Sistem Pelayanan Online dapat Mempercepat Pelayanan Pertanahan

Dibaca: 148 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

LiputanIndonesia.co.id  Indramayu – Atas dasar intruksi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara Republik Indonesia (BPN-RI) melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPN-RI tentang pelayanan pendaftaran tanah secara online, kantor BPN sewilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) gelar pelatihan pelayanan tentang tata cara pendaftaran tanah secara online.

Kriteria yang diberikan dalam pelatihan pelayanan online yakni pengecekan sertifikat, roya dan hak  tanggungan yang mana di ikuti oleh 180 Karyawan PPAT notaris dan para operator BPN sewilayah Ciayumajakuning, pada selasa 19 Mei 2015 di Hotel Zamrud Jalan Wahidin Sudiro Husodo Cirebon.

BPN kab. Indramayu dalam pelatihan tersebut mengirimkan delapan Personil BPN, yaitu petugas operator, loket, pengolah data dan 40 petugas PPAT didampingi oleh H.Suparjo, SH. sebagai Kasubsi Peralihan Hak Pembebanan dan PPAT.

Kepala BPN kab. Indramayu Ir. Hehen Suhendar melalui kepala seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Drs. AA Ocin mengatakan, cara kerja sistem online ini merupakan suatu terobosan sebagai upaya memudahkan dan mempercepat pelayanan pertanahan kepada masyarakat khususnya PPAT, “PPAT adalah mitra yang harus tahu tentang program ini, makanya kami sosialisasikan dan beri pelatihan kepada mereka,”tuturnya.

Di jelaskannya, pemohon melalui PPAT, dengan adanya pelayanan online ini,  pemohon bisa mengentri berkas berikut persyaratan secara online, setelah dientri melalui online petugas PPAT baru bisa datang ke kantor BPN dengan membawa berkas fisik permohonan yang kemudian akan divalidasi oleh petugas online BPN. “Dengan demikian pelayanan bisa lebih cepat diselesaikan karena pelaksanaan entri data sudah dilakukan oleh PPAT, Dibandingkan dengan pelayanan manual,”katanya.      (Eka)

Baca juga:  Pasar Atom Surabaya Terjadi Kebakaran Dahsyat
ca-pub-2508178839453084