Mahasiswa UBHARA Kembalikan Fungsi Abrasi dan Ionisasi di Pantai Tlanakan

Dibaca: 1335 kali

Liputan Pamekasan – Mahasiswa S2 Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya angkatan tahun 2017-2018, dengan tugas mata kuliah hukum lingkungan melaksanakan praktek penghijauan dengan menanam bakau di tepi Pantai Tlanakan Pamekasan, Madura, Sabtu (29/9).

Sebagai salah satu tugas mata kuliah hukum lingkungan, kegiatan menanam pohon di tepi Pantai Tlanakan Pamekasan di ikuti kelas C dan D sekitar 23 mahasiswa dari Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya.

Sebagai Dosen mata kuliah hukum lingkungan UBHARA seperti Dr. Suparto Wijoyo,SH,MH, Sebagai Komting, Lilis purwaningsih, SH dan selaku Ketua Tim adalah Marsuto Alfianto, SH.

Dengan menanam pohon sekitar 300 an di tepi Pantai Tlanakan Pamekasan, Dr. Suparto Wijoyo,SH,MH. Selaku Dosen mata kuliah hukum lingkungan Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya mengatakan, bahwa kegiatan para mahasiswa merupakan bentuk kepedulian terhadap pentingnya untuk mencintai lingkungan.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembalikan fungsi bakau yaitu abrasi dan IONisasi kawasan pantai selatan Pamekasan Madura,” ujarnya, Senin (1/10).

Selain itu, Dosen UBHARA Surabaya juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut juga berfungsi untuk membantu lingkungan sekitar agar semakin berseri. “Semoga dengan adanya kegiatan penanaman tersebut, bisa bermanfaat untuk lingkungan. Antara lain adalah bentuk kepedulian lingkungan yang bisa ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari dan berguna untuk masyarakat luas,” tandasnya.

Sementara itu, sebagai salah satu peserta yang juga mahasiswa Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya, Diah Kusumah Ningrum, SH sangat bersemangat atas adanya kegiatan yang bisa bermanfaat untuk lingkungan luas.

“Selain tugas dalam mata kuliah hukum lingkungan, kegiatan penanaman pohon bakau ini juga sangat bermanfaat. Pasalnya dengan menanam pohon untuk penghijauan di kawasan pantai, penanaman bakau ini juga bisa menjadikan lingkungan kaya akan oksigen,” ujar Mahasiswa S2 Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya angkatan tahun 2017-2018, Kelas C mata kuliah hukum lingkungan yang juga pengacara yang sering di Pengadilan Negeri Sidoarjo ini.

Untuk diketahui, Mahasiswa S2 Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya angkatan tahun 2017-2018 melaksanakan salah satu tugas mata kuliah hukum lingkungan dengan praktek penghijauan menanam pohon bakau sekitar 300 buah pohon di kawasan Pantai Tlanakan yang berlokasi Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa Timur.

Dalam penanaman penghijaun di kawasan Pantai Tlanakan, Mahasiswa S2 Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya juga bekerjasama dengan Kepala Desa Tlanakan.

Selain tujuan mengembalikan fungsi bakau di kawasan pantai tersebut, tujuan mahasiswa mendapat tugas menanam pohon juga dengan tujuan bisa menambah oksigen di kawasan sekitar Pantai Tlanakan yang sangat berguna masyarakat luas. (21k)