Pelayanan Perekaman KTP-el Dispenduk Bone Lambat

Dibaca: 170 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Bone (Sulsel), Liputan Indonesia – Penerapan KTP Elektronik (KTP-el) sebagai amanat dari Undang-Undang dilaksanakan untuk menciptakan sistem administrasi kependudukan yang rapi dan teratur dalam rangka mempermudah pemberian pelayanan publik oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat, karena selain menunjukkan identitas jati diri, KTP el juga tidak dapat dipalsukan maupun digandakan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone, Andi Darmawan Pelori saat ditemui awak media liputan Indonesia di kantornya, (Rabu, 28 Desember 2016), mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi agar masyarakat wajib KTP segera melakukan perekaman untuk pembuatan KTP-el. 

Terkait dengan progres perekaman dan pembuatan KTP-el. di Kabupaten Bone sejak pertama diluncurkan, pihaknya mengakui bahwa perekaman dan pembuatan KTP-el sudah tergolong cepat, walaupun disadarinnya bahwa perbedaan volume penduduk wajib KTP yang signifikan, membuat perekaman KTP-el di Kabupaten Bone terkesan agak lamban dibanding dengan beberapa kabupaten lain di provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk Kabupaten Bone sendiri Jumlah Wajib KTP. kurang lebih 600.000., sementara beberapa kabupaten lainnya berada dikisaran 150.000 – 350.000”. Ujar Darmawan.

Menjawab pertanyaan wartawan Liputan Indonesia, sehubungan adanya keluhan masyarakat tentang dugaan adanya unsur kesengajaan dalam keterlambatan pembuatan KTP-el, Darmawan dengan tegas mengatakan, sampai saat ini kami belum menemukan adanya indikasi tersebut, namun sebagai bentuk antisipasi, kami membuka kran informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat kabupaten Bone, apabila menemukan adanya indikasi penyalahgunaan tugas dan wewenang oleh pegawai dilingkungan dinas kependudukan dan catatan sipil, kiranya dilaporkan dan kami akan tindak sesuai prosedur hukum yang berlaku.

“Apabila ditemukan adanya oknum pegawai yang nakal, segera laporkan, dan kami akan tindak”. Tambah Kadis. Dukcapil Andi Darmawan Pelori”.



Penulis:(andi)

Baca juga:  Warga Sulsel Jatim Diklaim Dukung Prabowo, BPP KKSS: Lukman Ladjoni Tak Beretika
ca-pub-2508178839453084