Karo-HP Pemprov Jatim Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

Dibaca: 164 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Jatim, Liputan Indonesia – Seluruh wilayah Jawa Timur hari ini (1/2) diprediksi hujan serta adanya petir. Hanya kabupaten Pacitan dan kabupaten-kabupaten di pulau Madura yang hujannya ringan. Mengutip informasi tentang ramalan cuaca yang diterima dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Rabu, (1/2/17).

Benny Sampir Wanto selaku Kepala Biro Humas dan Protokol (Karo HP) Pemprov Jatim menerangkan , ” Untuk itu masyarakat harus lebih waspada dengan adanya pergantian cuaca serta meningkatkan kewaspadaan. Terlebih lagi saat melintas dijalan, agar lebih berhati hati adanya pohon tumbang, banjir, dan lain-lainnya” Terangnya dalam wawancara exclusif diruang kantornya.

Pemprov Jatim Menghimbau

Ditambahkan, ” Kecepatan angin di wilayah Jatim diperkirakan 28km per jam. Hanya Gresik yang kecepatan anginnya 38km/jam.
Intensitas hujan dan kecepatan angin tersebut, perlu menjadikan kewaspadaan bersama sebab jika bertemu dengan beberapa faktor lain dapat menimbulkan bencana. Misalnya, kultur tanah tidak kuat dan umur pohon yang tua akan menjadikan longsor bahkan tumbangnya pohon. Demikian pula jika hujan jatuh bersamaan datangnya air pasang, dipastikan banjir terjadi,” Tambahnya.

Hal tersebut telah terbukti seperti yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, yaitu banjir di pantura Pasuruan dan Probolinggo, banjir dan tumbangnya pohon-pohon di beberapa jalan di kabupaten Mojokerto, serta Magetan.

Masyarakat perlu waspada dengan cuaca ekstrim yang diperkirakan akan terjadi sampai Maret tahun ini. apabila mendung dan hujan, perlu dihindari  terlalu dekat pohon.

Penulis: (one)
Editor : (red)

Baca juga:  Sambut HPN 2017, Karo - HP Pemprov Jatim Tanggapi Berita " Hoax "
ca-pub-2508178839453084