Yousri Nur Raja Agam sepakat Lahirkan PWI Surabaya | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Yousri Nur Raja Agam sepakat Lahirkan PWI Surabaya

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Surabaya – Insan Pers Surabaya gelar rapat untuk mendirikan PWI Surabaya, dari berbagai media yang ada di kota pahlawan ini. Bahkan Yousri Nur Raja Agam, Dewan Pakar PWI Jatim, 15/12, Sabtu Sore, menghadiri rembug santai yang membahas rencana pembentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Yousri yang juga Wartawan Koran DOR, Pos Surabaya dan Pemprov Jatim itu juga sempat membedah Sejarah Berdirinya PWI di Indonesia. Pertemuan insan Pers Surabaya itu di lakukan Sabtu Sore, (15/12/18), di d’Bongkoel Jalan Raya Darmo 116, Surabaya.

Yousri juga menjelaskan, jika pendirian PWI di tingkat cabang atau di bawahnya hanya bisa dilakukan oleh insan pers yang sudah menjadi anggota PWI. Hal itu mengacu pada peraturan anggaran dasar (PAD) PRT Pasal 18.

“Sesuai dengan PAD PRT Pasal 19 ayat 2, bahwa pendirian PWI Cabang bisa dilakukan minimal oleh 5 orang anggota PWI dan tidak berdomisili di ibukota propinsi”, jelas Yousri pada insan pers yang hadir.

Namun demikian, sesuai dengan perkembangan, pertumbuhan media di era keterbukaan ini, memang harus ada terobosan yang dilakukan guna mengedukasi terutama insan pers.

                   

Kegigihan insan pers atau jurnalis kota Surabaya, membentuk wadah dalam naungan PWI Jatim layak diapresiasi dan menjadi percontohan bagi kota lainya, tambah Yousri.

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Sementara beberapa wartawan Surabaya yang hadir ada yang sempat mengatakan jika rencana pendirian PWI Surabaya, berniat membantu mengedukasi insan pers khususnya di Surabaya sekaligus meringankan, program kerja PWI Jatim.

Insan Pers Surabaya yang hadir saat itu, berharap pertemuan itu menjadi embrio terbentuknya wadah PWI Surabaya dan menjadi kepanjangan tangan dan partner PWI Jatim guna melakukan edukasi menyeluruh termasuk perlindungan profesi jurnalistik di wilayah hukum Kota Surabaya.

Dari catatan daftar hadir terlihat, satu halaman penuh membubuhkan nama, media dan nomor telepon tercatat di meja moderator pertemuan. Termasuk, juga ada sedikitnya ada 7 wartawan senior yang memiliki KTA PWI Jatim. Pertemuann pertemuan kali ke dua. Pertemuan pertama dilakukan di Hotel I&M jalan Arjuna, Surabaya.

Sebagai tambahan, saat ini Kepala Biro Jawa Timur Kantor Berita ANTARA, Akhmad Munir, adalah penjabat PWI Jawa Timur. Beliau terpilih sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur periode 2016-2021 dengan meraup 136 dari 150 suara dalam Konferensi PWI Jawa Timur, di Surabaya.

Saat itu, sidang pemilihan dipimpin fungsionaris PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim dan Machmud Suhermo. Dalam pemilihan itu Munir menyisihkan calon lain Eko Widodo dari media Arek TV Surabaya yang meraup 10 suara.

Dalam pengukuhannya, Mardiono selaku Ketua PWI Pusat dalam sambutan meminta agar ketua terpilih merangkul semua elemen media yang ada di Jatim, sehingga bisa menjadikan pekerja media yang lebih profesional.

Saat itu, Mardiono juga mengatakan, “Pers jangan merasa kuat sendirian tanpa organisasi, karena organisasi adalah tempat bernaung media, baik itu PWI, AJI atau IJTI, silakan industri pers untuk bergabung.” jelasnya.

Yousri menambahkan, ” Kami hanya menjembatani rekan-rekan wartawan yang muda, jangan sampai usulan positif ini tidak terealisasi. Justru dengan adanya wacana mendirikan PWI Surabaya dibawah naungan PWI Jatim, akan membuat kinerjanya lebih mudah, sudah saatnya regenerasi kebawah. Kita dukung 100% Wacana dirikan PWI Surabaya ini,” tutupnya. (red)

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close