,Liputan-Investigasi,342,Liputan-Utama,1368,Melek-Hukum,45,Nasional,1361,Olahraga,74,Opini Rakyat,141,Otomotif,11,Pasuruan,15,Pasuruan Kota,5,Pemerintah,894,Pendidikan,98,Peristiwa,516,Politik,487,POLRI,973,Pungli,16,Regional,3028,Religi,137,Sejarah,26,Selebritis,50,Seni-Budaya,58,ShowBiz,74,Technology,92,Tips-Trick,67,TNI,661,utama,1,
ltr
item
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.: 3 Cara Membedakan Gading dengan Tulang Biasa
3 Cara Membedakan Gading dengan Tulang Biasa
https://1.bp.blogspot.com/-MmLIf2nAUR4/Xz4AiuJljtI/AAAAAAAASII/vLHMJu7XMMc41iyobkYR8Rat80bZB-HigCNcBGAsYHQ/s1600/images%2B%25284%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-MmLIf2nAUR4/Xz4AiuJljtI/AAAAAAAASII/vLHMJu7XMMc41iyobkYR8Rat80bZB-HigCNcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%25284%2529.jpeg
#1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi liputan terbaru.
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/08/3-cara-membedakan-gading-dengan-tulang.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/08/3-cara-membedakan-gading-dengan-tulang.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Lihat Semua Baca.. Balas Cancel reply Hapus By Home Halaman BERITA Lihat Semua Baca Berita Lainnya BACA ARCHIVE CARI Lihat Semua Tidak ada yang anda cari Kembali Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy