SatReskrim Polrestabes Surabaya Ungkap Penggelapan 20 Mobil Rental | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

SatReskrim Polrestabes Surabaya Ungkap Penggelapan 20 Mobil Rental

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Surabaya, Liputan Indonesia — Tim Unit Harda (Harta Benda) SatReskrim Polrestabes Surabaya, berhasil mengungkap pelaku penggelapan sebanyak 20 unit dengan tipe mobil rental yang berbeda-beda.

Tersangka, Rendra (31) yang merupakan warga Jambangan dan Helmi (30) juga merupakan warga Kemayoran ini telah dijadikan Tersangka. Surabaya, (3/11/2016).

AKBP Shinto Silitonga Selaku Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, berdasarkan 5 pengusaha rental melaporkan beberapa unit mobilnya digelapkan seseorang dengan modus pinjam ataupun menyewa mobil.

” Ketika batas waktu sewa telah selesai,  ternyata mobil rental milik pengusaha tidak dikembalikan, pemilik pun mulai curiga saat tidak adanya konfirmasi kembali unit mobil sewanya tersebut. “, Ungkap Shinto.

Dari informasi laporan pengusaha ini, penyidik bergerak cepat mengamankan 1 tersangka bernama Rendra, berapa unit mobil yang memang sudah pernah disewanya. berawal dari pengembangan penyidikan langsung melakukan pengejaran terhadap mobil-mobil itu, dalam waktu singkat polisi polrestabes berhasil menggelandangnya.

AKBP Shinto Silitonga menambahkan, dari pengembangan informasi penyidikan anggota langsung melakukakan penangkapan pada pelaku kawanannya, yaitu satu tersangka lainnya atas nama Habi alias Helmi (30).

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

” Ternyata, mereka ini dulunya masih berada dalam satu kampung bertetangga cukup lama yang bersama melakukan kejahatan ini. Mobil rental yang sudah diperoleh oleh Rendra kemudian diteruskan melalui perantara Helmi untuk bisa dilepaskan ke berbagai penadah ,” Imbuh Shinto.

Polrestabes tetapkan Daftar Pencarian Orang (DPO), satu tersangka lainnya sedang dalam pengejaran, yaitu peran yang sama dengan Helmi yaitu perantara terhadap mobil-mobil yang berhasil digelapkan dari pengusaha rental. Melalui perantara, penyidik sampai saat ini akan mendalami kasus ini dan menyelidiki pernah digadaikan ke mana saja.

” Kemudian, penadahnya dan mobil yang berhasil ditarik tidak hanya berasal dari Surabaya, juga berasal dari luar kota terutama kota lain, seperti Sidoarjo Madura juga dari Gresik serta Pasuruan “, Imbuh Shinto.

Harga mobil yang digadaikan tergantung pada jenis tipe dan tahun untuk mobil rata-rata Xenia Avanza 2014 dan 2015 seharga 30 juta tetapi sedangkan untuk Innova bisa berkisar antara 40 sampai 50 juta rupiah, dan tahun mobil 2010 kebawah mungkin hanya dihargai 10 sampai 15 juta rupiah mobil ini oleh pelaku penyewa baik harian maupun bisa bulanan dengan harga kompetitif 8 sampai 9 juta, fantastis ternyata harga tersebut.

Atas perbuatannya para tersangka ini disangkakan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 4 tahun. (-red/ishak-)

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close