Pembubaran Demo Buruh Berlangsung Kondusif dan Aman

Dibaca: 160 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Ribuan buruh dari Jabodetabek, Bandung, Karawang, Cikarang dan Purwakarta longmarch menuju Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

JakartaLiputan Indonesia — Pihak Polda Metro Jaya menyatakan proses pembubaran aksi demo buruh di depan Istana Kepresidenan, Jakarta berjalan kondusif kendati sempat diwarnai dengan semprotan air ke arah massa.

“Sebanyak 10 kali ‘watercanon’ menyemprotkan air ke arah kendaraan ‘sound system’ massa aksi buruh namun situasi kondusif,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, Jumat (30/10) malam.

Iqbal mengatakan petugas kepolisian mengambil  tindakan pembubaran paksa buruh dengan cara menyemprotkan air karena aksi demo telah melebihi batas jam ketentuan hingga pukul 18.00 WIB.

Polisi sempat bernegosiasi dengan pimpinan organisasi buruh namun pendemo tidak meninggalkan lokasi sehingga petugas membubarkan pengunjuk rasa.

Sekitar pukul 19.00 WIB, petugas kepolisian membubarkan paksa ribuan buruh yang telah berunjuk rasa sejak Jumat pagi.

Ribuan buruh yang berada di sekitar kawasan Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat meninggalkan Istana Kepresidenan dengan pengawalan dari petugas kepolisian.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri sempat menerima perwakilan serikat pekerja/serikat buruh yang mengadakan unjuk rasa terkait Peraturan Pemerintah (PP) pomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Deputi Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo ikut menerima perwakilan buruh bersama Hanif Dhakiri.

“Kalau soal demo atau menyampaikan pendapat itu kan hak demokrasi dari rakyat yang tentunya harus kita hormati dan kita hargai. Tapi yang perlu kita sampaikan adalah kebijakan pengupahan itu merupakan kebijakan yang terbaik yang bisa kita ambil,” kata Menaker seusai menemui perwakilan buruh. (cnnind)

Baca juga:  Hindari Pungli, Satlantas Polres Sampang Gelar Uji Coba SIM Online
ca-pub-2508178839453084