Ribuan Orang Berebut Gunungan Maulid Nabi di Yogya, Termasuk Bule Satu ini | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Ribuan Orang Berebut Gunungan Maulid Nabi di Yogya, Termasuk Bule Satu ini

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Yogyakarta, LiputanIndonesia.co.id – Tradisi Garebek Maulid Nabi Keraton Yogyakarta selalu disesaki oleh orang. Ribuan warga berdesakan untuk berebut gunungan yang di keluarkan oleh Keraton Yogyakarta di halaman Masjid Besar Kauman Yogyakarta, Kamis (24/12/2015).
Gunungan yang berisi buah-buahan, sayuran-sayuran ini menjadi rebutan warga karena diyakini bisa membawa berkah. Tetapi banyak juga warga yang hanya ikut-ikutan berebut dan tidak tahu apa artinya.
Demi bisa mendapat isi gunungan ini warga rela datang sejak pagi agar bisa berada di barisan paling depan. Sisa-sisa rebutan yang sudah jatuh di lantai pun tetap diambil oleh warga. Panas terik bahkan harus terinjak tak menyurutkan niat warga.
” Saya dapat 2 pisang, sama potongan bambu, kacang panjang. Untuk dibawa pulang disimpan supaya berkah,” kata salah seorang warga, Mujiyem (50) di halaman Masjid Besar Kauman Yogyakarta.
Sementara Iswadi (63), warga Sleman, rela mengambil sisa-sisa gunungan yang jatuh di tanah. Meski sudah dalam kondisi hancur, ia meyakini tetap berkah. Benda-benda yang didapatkannya ini akan disebar di halaman rumah, pekarangan atau ke tanaman. Harapannya mendapatkan berkah kesehatan dan rejeki lancar.
Tidak hanya warga lokal yang ikut berebut, bule yang sedang berlibur pun juga ikut nimbrung. Jack Pritton (22), bule asal Australia, mendapatkan potongan bambu. Bule yang pandai berbahasa Indonesia ini mengatakan, potongan bambu yang ia peroleh ini  akan ia bawa pulang ke Australia.
“Saya mau taruh di tembok rumah, untuk kenangan,” kata Jack. (detik)

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru
Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close