Kebijakan Offset Dalam Pembelian Sistem Senjata dari Luar Negeri | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Kebijakan Offset Dalam Pembelian Sistem Senjata dari Luar Negeri

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Liputanindonesia.co.id, Jakarta – Sudah dua tahun terakhir Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Offset terkatung-katung. Hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakhiri masa baktinya pada 20 Oktober 2014, peraturan itu belum ditandatangani. 

Sementara pemerintahan pengganti mantan Jenderal itu sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan menandatangani peraturan pemerintah itu.

Satu di antara hal menarik dari RPP itu adalah ketentuan offset dalam pengadaan sistem senjata dari luar negeri. Di mana besaran puncaknya adalah 35 persen, suatu target yang tak mudah untuk mencapainya. Apalagi untuk mencapai hal itu dibutuhkan perundingan panjang dengan negara penjual senjata kepada Indonesia.

Dalam urusan offset selama ini, Indonesia terkesan berani meminta offset kepada negara tertentu saja. Akan tetapi Jakarta tak berani meminta offset kepada Washington dan Moskow. 

Lihatlah pengadaan sistem senjata dari kedua negara, baik yang sudah terealisasi maupun masih dalam kontrak. Tak sedikit pun Jakarta meminta imbalan berupa offset atas penjualan sistem senjata kedua negara kepada Indonesia.

Padahal di masa lalu, Jakarta berani meminta offset kepada Washington dan Amerika Serikat pun memenuhi permintaan Indonesia itu. Pertanyaannya, mengapa Indonesia terkesan takut meminta offset kepada Amerika Serikat dan Rusia?.(Gdf/TSM)

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close