Respati Cobra Polrestabes Surabaya Amankan 3 Pelaku dan 107 Botol Miras

Dibaca: 1121 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Liputan Surabaya – Kasubnit Respati Polrestabes Surabaya Ipda Hedjen Oktianto, S.H., Pimpin Team Respati Cobra melakukan Patroli diwilayah hukumnya. Saat berkeliling, berhasil mengamankan 3 pemuda yang sedang mabuk di Jalan Ngagel Jaya (Kali sumo), pada hari Rabu, (12/06/2019), sekitar pukul 01.00 Wib.

Ketiga pelaku ini diketahui bernama  Arip Budiman (23 tahun) beralamat, Temayang Bojonegoro, dan Panut Santoso (22 tahun),  beralamat di Jalan Temayang Bojonegoro, dan Rohadi (49 tahun) tinggal di Jalan Pucangan Gang. 1 no 28 Surabaya, saat diamankan petugas tanpa perlawanan.

Menurut keterangan Kasubnit Respati Cobra Polrestabes Surabaya Ipda Hedjen Oktianto, S.H., menuturkan berawal dari Team Respati Cobra melakukan Patroli diwilayah hukum Polrestabes Surabaya, guna memastikan situasi aman terkendali.

” Sesampainya di Jalan Ngagel Jaya (Kali Sumo), petugas mendapati tiga pemuda yang sedang menggelar pesta miras, dengan sigap petugas berhasil mengamankan ketiga pemuda beserta barang bukti berupa, (satu) botol minuman keras anggur merah, ” sambungnya.

” Setelah dilakukan introgasi terhadap ketiganya, pelaku mengaku membeli minuman keras di toko disekitaran kali sumo ngagel Jaya (kali sumo) Surabaya, serta menerangkan nama penjualnya bernama, Sulaiman dan Nur, ” ucap Hedjen.

” Selanjutnya petugas membawa salah satu pelaku dari tiga pelaku ini ke rumah atau toko penjual minuman keras tersebut, dan didapati Sulaiman sedang duduk didepannya sayangnya petugas tidak menemukan Nur (DPO) dan minuman yang dicari, lalu petugas membawa Sulaiman untuk dilakukan penyisiran dimana biasanya dia mangkal melayani pembeli, ” terangnya.

Dari hasil penyisiran petugas di (Empat) lokasi yang berbeda, ” Petugas menemukan beberapa jenis miras yang ditaruh ditaman beserta dos dan kresek sebagai pembungkusnya dengan ditutupi triplek dan seng, ” ujar Hedjen ke awak Media Liputan Indonesia.

Baca juga:  PASAR TURI BARU (PTB) MANGKRAK, PEDAGANG MENGANCAM UNJUK RASA

” Berikut barang Bukti yang ikut diamankan petugas (107) botol Miras dengan rincian berupa, (32) boto Bir Bintang, (19) botol Guinnes Kecil, (18) botol Vodka jumbo, (9) botol Anggur Merah, (9) Botol Ice Land jumbo, (13) botol Mannsion jumbo, (6) Botol Paloma, dan (1) Botol Gilbeys, ” tegas Hedjen.

Menurut keterangan pelaku Sulaiman selaku penjual miras tersebut, ” Saya bersama Nur (DPO) masih ada hubungan darah yang tak lain Adik dan Kakak, dan kami sengaja menempatkan miras-miras ini, dengan memilih tempat ditaman-taman yang diyakini aman dari pantauan petugas, hanya cukup kami awasi dari kejauhan, dan apabila ada pembeli miras dengan merk atau jenis yang diinginkan setelah pembeli melakukan pembayaran, kami suruh pembelinya untuk mengambil sendiri ketempat yang kami tunjukkan barang/miras itu disimpan (berdasarkan pengelompokan jenis barang) dan sudah disediakan tas kresek warna hitam sebagai alat pembungkusnya, ” jelas Sulaiman.

” Para tersangka akan dikenai pasal Tindakan Pidana Ringan (Tipiring), karena menjual miras tanpa Surat Ijin Usaha Penjualan Minuman Beralkohol (Siup MB). Serta para tersangka dapat disangkakan sesuai Pasal sebagaimana yang dimaksud Pasal 492 KUHP mabuk di muka umum dan sesuai Perda kota surabaya No 1 tahun 2010 tentang perdagangan dan perindustrian, ” Pungkas Hedjen.(Kri/Pai).

ca-pub-2508178839453084