Pelatihan Basic Safety Training (BST) 30 nelayan Bekasi | Liputan Indonesia

Pelatihan Basic Safety Training (BST) 30 nelayan Bekasi

Advertisement

Liputan Bekasi – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. H. Agus Trihono, MP menghadiri kegiatan pembukaan Pelatihan Basic Safety Training (BST) untuk 30 nelayan Kab. Bekasi yang dilaksanakan oleh Bidang Perikanan Tangkap melalui Seksi Pemberdayaan Nelayan bertempat di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal.
Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 15 s/d 18 Oktober 2019.

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan nelayan Kab. Bekasi terlebih dalam bidang Basic Safety Training (BST). BST adalah Pelatihan dasar – dasar keselamatan untuk antisipasi akan adanya hal bahaya diatas kapal, Konvensi Internasional tentang Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut harus menjalani “program pengenalan” dan “pelatihan dasar keselamatan” yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi, serta tanggung jawab sosial. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa nelayan menyadari dan memahami akan bahaya bekerja di laut (kapal) dan dapat merespons dengan tepat dalam keadaan darurat. Kelak peserta akan memperoleh Surat Keterangan Kecakapan (SKK) sebagai bekal para peserta dalam rangka pemberdayaan masyarakat nelayan kapal layar motor di Kabupaten Bekasi.

Ir. H. Agus Trihono, MP yang membuka secara resmi pelatihan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dinas Perikanan dan Kelautan sangat mengapresiasi dan mendukung terlaksananya Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kelautan bagi para nelayan Kab. Bekasi, beliau berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberi hasil dan pengaruh positif bagi masyarakat nelayan Kabupaten Bekasi dimanapun berada. (red)

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close