Proyek Saluran Tipe B Ikan Mungsing CV. KAMAYANGAN, Perlu Disidak Kejaksaan

Dibaca: 194 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

SURABAYA, LIPUTAN INDONESIA — Proyek pekerjaan saluran tipe B yang berada di jalan ikan Mungsing melalui sistem lelang telah dimenangkan Cv Kamayangan,  dengan anggaran APBD 2016 sebesar Rp 441.753.865,00. Sedangkan Pendanaannya diturunkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya. Kamis, (10/11/16).

Dengan adanya dugaan anggaran yang dipermainkan oleh kontraktor proyek saluran tipe B beralamat di Jalan Ikan Musing. Atas dasar laporan masyarakat  tim media Liputan Indonesia (Lindo) dan LSM Indonesia Social Control (ISC) ditemukannya penyimpangan dalam proses pengerjaannya.

System pelaksanaan u-gutter dilapangan,  sangat menyimpang dan tekniknya tidak sesuai prosedur pemasangan yang benar.

Dalam proses pelaksanaan masih terdapat genangan air saluran, sampah sisa batu galian dibiarkan, dipompa pun tidak maximal keluar salurannya, Pengerjaanya tidak sesuai petunjuk Bill Of Quality (BOQ), Rancangan Anggaran Bangunan (RAB). Sehingga, terlihat dilapangan, posisi pemasangan Box sambungan serta kemiringan saluran sulit untuk disesuaikan posisinya.

Tahap Proses Pemenang lelang berdasarkan nilai pagu sebesar Rp, 507.276.822,00 nampak terjadi penurunan drastis sebesar 66% dari angka nilai kontrak yang di tetapkan  Rp 441.753.865,00.

Selain itu, pelaksanaan dilapangan banyak proses pengerjaannya yang tidak ditaati oleh kontraktor terkesan Dinas PU di hiraukan bahkan kecolongan, serta  ditambah juga tidak ada papan nama proyek yang disitu tertera nilai kontrak, maupun adanya nomor pengaduan dan nampak menghilangkan anggaran.

Dalam Setiap kasus pengerjaan proyek, perlu disikapi dan di tindak lanjuti pengawasannya oleh pihak Kejaksaan Negeri Surabaya, Sehingga pelaksanaan teknis di lapangan bisa sesuai dengan BOQ dan RAB dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan. (lol)

Baca juga:  Kemah Aksi Bakti Kali untuk Bumi #1KaliKuning
ca-pub-2508178839453084