Komplotan Perampok Emas Dilumpuhkan Polda Jatim

0
77

Surabaya – Empat (4) dari enam (6) komplotan perampok pemilik toko emas di Sumenep berhasil diringkus dan dihadiahi timah panas oleh Ditreskrimum Polda Jatim, Selasa (6/11).

Dalam ungkap kasus di Mapolda Jatim, Direskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Agung Yudha mengatakan, bahwa para tersangka berasal dari Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Nama empat pelaku yang berhasil diringkus yakni Satin (39),Odi (51), Jatim (33) dan Kosan (56). Sedangkan masih ada dua (2) pelaku yang masih menjadi target dan sudah ditetapakan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh petugas.

Kombes Pol Agung Yudha juga menerangkan modus para pelaku saat melakukan aksinya jika mendapatkan korban yang dijadikan target. “Pelaku yang berjumlah enam orang membuntuti korban dengan menggunakan tiga sepeda motor dengan berboncengan,” terangnya pada wartawan.

Lebih lanjut, Direskrimsus Polda Jatim menambahkan, bahwa mereka juga mempunyai peran masing-masing saat beraksi. Seperti Jatim dan B tugasnya memantau situasi lingkungan toko.

“Sedangkan untuk dua pelaku lagi berada di depan toko. Dan untuk pelaku yang menjadi DPO, bertugas memantau keseharian korban dalam berjualan emas keliling di pasar,” imbuhnya.

Baca juga:  Gubernur Jatim: Ingin Kuasai Pasar Harus Diurus Industrinya

Menurut Agung Yudha, Enam kawanan perampok ini tergolong sadis, pasalnya tak segan-segan melukai korbannya dengan cara kekerasan menggunakan senjata tajam dan senjata api jenis Pistol Revolver serta menodongkan pistol tersebut kepada korban.

“Saat para tersangka melakukan aksinya mereka menodongkan pistol ke arah korban. Saat korban ketakutan, pelaku lainnya langsung membacok keponakan korban yang saat itu dibonceng di belakang. Kemudian Dua pelaku lain merampas tas korban yang di taruh pada setang sepeda motor korban dan berisi uang tunai Rp. 200 juta serta emas 7 kg,” pungkas Kombes Pol Agung Yudha.

Setelah berhasil meringkus para tersangka, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa berbagai model emas, dua sepeda motor ,uang tunai, Hp, satu pucuk senjata api rakitan, dan amunisi.

Saat ini para pelaku ditahan guna penyelidikan lebih lanjut, Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para tersangka terancam dengan Pasal 365 KUHP. (Pril)

Bagikan berita ini

Berita Video

#infolinksbanner_dapatduitonline
hak-jawab-hak-koreksi-hak-tolak-lindo iklan-adsense
#infolinksbanner_dapatduitonline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here