Penetapan Van Bone Sebagai Ketua DPRD Manado Lemahkan Partai Demokrat

Dibaca: 158 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia
Ketua DPRD Manado Yang Baru Bisa Lemahkan Demokrat
LiputanIndonesia.co.id, Manado –  Penetapan Van Bone Sebangai Ketua DPRD Manado Lemahkan Partai Demokrat yang berada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado. disebut kekurangan kader yang memiliki wibawa politik, yang membuat hasil penetapan Noortje Henny Van Bone sebagai Ketua DPRD melalui Rapat Paripurna Selasa (14/10) malam, dinilai bisa melemahkan Partai Demokrat sendiri.
Pasalnya, sebagai legislator baru, Van Bone dianggap belum memiliki bargaining power yang memadai.
“Dibandingkan Ketua (DPD)-nya pak Vecky Lumentut, ibu Van Bone belum memiliki bargaining power atau bargaining position yang kuat, tutur pengamat Politik dan Pemerintahan Sulawesi Utara Taufik Tumbelaka kepada kepada Beritaonline.co.id mengamati situasi politik pasca penetapan pimpinan dewan Kota Manado.
Padahal, menghadapi pemilihan walikota yang akan berlangsung pada tahun 2015 mendatang, dikatakannya, Partai Politik harus memiliki posisi tawar yang tinggi.
Selain itu, di dalam lembaga dewan yang akan dinakhodainya, Noortje Van Bone akan berhadapan dengan beberapa legislator ulung dari partai berbeda yang telah memiliki track record bagus dalam memainkan peran politiknya.
“Dia (Van Bone) berhadapan dengan ‘stok’ lama yang bertahan serta stok baru dan kita tahu cukup vokal seperti Hengky Kawalo, dan lain-lain. Ataupun ada ‘stok’ baru yang memiliki wibawa, yang cukup handal mainkan politik yakni Roy Maramis” lanjut jebolan FISIPOL Universitas Gajah Mada (UGM) ini.
Namun, Tumbelaka berharap, proses yang akan berjalan nantinya akan memberi banyak ruang bagi para wakil rakyat, terlebih Ketua Dewan yang baru ditetapkan untuk menjadi dewasa dalam berpolitik termasuk menjaga amanat rakyat.
“Ada kalimat bijak untuk mereka yang sudah terpilih sekarang. Jadi, tunjukkan bahwa anda layak dipilih sebagai wakil rakyat. Dan Ibu Van Bone, tunjukkan bahwa anda layak jadi Ketua Dewan,” ujar dia.
Noortje Henny Van Bone, legislator Partai Demokrat ini akhirnya ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Manado dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Toar Lumimuut Kantor walikota manado. (Kifli Abidjulu)
Baca juga:  Diduga Hakim PN Surabaya Masuk Angin, Polsek Bubutan Menang
ca-pub-2508178839453084