Pendaftaran Pasien Online, Rumah Sakit Khusus Pemerintahan di Jawa Timur

Dibaca: 1111 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia
Pendaftaran Pasien Online Pemerintahan Kota Surabaya
E-Health, Layanan Kesehatan Ramah Masyarakat di Jawa Timur

Lindo, ( Liputan Indonesia ) – Ada yang tampak berbeda dari stan pameran milik Pemerintah Kota Surabaya di Parkir Timur Gelora Delta Sidoarjo pada 14-16 Juni 2015 lalu ini. Di pameran yang diikuti oleh 255 stan dari berbagai intansi pemerintah, kementerian dan lembaga pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Indonesia ini Pemkot Surabaya mengenalkan beberapa inovasi terbaru di bidang layanan kemasyarakatan.

Dan salah satunya yang mencuri perhatian adalah E-Health, inovasi berupa sistem informasi kesehatan terintegrasi yang dibagun dan dikembangkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Inovasi berupa aplikasi yang akrab dengan teknologi ini memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Surabaya untuk menjalani layanan kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Saat menggunakan aplikasi E-Health, masyarakat Kota Surabaya bisa mendaftar dan mendapatkan nomor antrian secara online dari mana saja melalui perangkat teknologi yang mereka miliki. Layanan ini pun berlaku bagi pasien lama maupun pasien baru di seluruh fasilitas kesehatan puskesmas dan rumah sakit milik Pemerintah Kota Surabaya. Pasien pun bisa memprediksi jam kedatangan yang disesuaikan dengan nomor antrian.

Dan keuntungan lainnya, pasien bisa memperkirakan waktu kedatangan di fasilitas kesehatan. Sehingga kini masyarakat Kota Surabaya tidak perlu lagi antri panjang yang kerap terjadi di puskesmas maupun rumah sakit. Dan sejak pasien menginput data ke dalam E-Health, keluhan pasien sudah terdeteksi.

Sistem informasi dan layanan kesehtan, E-Health ini sudah berjalan di puluhan puskesmas dan rumah sakit di Kota Surabaya Untuk Sistem Informasi Manajemen Puskesmas sudah mencakup 62 puskesmas, sedangkan untuk Sistem Informasi Rumah Sakit sudah berjalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Mohammad Soewandhie dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada.

Data dalam E-Health terintegrasi dengan data kependudukan Kota Surabaya dan juga menggunakan perangkat penghubung internet berupa Radio Frequency Identity (RFID) read di 10 Puskesmas percontohon, mencakup Puskesmas Dupak, Puskesmas Jagir, Puskesmas Kalirungkut, Puskesmas Ketabnag, Puskes,as Kedurus, Puskesmas Pucangsewu, Puske,as Simoloyo dan Puskesmas Tanah kalikedinding. Sehingga pada sepuluh puskesmas percontohan ini sudah dapat dilakukan rujukan secara online ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hohammad Soewandi atau ke Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husda. Rujukan online ini memudahkan masyarakat karena tidak perlu lagi antri di loket rumah sakit ketika pasien harus dirujuk ke rumah sakit, tentunya dengan syarat pasien hadir sesuai jadwal yang tertera pada surat rujukan online puskesmas.

Baca juga:  Video Serunya " Millenial Road Safety Festival " di Suramadu yang Digelar Polda Jatim

Untuk melakukan pendaftaran secara online ini masyarakat dapat di megakses dari rumah dengan membuka alamat website www.ehealth.surabaya.go.id/daftar. Jika memang tidak ada sambungan internet di rumah, masyarakat bisa mendaftar online ke kelurahan ataupun lokasi yang memiliki jaringan internet terdekat.

Sarana lain yang bisa digunakan pasien untuk mengakses E-Health yaitu sarana kios layanan dan juga kecamatan. Dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) saat proses daftar online, masyarakat bisa memilih poli di rumah sakit atau puskesmas. Saat ini untuk mendaftar ada sekitar 180-an alat yang tersebar. Rencananya kedepan, Pemerintah Kota Surabaya akan menambah alat yang akan ditempatkan di RW-RW yang jumlah RW-nya mencapai 3000-an.

Yang menjadi keunikan dan bisa disebut ciri khas Jawa Timur dari aplikasi E-Health ini yaitu halaman website yang bisa diakses dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan juga Bahasa Madura.

Hadirnya bahasa daerah selain Bahasa Indonesia ini untuk mengakomodir dan memudahkan sebagian warga Surabaya yang lebih sering menggunakan bahasa daerah.

Aplikasi E-Health ada di dalam E-Kios. Ada juga aplikasi lain seperti E-Lampid yang menyediakan pendaftaran secara online untuk pengurusan akta kelahiran, pindah penduduk, maupun kematian. Sedangkan aplikasi yang terbaru yang ada di E-Kios yakni Pendaftaran Penerimaan Murid Baru (PPMB) online yang akan aktif dalam waktu dekat ini.

Selain itu Pemerintah Kota Surabya juga melahirkan inovasi Surabaya Single Window (SSW) yang menjadi inovasi unggulan di kota pahlawan ini. SSW merupakan sistim pelayanan perijinan online yang dilakukan oleh Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. Adanya SSW bertujuan untuk memangkas waktu pelayanan dan pengecekan data serta persyaratan secara lebih cermat. Melalui SSW, seluruh izin dapat langsung diproses secara bersamaan. Bagi warga Surabaya yang ingin mengurus perijinan secara online.

Baca juga:  Mantan Ketua Hipmi Di Putus Percobaan, PH Meradang Bakal Gugat Perdata

Manfaat E-Health
– Memudahkan pelayanan bagi pasien penduduk kota Surabaya dengan cukup membawa e-KTP
– Mempercepat system rujukan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan pasien berdasarkan resume medic pasien yang dirujuk
– Memudahkan akses pendaftaran pasien
– Menjaga kualitas data pasien dengan pelayanan terpadu berbasis NIK
– Mengurangi waktu di Puskesmas
– Mengurangi kewajiban entry data bagu petugas puskesmas.

ca-pub-2508178839453084