SEO Blogger 86: Begini Cara Page One atau Nomer #1 Satu di Google pakai Blogger




Di bawah ini adalah beberapa teknik SEO blogger (blogger.com) agar blog sobat lebih disayang oleh Google.


Jika blog sobat disayang Google maka blog sobat bisa masuk di page one, dan jika sudah page one di google maka otomatis pengujung blog sobat akan meningkat.
Siapa sih yang tidak ingin pengunjung blognya meningkat? Semua blogger pasti ingin, apalagi bagi yang sedang menghasilkan uang dari blog.
Syukur-syukur bukan hanya bisa page one, tapi bisa number one. Jika number one di google tentunya pengunjung bukan hanya meningkat, tapi bisa jadi kembanjiran pengunjung.
Memang bisa number one cuma pakai Blogger a.k.a Blogspot, Mas?
Bisa banget dong.
Kuncinya pertama sobat perlu membuat konten atau artikel yang super berkualitas yang dapat memanjakan pengunjung.
Kunci kedua sobat perlu menerapkan teknik SEO sederhana untuk blog blogger sobat yang akan saya jelaskan di bawah ini.

So. Bagi sobat yang ingin belajar SEO Blogger, langsung saja disimak di bawah ya.

RSS Feed

Seperti halnya layanan blogging pada umumnya, blogger juga menyediakan fitur RSS feed untuk memudahkan pembaca blog kita berlangganan artikel-artikel yang kita publikasikan.
Fitur ini sebenarnya sangat bagus, terutama untuk menjaring pembaca. Namun di lain sisi RSS feed juga bisa berdampak buruk untuk SEO blog kita.
Kenapa bisa begitu?
Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang banyak sekali blogger-blogger pemalas yang maunya serba instan yang sering mencuri konten-konten blog milik orang lain.
Nah, RSS Feed ini akhir-akhir ini sering digunakan oleh para pencuri konten sebagai jalan untuk mengambil konten-konten yang ada di blog kita tanpa harus susah-susah CTRL+C dan CTRL+V.
Bayangkan sob, copy paste pun sekarang sudah pada males, sekarang mainannya serba otomatis.
Jika blog kita menjadi korban pencurian konten melalui RSS Feed maka bisa berdampak buruk bagi blog kita karena akan mengakibatkan yang namanya konten duplikat. Nah, untuk sedikit mengatasi masalah ini, kita bisa mengoptimalkan pengaturan RSS Feed yang ada di blogger.
Caranya sangat mudah sekali, sobat cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Lainnya. Setelah itu sobat fokus pada bagian Umpan Situs.
Pada bagian “Izinkan Umpan Blog” sobat pilih “Singkat



Teknik SEO Blogger - Umpan Blog

Tag Meta Deskripsi

Salah satu fitur SEO yang ada di blogger adalah fitur Tag meta deskripsi. Fitur ini memungkinkan kita memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template.
Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, sobat cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.
Setelah itu fokus pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya. Terakhir tinggal sobat masukan deskripsi blog sobat.



Teknik SEO Blogger- Meta Deskripsi

Jangan lupa untuk mengklik “Simpan perubahan

Tag Meta Deskripsi Postingan

Meta deskripsi yang dijelaskan di atas adalah meta deskripsi khusus untuk halaman depan blog.
Sedangkan untuk meta deskripsi postingan sobat juga bisa mengaturnya sesuai keinginan.
Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama sobat harus mengaktifkan fitur tag meta deskripsi untuk halaman depan seperti yang sudah dibahas di atas.
Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali sobat menulis postingan, di bagian kanan editor postingan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan:



Teknik SEO Blogger - Meta Deskripsi Postingan

Tag Meta Robot

Fitur ini bisa digunakan untuk memberikan instruksi kepada robot mesin pencari mengenai halaman mana saja yang boleh diindex dan yang mana yang tidak boleh.
Fitur meta robot yang ada di blogger ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi duplikat konten, terutama duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian.
Caranya masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran > Aktifkan tag header robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:



Pengaturan Meta Robot
Jangan lupa klik Simpan perubahan
Setelan meta robot di atas akan memberitahu robot mesin pencari untuk tidak mengindex halaman arsip dan penelurusan.

Gambar Postingan

Jika sobat membuat postingan yang disertai dengan gambar maka sobat sangat disarankan untuk menggunakan fitur SEO keren yang ada di blogger yang satu ini, yaitu fitur untuk menambahkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis pada gambar di dalam postingan.
Caranya sangat mudah, ketika sobat memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut:



Alt dan Title Gambar




Alt dan Title Gambar

Pengalihan Khusus

Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan link yang menuju ke blog kita namun link tersebut tidak benar-benar ada alias halaman 404. .
Sebagai contoh, misalnya di blog sobat ada postingan yang dihapus, nah supaya postingan tersebut ketika diakses tidak error 404, maka sobat bisa mengalihkannya ke postingan lain.
Untuk cara menggunkannya silakan sobat masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.
Setelah itu fokus pada bagian Kesalahan dan pengalihan dan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu tinggal sobat isi URL yang error (Dari) dan URL yang benar (Kepada):



Pengalihan Khusus - SEO Blogger
Jangan lupa centang “Permanen” agar link yang salah tersebut dialihkan secara permanen. Jika sudah klik Simpan terlebih dahulu dan klik Simpan perubahan.

Tautan Permanen

Fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna bagi sobat yang mungkin ingin menembak kata kunci panjang atau bahasa kerennya long tail keyword. Secara default permalink di blogger hanya dibatasi sampai 6 kata, kurang lebih seperti ini:



http://www.mas-sugeng.com/2013/12/cara-memaksimalkan-seo-di-blogger-tahun.html

Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul postingan. Nah, jika sobat menginginkan lebih dari 6 kata maka sobat bisa menggunakan fitur ini.
Caranya, saat sobat menulis postingan klik menu Tautan Permanen pada bagian kanan dan pilih Tautan Permanen Khusus, setelah itu tinggal sobat masukan permalink sepanjang yang sobat inginkan.



Tautan Permanen - SEO Blogger

Template Blogger

Yang terakhir cara SEO di blogger adalah template. Pemilihan template blogger yang bagus juga dapat membantu memaksimalkan SEO di blog sobat. Banyak sekali penyedia template blogger gratis yang bagus di luar sana, tapi tidak banyak yang bisa dibilang SEO Friendly.
Memang Template SEO Friendly itu kayak gimana, Mas?

Banyak yang mempengaruhi apakah template blogger SEO friendly atau tidak. Contohnya seperti kecepatan loading, desain yang responsive (mobile friendly), menggunakan schema markup, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, rekomendasi template blogger yang SEO freindly bisa sobat cek di sini: Template Blogger Rekomendasi Mas Sugeng.
Mungkin hanya sampai di sini saja pembahasan kali ini tentang Cara SEO Blogger supaya blog sobat bisa page one di google.



source: sugeng.id

Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,579,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,895,Berita Utama,2949,Berita warga,1,Berita-Terkini,3783,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,440,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2193,hukum,34,hukum Polri,25,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,8,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,393,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1945,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1885,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,786,politisi,2,POLR,3,POLRI,2907,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6931,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,6,TNI AU,2,TNI-Polri,50,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: SEO Blogger 86: Begini Cara Page One atau Nomer #1 Satu di Google pakai Blogger
SEO Blogger 86: Begini Cara Page One atau Nomer #1 Satu di Google pakai Blogger
Liputan Indonesia, - Jika blog sobat disayang Google maka blog sobat bisa masuk di page one, dan jika sudah page one di google maka otomatis pengujung blog sobat akan meningkat., SEO Blogger 86: Begini Cara Page One atau Nomer #1 Satu di Google pakai Blogger
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0MTCOKfRmpmnhALpMl2UyvOArR-6FW6PlcmBNDZlrBuqz_iz1kzwR4qb7qt82IWZ5ni1zmyzlftoWd0w7FP8BYM4oYQow6g4GJVfSu8wfZlmabdP48ydUGDNosUdjc2TXpcYSMgNco2s/s640/Screenshot_1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0MTCOKfRmpmnhALpMl2UyvOArR-6FW6PlcmBNDZlrBuqz_iz1kzwR4qb7qt82IWZ5ni1zmyzlftoWd0w7FP8BYM4oYQow6g4GJVfSu8wfZlmabdP48ydUGDNosUdjc2TXpcYSMgNco2s/s72-c/Screenshot_1.png
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/05/seo-blogger-86-begini-cara-page-one.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/05/seo-blogger-86-begini-cara-page-one.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content