Presiden Jokowi Siap Bangun Seribu BLK di Ponpes 2019 Tahun Depan

0
Dibaca: 1106 Kali

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar silaturahmi dengan alim ulama dan santri se-Provinsi Lampung, dalam kunjungan kerjanya di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Darussalamah, Braja Dewa, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (23/11/2018).

Dalam acara Kunker itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, dan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

Pesantren merupakan model pendidikan khas Indonesia. Keberadaannya pun jauh lebih tua daripada usia Republik ini. Ratusan ribu anak muda yang menuntut ilmu di pesantren tentu berpotensi luar biasa jika diberdayakan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan kompeten.

Menyadari hal itu, Presiden Jokowi melontarkan gagasannya untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di pesantren. Selain sebagai bagian pembangunan SDM, pendirian BLK pesantren juga wujud kepedulian pemerintah terhadap keberadaan pesantren di Indonesia yang jumlahnya mencapai 29 ribu lebih.

Baca juga:  Sidang Kasus Piutang, Putusan Hakim PSSI Wajib Bayar Hutang ke La Nyalla

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak agar tetap optimis. “Jangan sampai pesimis, enggak boleh. Apalagi santri muda harus optimistis melihat Indonesia di tahun mendatang. Jangan sampai pesimis memandang negara ini. Tantangannya banyak, kompleks. (Negara) ini penduduknya 263 juta,” ujar Jokowi.

Merujuk suksesnya 175 BLK pesantren percontohan yang dibangun tahun 2016 dan 2018, Jokowi memutuskan untuk melanjutkan pembangunan BLK pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai tahap awal, pada 2019, akan dibangun seribu BLK pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kita merencanakan tahun depan akan kita bangun seribu balai latihan di pesantren. Saya akan coba seribu dulu”, paparnya.

Jika pembangunan seribu BLK terbukti bermanfaat, Presiden tak menutup kemungkinan akan menambah dalam jumlah lebih besar. Tak tanggung-tanggung, ia menyebut akan mendirikan hingga 20 ribu BLK pesantren.

Presiden menuturkan, setelah membangun infrastruktur, mulai tahun depan pemerintah akan juga berkonsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Secara lebih khusus, Presiden menyebutkan bahwa di ponpes akan dibangun balai latihan keterampilan atau kerja (BLK) untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para santri di berbagai bidang seperti komputer, garmen, desain, atau animasi.(red)

Baca juga:  Muscab ke-II PERADI Sidoarjo Akan Digelar 20 Januari 2018