Momen Ramadhan, Dinas Perikanan dan Kelautan Bekasi Tingkatkan Potensi UMKM di Wilayahnya

Dibaca: 1173 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Liputan Bekasi – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi melalui Bidang Penguatan Daya Saing, Seksi Kemitraan dan Promosi setiap tahun melaksanakan Bazar Ramadan, yaitu kegiatan Kemitraan dan Promosi.

Bahkan sejumlah event-event pameran yang digelar, baik dalam kota maupun luar kota diikuti. Hal itu demi menggenjot dan mengenalkan produk-produk olahan perikanan unggulan yang dihasilkan oleh Usaha Mandiri Kelompok Masyarakat (UMKM) binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi.

 

Melalui program pengembangan kewirausahan yang akan menjadi program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi pada 2019. Selain itu juga akan ada pameran bagi produk yang dikelola pelaku wirausaha untuk memfasilitasi promosi produk milik UMKM di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Daya Saing Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi Ir. Ridwan Mulyana mengatakan, ” Keikutsertaan UMKM, Wirausaha, Wiraswata, instansi Pemerintah maupun Swasta ikut berpartisifasi pada kegiatan Bazar Ramadhan yang dimotori oleh Dinas Perikanan dan Kelautan dalam sejumlah event ini merupakan bentuk dukungan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi khususnya terhadap masyarakat yang menjadi pengolah produk perikanan dan kelautan di Kabupaten Bekasi, ” Selasa, (21/5/19) saat di wawancarai Liputan Indonesia.

Ir. Ridwan Mulyana menambahkan, ” Ada sejumlah UMKM pengolah produk perikanan dan kelautan di Kabupaten Bekasi yang menjadi binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, di antaranya pengolah produk olahan prikanan, antara lain ikan bandeng presto, lele frozen, kerupuk ikan, pempek, bandeng asap, bandeng turangga, ikan asin, kerupuk kulit ikan, budi daya rumput laut dan produk lainnya. Para pengolah UMKM i secara rutin dilakukan prmbinaan, pelatihan, study banding yang output nya adalah guna peningkatan mutu baik kualitas maupun kuatitas UMKM yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi demi meningkatkan hasil produktivitas dan penghasilannya, ” jelasnya.

Baca juga:  Lasbandra: Pengolahan Limbah B3 RSUD Sampang, Tidak Sesuai Prosedur

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi sejak beberapa tahun ini mulai menggalakan promosi. Bahkan sejumlah event-event pameran yang digelar, baik dalam kota maupun luar kota diikuti. Hal itu demi menggenjot dan mengenalkan produk-produk unggulan yang dihasilkan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi Melalui
program pengembangan kewirausahan yang akan menjadi program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi pada 2019.

Selain itu juga akan ada pameran bagi produk yang dikelola pelaku wirausaha untuk memfasilitasi promosi produk milik UMKM. (agng)

 

Penulis: Biro Bekasi

ca-pub-2508178839453084