Khasiat dan manfaat Daun Kelor untuk kesehatan

DAUN KELOR merupakan tanaman perdu dengan tinggi batang mencapai 7 sampa 11 meter. Batangnya berkayu getas (mudah patah) cabangnya jarang tetapi akarnya sangat kuat. Daun kelor berbentuk bulat telur, ukurannya kecil dan bersusun majemuk didalam satu tangkai. Bunganya berbau semerbak, warnanya putih kekuning-kuningan dan tundung pelepah bunganya berwarna hijau. sementara itu buahnya berbentuk segitiga memanjang.

Di Indonesia kelor memiliki nama lain, diantaranya kelor (jawa, sunda, bali, lampung, kilor (lampung), murong (aceh, munggai (minangkabau), kerol (buru), marangghi (madura), moltong (flores), kelo (gorontalo), keloro (bugis), kawano (sumba), kelo (ternate, tidore), ongge (bima) dan hau fo (timor).

Kandungan senyawa aktif dalam kelor yang terdapat pada akar, daun dan kulit batang kelor antara lain saponin dan polifenol, selain itu kelor juga mengandung alkaloida, tanin, steroid, flavonoid, gula tereduksi dan minyak asiri. Akar dan daun kelor memiliki rasa pahit, getir dan pedas. Sementara itu, didalam biji kelor mengandung minyak dan lemak.

Dibalik ukuran daun kelor yang mini, ternyata daun kelor menyimpan sejumlah khasiat. Daun kelor terbukti ampuh mengatasi bergagai penyakit antara lain diabetes, hepatitis, jantung dan kolesterol tinggi.

Baca:  Bude Karwo: PKK Jatim Berkomitmen Bantu Pemprov Tangani Kusta

 Berbagai riset ilmiah yang telah dilakukan membuktikan bahwa daun kelor mengandung senyawa aktif dan memiliki nutrisi yang sangat lengkap dibandingkan tumbuhan jenis lainnya. Selain vitamin dan mineral, daun kelor juga mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia dan harus disuplai dari luar tubuh dalam bentuk jadi. Kandungan nutrisi yang lengkap yang terkandung di dalam daun kelor menyebabkan organ hati (liver) dapat menjalankan metabolisme tubuh secara optimal.

Asam amino sangat penting fungsinya sebagai bahan pembentukan protein. Penelitian juga membuktikan bahwa daun kelor sama sekali tidak mengandung zat berbahaya. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia sudah biasa menggunakan daun kelor sebagai sayuran, terutama untuk memperbanyak air asi ibu. Sebenarnya daun kelor sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan. Di India misalnya, sudah biasa menggunakan ekstrak daun kelor untuk mengobati penyakit bronkhitis, dan gangguan pernafasan sejak jaman yang dulu.

MANFAAT DAUN KELOR 

Ekstrak Daun Kelor merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium, protein dan nutrisi lain yg telah diteliti di Lab. oleh USDA. Jika dibandingkan dengan makanan umum, daun kelor sangat tinggi dalam kandungan nutrisinya.

Khasiat :
– Membantu mengatasi gizi buruk
– Sumber vitamin dan mineral tinggi
– Anti inflamasi / peradangan
– Mengatasi nyeri, letih, linu
– Mengobati mata minus, plus dan silinder
– Mengobati anemia
– Membantu mengobati sakit jantung
– Membantu menurunkan kolestrol

Bagikan berita ini

Hak Jawab / Hak Koreksi:
Via Email:
Redaksi@LiputanIndonesia.co.id
Newsliputanindonesia@gmail.com
Baca Lainnya