Mulyadi Cahya: Kadin Kab. Indramayu Berpotensial Dalam Dunia Usaha


Liputanindonesia.co.id  Indramayu – Musyawarah Kabupaten Kamar Dagang dan Industri (Muskab Kadin) VI Indramayu berlangsung pada rabu 18/02/2015 kemarin di aula Hotel Handayani, bursa pemilihan calon ketua kadin Kab.Indramayu semakin menghangat. beberapa figur dari kalangan asosiasi jasa kontruksi sudah menyiapkan kadernya untuk maju dalam bursa calon ketua. Kedua figur yang masuk dalam bursa calon yang akan diusung adalah Maman Suparman yang merupakan petahana Ketua Kadin Indramayu dan Dedy Rahmatullah mantan Wakil Ketua kadin Jabar.

Kedua kandidat itu dianggap telah memenuhi syarat dan memiliki kemampuan untuk dapat membawa Kadin ke arah yang lebih baik, karena mereka memiliki latar belakang pendidikan dan berpengalaman dalam berorganisasi, terutama bidang dunia usaha.

Di sela-sela muskab Dedy mengatakan, Kadin adalah Organisasi yang sangat istimewa karena memiliki ART dalam bentuk Kepres No 17 tahun 2010, menurutnya hal ini sangat langka dimiliki oleh Organisasi lain, hanya ada dua Organisasi yang memiliki ART dalam bentuk Kepres tersebut, yakni Kadin dan Veteran. Kadin harus selaras dan maju bersama serta membantu kebijakan-kebijakan Pemerintah, Kadin Kab.Indramayu juga harus melakukan banyak pembenahan terutama terhadap para anggota, karena para anggota selalu berharap Kadin Kab.Indramayu dapat bermanfaat bagi anggota. tambahnya.

Sementara itu, Maman Suparman memberi keterangan jika dirinya terpilih menjadi Ketua Kadin, ia akan mengoptimalkan kepengurusan agar menjadi lebih solid daripada tahun-tahun sebelumnya sesuai dengan kemampuan masing-masing bidang. Lima tahun sebelumnya, Maman menganggap Kadin Kab.Indramayu mengalami kesulitan dalam bersinergi bersama pemerintah karena ada beberapa kendala yang harus dilalui dan di kedepannya mudah-mudahan kadin akan lebih maju.

Di tempat yang sama Mulyadi Cahya, Wakil Ketua Kadin Kab.Indramayu dan juga sebagai ketua Gapensi menganggap acara tersebut adalah acara rutin yang harus dilaksanakan oleh Kadin Kab.Indramayu, “karena keberadaannya sangat berpotensial sekali di dalam dunia usaha, para pengusaha yang tergabung dalam Kadin di Indramayu harus memiliki nalar yang kuat, Supaya Pelaksanaan Muskab Kadin berlangsung Demokratis dan Yang terpenting memiliki komitmen kuat untuk memajukan Kadin”, jelasnya.

Ketua Kadin ke depan harus mampu membawa Organisasi menjadi mandiri dan Profesional, Terbebas dari aspek kepentingan individu, kelompok, maupun golongan tertentu. Dapat berkiprah secara nyata, utamanya dalam memfasilitasi, memberdayakan dan memperjuangkan kepentingan para anggota. Selain itu, Kadin harus dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah yang sejajar dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan dalam sektor usaha dan ekonomi, terangnya.

Namun sangat disayangkan, pada muskab tersebut gagal menghasilkan ketua terpilih. Pasalnya, tidak ada titik temu antara kedua kubu calon ketua yang berargumentasi mengenai keabsahan calon yang mereka usung. Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar peserta Muskab meninggalkan ruangan, sehingga keputusan tidak bisa diambil.     (Eka)