Gampang, Cara Usir atau Basmi Tikus dan Curut dari Rumah dengan Mudah

Liputan Indonesia, - Tikus seperti koruptor, koruptor kayak tikus, itulah istilah orang yang serakah. Memang hewan yang sangat menjengkelkan jika berada di dalam rumah. Karena hewan pengerat ini suka merusak, memakan, dan mengotori seisi rumah. Tidak hanya memakan makanan yang tergeletak di meja saja. Bahkan di beberapa kasus, tikus sering makan kabel, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.
Untuk itu, rumah harus selalu bersih. Karena tikus selalu senang dengan tempat yang kotor, gelap, dan tersembunyi. Ada banyak cara mengusir tikus yang berdiam di dalam rumah. Pengusiran tikus sebaiknya dilakukan cepat saat Anda menyadari ada tikus di rumah. Karena jika dibiarkan, tikus akan bertambah banyak. Tikus dikenal dengan perkembangbiakannya yang cepat. Sehingga harus cepat ditangani. Kalau bisa langsung mengusir atau menangkap indukannya yang paling besar. Dengan begitu, dapat mencegah perkembangbiakan hewan menjengkelkan tersebut.
Nah, kali ini ini kami akan berbagi tips bagaimana cara mengusir tikus dan curut dari rumah secara aman dan ampuh.

Cara mengusir tikus secara aman dan ampuh


Ada berbagai cara mengusir tikus. Yang pertama dengan metode cuka, kulit telur, kantung teh, daun sirsak, kapur barus, buah mengkudu, lada hitam, dan kopi.
Banyaknya cara mengusir tikus tersebut tidak akan kita bahas satu per satu namun hanya yang paling ampuh saja, seperti dengan metode kulit telur atau cuka. Dua metode tersebut dianggap sebagai cara alami mengusir tikus yang ampuh.
ilustrasi tikus
ilustrasi tikus ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Gallinago_media
Sayangnya, tikus tidak bersembunyi di satu tempat saja. Terkadang yang paling banyak ditemui adalah tikus yang sering bersembunyi di atas plafon. Ini yang susah. Banyak orang yang cenderung membiarkan hal itu karena dianggap tidak akan dapat turun ke bawah. Salah. Mereka memiliki kemampuan yang baik dalam hal memanjat. Sehingga meskipun berada di plafon pun harus diusir. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Bagaimana cara mengusir tikus dari plafon rumah


Cara mengusir tikus dari plafon rumah sebenarnya cukup mudah. Yang harus Anda persiapkan hal-hal yang tidak disukai oleh tikus. Salah satu yang dibenci tikus adalah lingkungan yang bersih dan harum. Untuk itu, Anda terlebih dahulu harus membersihkan plafon. Tidak perlu sampai bersih sekali, setidaknya tidak ada sampah di sana.
Kemudian tebarkan kapur barus yang memiliki aroma menyengat. Tikus tidak akan menyukai aroma wangi, sehingga mereka akan cenderung menghindari daerah yang diberi kapur barus. Usahakan Anda menyebar kapur barus dan daun sirsak yang juga dibenci oleh hewan pengerat itu. Sisakan satu spot dan jangan diberi kapur barus atau daun mengkunu. Anda dapat meletakkan di spot khusus itu sebuah racun tikus yang berbentuk batangan. Potong kecil-kecil sesuai dengan kapasitas tikus.
Racun tersebut telak diracik untuk disukai tikus dari segi aroma. Sehingga ketika tikus bingung mencari tempat karena sudah dipenuhi dengan kapur barus, maka dia akan menghampiri spot tadi untuk berdiam. Di tambah lagi di spot tersebut ada racun mirip cokelat yang secara aroma disukai tikus. Racun tesebut jika dimakan akan segera bereaksi dengan cara membuat tikus haus. Kemudian tikus akan berusaha mencari sumber air untuk minum. Nah, saat minum itulah, racun bekerja usai terkena air.
Tikus yang telah terkena racun akan mati di dekat sumber air, sehingga tidak membusuk di atas plafon.

Cara mengusir tikus dengan kulit telur


Selain menggunakan racun tikus, Anda dapat mengusir tikus dengan kulit telur. Caranya adalah dengan menyisihkan kulit telur sebanyak-banyaknya. Haluskan semua kulit telur hingga menjadi seperti bubuk. Bubuk ini akan dapat membunuh tikus saat terkena. Tikus akan langsung menggeliat, bergerak random beberapa saat, berputar dan berbalik, hingga akhirnya mati.
Anda dapat menabur bubuk kulit telur ini di tempat yang sering dilewati tikus. Kulit telur ternyata memiliki lapisan kapur yang menyusun 9 - 12 persen dari berat telur secara total. Ada kandungan 94 persen kalsium karbonat, 1 persen magnesiu, karbonat, 1 persen kalsium fosfat, dan 4 persen bahan organik terutama protein.

Cara mengusir tikus dengan cuka


Cara mengusir tikus dengan cuka dianggap sebagai metode yang cukup ampuh. Jika Anda belum pernah menggunakan metode cara mengusir tikus dengan cuka, kami akan membantu melakukannya.
Hal yang perlu disiapkan adalah sarung tangan plastik, kapas bola, cuka, dan mangkuk.
Langkah pertama, periksa sudut rumah anda, temukan semua hal yang dapat mengundang tikus masuk ke dalam rumah seperti remah sisa makanan yang terjatuh, bekas air sirup yang tumpah dan belum sempurna dibersihkan. Cari di setiap sudut dan celah ruangan yang ada di rumah anda terutama dibagian dapur. Setelah ketemu semua, bersihkan daerah tersebut menggunakan cuka setelah itu bersihkan menggunakan air bersih.
ilustrasi tikus raksasa
ilustrasi tikus raksasa ©digitaljournal.com

Langkah kedua, ambil bola kapas lalu siramkan sedikit air cuka, jangan lupa menggunakan sarung tangan plastik saat melakukan metode ini. Ketiga, setelah selesai melumuri banyak bola kapas dengan air cuka, kemudian taruh 1 bola kapas di setiap area yang dicurigai sebagai jalur keluar masuk tikus didalam rumah anda. Jangan sampai ada sedikit pun yang terlewat, lubang terkecil sekalipun bila dicurigai sebagai jalur keluar masuknya tikus.
Selanjutnya, lakukan pengontrolan secara rutin terhadap bola kapas yang sudah dilumuri air cuka dan sudah disimpan disebarkan ke berbagai sudut. Bila anda temukan terdapat bola kapas yang sudah kering dan sudah tidak ada bau cuka lagi, maka langsung buang saja bola kapas tersebut. Ganti dengan bola kapas yang baru. Jangan lupa lumuri dengan air cuka terlebih dahulu.
Langkah kelima dari cara ampuh mengusir tikus dengan cuka lebih ke pengontrolan keadaan setelah memasang bola kapas sebelumnya. Apakah ada perubahan setelah semua sudut disimpan bola kapas yang telah dilumuri air cuka? Syukur bila setelah itu tidak ada seekor tikus pun yang terlihat berkeliaran dan mengganggu anda. Itu tandanya metode cara mengusir tikus yang anda lakukan berhasil. Tetapi bila anda masih melihat tikus berkeliaran, maka periksa kembali bola kapasnya. Bisa jadi ada bola kapas yang sudah kering dan sudah tidak berbau cuka yang lupa anda ganti. Atau bisa juga ada sudut atau lubang yang terlewat. Periksa ulang seluruh sudut rumah anda.

Cara alami mengusir tikus di mobil


cara alami mengusir tikus di mobil sebenarnya sama dengan cara mengusir tikus di rumah. Pada dasarnya tikus benci dengan aroma yang menyengat atau wangi-wangian. Anda bisa memasang kapur barus atau pewangi di mesin mobil. Hal ini beralasan karena tikus enggan dengan wangi-wangian. Selain itu, jangan lupa bersihkan mobil serta kolong spakbor agar tikus enggan bersarang.
Anda juga bisa menggunakan pewangi pakaian yang sudah terbungkus sejenis kertas tipis. Harganya cukup murah dan efektif menghilangkan bau tak sedap. Pewangi ini disebutkan akan membuat tikus malas mendekat.
Agar efisien, letakkan pewangi ini di bagian-bagian elektrikal dan kolong ruang mesin. Dijamin, tikus ogah mampir.

Sumber: merdeka.com

Media Liputan Indonesia

DIATUR OLEH UNDANG - UNDANG PERS
No. 40 Thn. 1999 Tentang Pers


HAK JAWAB- HAK KOREKSI-HAK TOLAK


Kirim via:

WhatsApps / SMS:
08170226556 / 08123636556
Email Redaksi:
NewsLiputanIndonesia@gmail.com

PT. LINDO SAHABAT MANDIRI
Tunduk & Patuh Pada UU PERS.



Komentar


Berita lainnya:




toko online zeirshopee

#LIPUTAN_TERKAIT$type=carousel

Nama

#Berita Viral,7,#BeritaViral,578,#MafiaTanah,10,#Mudik2023,19,#Mudik2024,2,#Pemilu2024,51,#UMKM,1,Advertorial,419,antisipasi,7,Apel,1,bahan pangan,1,BAIS,5,Bakti sosial,14,Banjir,1,Banjir susulan,1,bansos,5,bantuan,1,bencana,4,bencana Alam,3,berbagai,1,Berbagi,5,Beri Taliasih,1,Berita Terkin,1,Berita Terkini,868,Berita Utama,2925,Berita warga,1,Berita-Terkini,3782,BIN,11,bisnis,3,BNNK,16,BNNP,10,BPBD,1,BPN,4,BRI,1,Bukber,2,Capres 2024,28,Ciptakan,1,Covid-19,131,Curanmor,1,daera,1,daerah,1,Deklarasi,2,demonstrasi,2,Destinasi-Wisata,70,Dewan Pers,8,Dinkes,1,distribusi,1,egional,1,EkoBis,439,ekonomi,7,Ekonomi -bisnis,5,ekonomi bisnis,2,evakuasi,2,evaluasi,2,fasilitas,4,Galeri-foto-video,172,Gaya-Hidup,122,Hak Jawab,4,Hoax / Fakta,5,Hobby,75,HuKri,3,HuKrim,2190,hukum,34,hukum Polri,24,identitas,1,index,2,Info Haji,21,Inovasi,1,insiden,2,Internasional,381,Internet,93,islami,4,Jum'at Curhat,1,Kamtibmas,1,Kebijakan,2,Kemenkes,1,kenaikan pajak,1,Kesehatan,551,Kicau Mania,29,kontroversi,1,Korupsi,7,KPK,24,Kuliner,20,Kunjungan,1,Laporan Masyarakat,14,Laporan-Masyarakat,457,Lindo-TV,133,Liputan Haji Indonesia,7,Liputan-Investigasi,392,Lowongan Kerja,4,mahasiswa,1,masyarakat,1,Melek-Hukum,87,Melepas Limed,1,Miras,1,Nasional,1943,nasional hukum,1,nasional regional,1,Negara,1,Nobar,1,Nobar film,1,Olahraga,121,Online,1,operasi,3,operasi Semeru,1,Opini Rakyat,161,organisasi,2,Otomotif,12,patroli,3,peduli sosial,3,Pelayanan,1,Pemalsuan,1,Pemerinta,4,Pemerintah,1881,Pemerintah Regional,2,pemerintahan,1,Pemilu 2024,95,pencurian,1,Pendidikan,152,penduduk,1,penertiban PKL,1,Pengaduan,1,pengarahan,1,pengawalan,1,penghargaan,2,pengukuhan,1,penimbunan,1,penipuan,2,Peristiwa,704,PERS,31,Pilpres 2024,32,Politik,785,politisi,2,POLR,3,POLRI,2897,Polri Regional,3,Pungli,50,Ranmor,1,Regiona,3,Regiona l,1,Regional,6905,Regional Hukrim,4,regional Nasional,1,Regional pemerintah,5,Regional peristiwa,1,Relawan,2,Religi,328,santunan,1,Santuni Anak Yatim,2,Satgas,1,Satkamling,1,Sejarah,63,Selebritis,80,Seni-Budaya,101,senirgitas,1,sertifikat,1,ShowBiz,109,Sidokkes,1,Situasi Kondusif,1,sosial,6,Sukseskan Posyandu,1,Tauziah,2,Tebar kebaikan,1,Technology,145,Tips-Trick,122,TNI,806,TNI Al,4,TNI AU,2,TNI-Polri,50,tokoh agama,3,Tokoh masyarakat,6,UMKM,1,upacara,1,Wisata,1,wujud kepedulian,1,
ltr
item
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia: Gampang, Cara Usir atau Basmi Tikus dan Curut dari Rumah dengan Mudah
Gampang, Cara Usir atau Basmi Tikus dan Curut dari Rumah dengan Mudah
Liputan Indonesia, - Tikus seperti koruptor, koruptor kayak tikus, itulah istilah orang yang serakah. Memang hewan yang sangat menjengkelkan jika berada di dalam rumah. Karena hewan pengerat ini suka merusak, memakan, dan mengotori seisi rumah. Tidak hanya memakan makanan yang tergeletak di meja saja. Bahkan di beberapa kasus, tikus sering makan kabel, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj3t3TLY0RvfCCkzYv6wViDbJ7XSQ6xBnN_tFm_l2ShOOj3WbgQ_VjEb7J_1zeeSmKMO-oBwp2HHoXpm6lqVjz7RDeAxVttzVasGSh1D7UmXjYXMeJ0P0_e39K9vm3bY8nrPh-FbRgaXM/s320/cara-mengusir-tikus-dan-curut-dari-rumah-secara-aman-dan-ampuh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj3t3TLY0RvfCCkzYv6wViDbJ7XSQ6xBnN_tFm_l2ShOOj3WbgQ_VjEb7J_1zeeSmKMO-oBwp2HHoXpm6lqVjz7RDeAxVttzVasGSh1D7UmXjYXMeJ0P0_e39K9vm3bY8nrPh-FbRgaXM/s72-c/cara-mengusir-tikus-dan-curut-dari-rumah-secara-aman-dan-ampuh.jpg
Berita Utama, Informasi Terbaru, Kabar Terkini, Indonesia dan Dunia
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/04/gampang-cara-usir-atau-basmi-tikus-dan.html
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/
https://www.liputanindonesia.co.id/2020/04/gampang-cara-usir-atau-basmi-tikus-dan.html
true
2214155929705458232
UTF-8
Buka semua Berita BERITA TIDAK ADA BUKA SEMUA BACA JUGA BALAS Cancel saja HAPUS Penulis NEWS HALAMAN ARTIKEL BUKA SEMUA Penting Dibaca.. BERITA UTAMA Arsip CARI SEMUA BERITA YANG KAMU CARI TIDAK ADA BRO.. Kembali saja.. Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content