Meriahnya Pesta Laut atau Nadran di Perairan Muara Gembong Kabupaten Bekasi | Liputan Indonesia

Meriahnya Pesta Laut atau Nadran di Perairan Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Advertisement

Liputan Indonesia, Bekasi – Pesta Laut atau Nadran yang digelar di TPI (Tempat Pelelangan Ikan_red), Kampung Muara Jaya, Desa Pantai Mekar, perairan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Minggu (17/03/2019), melecut semangat para nelayan untuk kembali berjibaku mendulang hasil di tengah laut. Seusai acara syukuran itu, mereka meyakini laut sebagai sumber penghidupan nelayan akan memberikan berkah yang lebih baik.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung Plt Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi, Camat Muara Gembong, Polsek Koramil dan Kepala Desa se-Kecamatan Muara Gembong, serta masyarakat setempat.

Pesta Laut merupakan acara pesta Rakyat Pesisir Pantai, yang dilaksanakan setiap tahunnya, untuk merayakan keberhasilan para nelayan sekitar, dalam mendapatkan hasil tangkapan ikan dilaut.

Camat Junaefi, Muara Gembong menuturkan, “warga Desa Pantai Bahagia beranggapan laut adalah tempat mereka menyandarkan hidup. Karena itu, mereka menggelar hajatan pesta laut atau disebut Nadran setiap tahun sekali sebagai wujud syukur terhadap tangkapan ikan yang selama ini mereka peroleh.

Saat pesta laut berlangsung, masyarakat larut dalam kegembiraan. Ratusan nelayan dan warga berbondong-bondong ke tengah laut Muara Gembong untuk melarung sesajen berupa kepala kerbau dan berbagai hasil bumi. Mereka menaiki lebih dari 100 perahu yang didekorasi dengan bendera beragam warna”, paparnya.

Iklan anda Banner Lindo

Junaefi menambahkan, “para nelayan Muara Gembong memaknai pesta laut sebagai bentuk syukur karena menyadari tidak mudah mencari rezeki di laut. Selain itu, nelayan juga menaruh harapan agar tetap selamat saat mencari ikan dan menganggap pergelaran ini sebagai alat pemersatu.

Alhamdulilah pada kesempatan acara ini pun Plt Bupati Kabupaten Bekasi serta dari Dinas Pariwisata ikut hadir”, pungkasnya.

Disisi lain Plt Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja mengungkapkan, “acara Nadran adalah sebagai bentuk syukuran dari pada para Nelayan, semoga selalu diberikan keselamatan dan kemudahan dalam melakukan kegiatan-kegiatan usahanya dan berharap di tahun kemudian bisa lebih meriah lagi”, ucapnya.

“Selain para Nelayan, masyarakat pada umumnya ikut serta memeriahkan acara Pesta Laut yang sudah menjadi tradisi, ini bagian dari sejarah dan asal usul Pesta Laut, kami berharap bukan saja menjadi tradisi, melainkan menjadi aset atau potensi pesisir Pantai Wisata Bahari. Pantai Bahagia yang sebagian besar masyarakatnya merupakan para Nelayan dan buruh Tani. Potensi wilayah Pantai Bahagia akan terus kita kembangkan, namun tidak mengubah kultur dan budaya masyarakat Pantai Bahagia sepanjang Pesisir Utara Kabupaten Bekasi”, ucap Eka.

Acara Nadran atau Pesta Laut yang diselenggarakan di Muara Jaya dimeriahkan berbagai macam perlombaan, yakni Lomba Hias Perahu, lomba dayung dan Nasi Tumpeng, acara tersebut ditutup dengan hiburan seni diantaranya Seni Wayang Kulit dan Topeng.(gung)

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close