Wisata Taman Ekspresi akan jadi Icon Surabaya

Dibaca: 179 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia
Taman Ekspresi jadi Icon Surabaya
LiputanIndonesia.co.id, Surabaya — Berada di kota Surabaya tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi salah satu taman kota yang ada di berbagai sudut kota yang memiliki motto “green and clean” ini. Sebut saja Taman Bungkul, taman yang paling ramai dikunjungi warga Surabaya ini bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai taman terbaik se Asia versi release PBB.

Namun, Taman Bungkul bukan satu-satunya taman yang asyik untuk dikunjungi baik warga Surabaya maupun siapa saja yang sedang berada di Surabaya. Sebut saja Taman Ekspresi, taman yang di resmikan oleh walikota Surabaya pada tanggal 07 Mei 2011 ini memiliki pemandangan yang cukup asri dengan pohon-pohon besar berada di beberapa titik.

Berlokasi di jalan Genteng Kali dan berada tepat di seberang kompleks Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menjadikan akses ke Taman Ekspresi sangat mudah. Penataan taman yang apik akan membuat siapa saja yang berkunjung ke Taman Ekspresi betah. Banyak diantara pengunjung yang menjadikan Taman Ekspresi sebagai wahana wisata keluarga maupun sekedar untuk melepas lelah.

Terdapat sebuah fasilitas perpustakaan yang dijaga oleh petugas teknisi dari Badan Arsip dan Perpustakaan Pemkot Surabaya. Salah satunya adalah Tyas Dian Eka yang saya temui. Tyas sudah bertugas sebagai petugas teknisi perspustakaan tersebut selama 2,5 tahun. Gadis berusia 22 tahun ini menuturkan bahwa sering diadakan berbagai acara seperti bedah buku di perpustakaan Taman Ekspresi. 

Selain menyediakan buku bacaan berjumlah hingga 1562 buah buku, perpustakaan tersebut juga dilengkapi fasilitas WiFi untuk pengunjung yang gemar bertelusur di dunia maya. “Taman ini biasanya ramai pengunjung di akhir pekan mas” tutur Tyas. “Para pengunjung biasanya terdiri dari Mahasiswa, Pelajar dan umum dengan prosentase masing-masing sebesar 20%, 30%, dan 50%” tambahnya lagi.

Baca juga:  Tri Rismaharini Resmikan Sekolah SMP Negri 44 dan Puskesmas di Sidodadi

Ada beberapa sekolah yang memiliki jadwal kunjungan rutin ke taman ini, diantaranya dari SD Aisyah Peneleh, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, dan SMK Rajasa yang letaknya tak jauh dari lokasi Taman Ekspresi. Seperti yang saya lihat saat itu, ada beberapa pelajar dari SMP 37 Surabaya yang sedang berkunjung ke Taman Ekspresi.

Tujuan mereka kesini adalah untuk tugas membuat video drama dari guru Bahasa Inggris mereka.Menurut Tyas, tidak sedikit pengunjung yang datang ke Taman Ekspresi hanya sekedar memanfaatkan toilet taman yang terkenal bersih ini. Tak jarang hal ini membuat Pak Gatot sang Koordonator taman kesal, lantaran dia sendirilah yang sering membersihkan toilet tersebut. “Pak Gatot sendiri yang sering ngosek (menyikat) toiletnya sampai bersih” kata petugas berkerudung ini. (Fritz Vila).

ca-pub-2508178839453084