Strategi Hadapi DI, Menlu Kerry galang dukungan ke Dunia Arab

Dibaca: 1109 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia
John Kerry berupaya mendapatkan dukungan dari negara-negara Arab.
Dunia, LiputanIndonesia.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry berada di Jeddah, Arab Saudi, untuk bertemu dengan para pemimpin di negara-negara Arab, guna menggalang dukungan dalam menghadapi Daulah Islamiyah atau ISIS. Sebelumnya Presiden Barack Obama menegaskan bahwa Amerika akan memimpin koalisi menumpas Daulah Islamiyah, yang menguasai wilayah yang cukup luas di Irak dan Suriah.

Ia mengatakan kelompok-kelompok yang mengancam Amerika “tidak akan bisa bersembunyi” dari kejaran Amerika.
Presiden Obama untuk pertama kalinya menyetujui serangan udara Amerika terhadap Daulah Islamiyah -yang sebelumnya dikenal dengan sebutan ISIS- di Suriah.
Serangan udara terhadap Daulah Islamiyah sudah dilakukan di dalam wilayah Irak sebanyak tak kurang dari 150 kali.

Seorang pejabat Amerika mengatakan agenda pembicaraan Menlu Kerry di Jeddah mencakup kerja sama militer untuk membantu serangan udara Amerika.
Di masa lalu pemerintah berhaluan Sunni di Timur Tengah enggan membantu operasi menumpas kelompok militan Sunni dengan asumsi bantuan ini hanya akan menguntungkan kelompok-kelompok Syiah.
Namun ekspansi Daulah Islamiyah sekarang telah membuat pemerintah-pemerintah Sunni ini khawatir, kata pejabat Amerika. [bbc]

Baca juga:  Andy Budiman Kader PSI ' Diancam ' Goenawan Muhammad
ca-pub-2508178839453084