Satreskrim Polres Sidoarjo Ungkap Jaringan Pemalsu Pita Cukai Rokok | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Satreskrim Polres Sidoarjo Ungkap Jaringan Pemalsu Pita Cukai Rokok

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Sidoarjo, Liputan Indonesia – Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil meringkus seorang pelaku pengusaha rokok ilegal yang berpita cukai bekas atau palsu. Tersangka yang berinisial IA (27) warga desa kedung banteng, tanggulangin, Sidoarjo. Modus pelaku dengan cara, rokok dilekati pita cukai bekas dan dipalsukan lalu dijual. Jum’at, (27/1/17).

Pelaku memproduksi rokok jenis kretek dan filter, dengan Merk Rasta, Milder proses memproduksi pelintinganya menggunakan jasa orang lain dengan Biaya pengemasn perbal Rp.72 000.

Kasat Reskrim Kompol. Manang Sebaeti menjelaskan, ” Pelaku memiliki jaringan khusus untuk mengumpulkan cukai bekas. Yang diambil dari bungkus  rokok bekas, diperoleh dari pemulung. Kemudian oleh tersangka dibeli dengan harga 1 Bal nya 50rb, Berisi 200 cukai. ” Tutur Kasat Reskrim saat rilis pers Jumat 27/01.

Lanjut Kasat Reskrim, ” Barang bukti yang kita amankan berupa,15 karton rokok merk MX mild, 10 karton rokok merk Milder, 14 karton rokok merk Rasta, 6 buah mesin alat elemen lstrik , 1 buah sak berisi platik pmbungkus rokok, 18 buah ball pita cukai bekas, 1 buah keranjang berisi etiket rokok merk Milder, 1 buah kerdus berisi lidah rokok, 3 buah bendel kertas pembungkus perball rokok. ” Lanjut Kasat Reskrim.

Hasil produksi di jual ke Luar jawa dan Dari hasil penjualan Rokok tersebut pelaku mendapat keuntungan sekitar Rp.500.000 dari penjualan Rp.2.400.000 tiap karton nya, Menurut pengakuan tersangka saat di wawancarai, Pelaku sudah 4bulan menjalankan usaha Rokok ilegal yang berpita cukai rokok bekas.

Selain Barang bukti berupa hasil produksi dan Peralatan produksi pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa Uang tunai senilai Rp.45.443.000.

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Kerugian Negara belum bisa diketahui, Untuk proses selanjutnya pihak kepolisian akan melakukan koordinasi dengan pihak bea cukai untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. T ersangka di jerat dengan pasal 50 dan / pasal 55 / 58 UU RI thn 2007 tentang cukai.

Penulis: (Jun/sda)
Editor: (one)

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close