Sidak RSUD Sampang, Bupati: Pelayanan macam apa ini, ruang tunggu saja pengap

Dibaca: 12023 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

SAMPANG, – Telah bertahun tahun masyarakat keluhkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mohammad Zyn Sampang mendorong H Slamet Junaidi yang baru genap satu pekan dilantik sebagai Bupati Sampang untuk melakukan sidak.

Fokus utama kunjungan mendadak Bupati adalah pelayanan dan fasilitas yang tersedia bagi pasien maupun keluarga pasien yang ada di rumah sakit milik Pemda tersebut.

Pantauan, kedatangan bupati yang langsung menyusuri koridor RSUD untuk melihat situasi, lingkungan, kebersihan, serta kondisi secara keseluruhan itu membuat tak banyak pihak managemen RSUD yang mengetahuinya.

Dalam Sidak itu, bupati menegur Keras Direktur RSUD, dr Titin Hamidah, pasalnya bupati menemukan sejumlah kelemahan seperti yang selama ini dikeluhkan masyarakat, yakni soal kebersihan yang masih buruk dan pelayanan kepada pasien yang tidak maksimal.

“Kalau ada pasien yang keadaannya sedang butuh pertolongan segera ditangani, urusan kesehatan pasien harus segera diselesaikan. Pantas saja masyarakat mengeluh,” tegurnya, Kamis (07/02/19).

Usai berdialog dengan pasien diruangan kelas III, orang nomor satu di Kota Bahari itu kemudian meninjau ruang tunggu. Ketika melihat padatnya mereka yang mengantre, mengeluhkan tidak adanya fasilitas pendingin ruangan.

“Coba beli ayam taruh diatas biar sayapnya bisa buat ganti kipas angin. Masak di ruangan dokternya AC dan di ruang tunggu pasien kipas pun tidak ada,” sindir bupati.

Bupati pun meminta Direktur RSUD segera melakukan evaluasi terhadap sejumlah kekurangan yang ia temukan dalam sidak. Ia juga menginginkan tidak ada beda perlakuan kepada pasien.

“Saya hanya ingin pelayanan yang baik kepada seluruh masyarakat, semua harus diperlakukan sama. Saya ingin pelayanan yang prima, kalau tetap seperti ini akan saya sikapi, RSUD Sampang sekarang saya pantau, jangan sampai ngawur dalam melayani warga, kasihan mereka, ” tegas Bupati.

Baca juga:  Residivis Curas Taxi, Di Tangkap Polsek Gabungan Wilayah Hukum Polres Bangkalan

Intinya, kata Bupati managemen RSUD harus mendengar keluhanan dari masyarakat dan mau melakukan perbaikan atas kritik yang disampaikan serta wajib meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Temuan hari ini harus ditindak lanjuti, saya ingin perubahan yang sebenarnya, sesuai slogan saya, itu yang dituntut masyarakat, saya dipilih oleh masyarakat, maka saya bertanggungjawab kepada mereka,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Senin 4 Februari lalu, Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat juga melakukan sidak ke RSUD. Hasilnya, wabup menemukan antrian panjang di loket pendaftaran dan loket apotek. Saat itu, wabup meminta kepada pihak RSUD segera memperbaiki pelayanan yang dimaksud. (On1/Red)