Kenali Atributnya Petugas Haji Indonesia Dengan Benar | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Kenali Atributnya Petugas Haji Indonesia Dengan Benar

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Liputanindonesia.co.id, Makkah (Sinhat)–Untuk meningkatkan layanan terhadap jamaah haji Indonesia, khususnya terkait dengan layanan bimbingan ibadah haji dan lainnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah menempatkan sejumlah pembimbing ibadah di Masjidil Haram.

“Tahun ini, pembimbing ibadah haji dari sektor maupun daker akan ditempatkan di empat titik, Mas’a (tempat Sa’i), Safa, Marwah, dan sekitar tempat thawaf,” kata Kepala Seksi Perlindungan dan Keamanan Daker Makkah Jaetul Muchlis pada MCH, Ahad (7/9).

Jumlah pembimbing ibadah sekitar 20 orang yang akan dibagi dalam tiga shift. ‘‘Hal ini baru pertama kali dilakukan yang merupakan sinergitas antara bagian pembimbing ibadah dan keamanan,’‘ tambahnya.
Selain membimbing, mereka juga diharapkan dapat ikut memberikan kenyamanan dan keamanan kepada setiap jamaah yang terlepas dari rombongannya saat beribadah di Masjidil Haram. “Akibat terlepas dari kelompoknya, jamaah haji seringkali menjadi sasaran penjahat, karena mereka tampak bingung, Pembimbing ibadah ini sebagai perkuatan Masjidil Haram,” ujarnya.

Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Letkol. TNI Moh. Hassan, mengaku prihatin karena pelaku kejahatan justru orang Indonesia sendiri. Bahasa yang mereka gunakan sama dengan para jamaah haji dan sikapnya ramah, dengan pura-pura ingin membantu membawakan tas , sehingga para jamaah merasa satu kampung dan tidak curiga. Setelah berhasil dibawakan tasnya, pelaku kejahatan ini langsung kabur.

Karena itu, saran Hassan, para jamaah jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenalnya. Kalau jamaah haji masuk ke Masjidil Haram, ingat nama pintu masuknya, jangan sampai terpisah dengan rombongannya. Bila ada orang yang mengaku sebagai petugas, kenali atributnya dengan benar. Karena ada juga penjahat yang menggunakan seragam yang mirip dengan seragam petugas.

Seragam petugas haji Indonesia tahun ini berciri atasan putih, bawahan hitam, menggunakan rompi hitam dan di belakangnya ada bendera Indonesia. Terpenting , sebaiknya jamaah haji meminta petugas untuk menunjukkan ID Card yang dikalungkan dengan tali biru. ID Cardnya bertuliskan Kantor Urusan Haji Indonesia, ada photo dan nama lengkap petugas. Kalau penjahat tidak akan memiliki ID Card yang digunakan oleh petugas, ungkap dia. (haji.kemenag.go.id)

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close