Presiden Jokowi Angkat Bicara Terkait Rusuh Manokwari

Liputan Indonesia | Jakarta – Dengan adanya kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, pecah Senin (19/8/2019) pagi yang diawali dengan aksi unjuk rasa damai. Warga Manokwari akhirnya kalap dan melakukan pengerusakan dan pembakaran terhadap sejumlah fasilitas umum.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun angkat bicara. Ia meminta masyarakat Papua berbesar hati untuk memaafkan. Kendati, hal itu memang diakuinya sangat menyinggung hati dan perasawaan masyarakat Papua.

“Saudara-saudaraku, Pace (bapak) Mace (ibu), mama-mama di Papua, di Papua Barat, saya tahu ada ketersinggungan,” ujarnya di Istana Negara, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, emosi memang tak bisa ditahan. Akan tetapi, akan lebih baik untuk memaafkan.

“Sebagai saudara sebangsa setanah air, yang paling baik memaafkan. Emosi itu boleh, tapi memaafkan itu lebih baik,” lanjutnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu meminta masyarakat Papua mempercayakan hal ini kepada negara. Pemerintah, tekan dia, akan selalu menjaga kehormatan Papua sembari terus memperjuangkan kesejahteraan untuk semua masyarakat di Papua.

“Yakinlah, pemerintah menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pace Mace, mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat,” tegasnya.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut pihaknya hingga saat ini pihaknya masih berupaya mengendalikan situasi keamanan di Manokwari.

“Situasi kamtibmas masih terus diupayakan terus dikendalikan oleh aparat keamanan,” ucap Dedi saat dikonfirmasi, Senin (19/8).

Dalam upaya mengendalikan situasi, kata Dedi, pihaknya tengah berkomunikasi dengan tokoh masyarakat hingga mahasiswa yang terlibat dalam aksi tersebut.

“Terus dikomunikasikan dengan para tokoh, pemda dan mahasiswa,” kata Dedi.

Untuk diketahui, aksi demonstrasi itu disebut sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Baca juga:  Guru Besar UBHARA Telanjangi Polsek Bubutan Surabaya

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan.

Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Belum ada keterangan resmi dari pihak keamanan atau polisi atas terjadinya peristiwa tersebut. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, di berbagai media sosial. (red)

Berita Terkait

Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker