Pendiri Facebook Mark Zuckerberg blusukan ke kampung di yogyakarta

Dibaca: 160 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg berfoto bersama Antonius Sasongko, perintis Kampung Cyber RT 36 RW 9 Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatan Panembahan Keraton Yogyakarta. FOTO: Antonius Sasongko.

LiputanIndonesia.co.id, Yogya — Modalnya, hanya komputer-komputer desktop dan jaringan dengan spesifikasi standar. “Saat tahun 2008 kan hanya kelas tertentu yang bisa akses Facebook, jadi dia kaget, orang di kampung kecil seperti ini sudah familiar dan memanfaatkan Facebook,” kata Sasongko yang kesehariannya bekerja sebagai pekerja seni grafis di Yogya itu.

Zuckerberg pun sempat diajak untuk menjajal langsung akun Facebook dengan komputer sederhana yang ada di pos ronda kecil kampung itu. Ia tak canggung meski pos ronda itu masih kotor, penuh kardus dan bekas bungkus makanan sisa ronda warga.

“Orangnya sangat santai, cuek, tapi sangat serius saat bicara, kami yang grogi jadinya,” kata pria bertubuh gempal itu tertawa lebar.

Pengawal Zuckerberg pun sempat melarang warga kampung menggunakan gadget atau berfoto agar keberadaannya tetap ‘aman’.

Ketua RT 36 RW 9 Kampung Taman Heru Setiawan menuturkan, kampung Cyber Taman merupakan kampung pertama di Yogya yang mengaplikasikan teknologi informasi dan jejaring sosial untuk membantu kegiatan kampung. “Facebook membuat seluruh agenda kegiatan kampung lebih efektif disampaikan, sambil bermain-main dan belajar, serta mempromosikan juga internet.org” kata dia. (tempo)

Baca juga:  Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Diganti Kapolres Poso
ca-pub-2508178839453084