KARO HP Pemprov Jatim Bersinergi Dengan Media Daerah Dan Nasional | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

KARO HP Pemprov Jatim Bersinergi Dengan Media Daerah Dan Nasional

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Karo HP Prov. Jatim:MAKSIMAL WAKTU KONFIRMASI BERITA 15 MENIT

Jatim, Liputan Indonesia – Dua langkah mendasar dilakukan Kepala Biro Humas dan Protokol (Karo HP) Pemprov. Jawa Timur untuk menjadikan lembaga tersebut mampu menjadi juru bicara Pemprov. Jawa Timur. Pertama, memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan media ke lembaganya maksimal 15 menit. Kedua, menerbitkan press release untuk media maksimal 45 menit setelah kegiatan selesai.

Hal tersebut disampaikan Karo HP Pemprov. Jatim Benny Sampir Wanto di ruang kerjanya, Kantor Gubernwr Jawa Timur, Jl. Pahlawan 110 Surabaya, menjawab pertanyaan media terkait prioritas kerjanya sebagai Karo HP.

Dijelaskan, tenggang waktu tersebut merupakan waktu yang ia butuhkan untuk melakukan koordinasi intern baik di Biro HP maupun koordinasi teknis dengan organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemprov. Jatim.

” Apabila dalam tenggang waktu tsb saya tidak memberikan jawaban, maka media dipersilahkan untuk langsung ke pimpinan OPD,” ujarnya yang dilantik sebagai Karo HP tanggal 27 Desember yang lalu.

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Ia menjelaskan bahwa jaman sudah berubah cepat. Berita dan klarifikasi kepada sumber berita harus secepat mungkin karena media dituntut melaporkan berita yang ‘real time’. Oleh karena itu,  ia memberikan batasan waktu maksimal 15 menit untuk pemberian klarifikasi berita. Jika melebihi waktu tsb, maka media dipersilahkan langsung ke Kepala OPD, dan pihaknya akan melakukan evaluasi mengapa pencarian informasi tsb belum tercapai.

Diakuinya, langkah yang dilakukan ini memberikan konsekwensi tersendiri bagi ia dan stafnya, yakni harus bekerja lebih keras lagi. Apalagi, ia memberikan kesempatan bagi media untuk mengaksesnya 24 jam melalui berbagai sarana, baik telpun, WA, email dan sarana komunikasi lainnya.

” Itu sebuah tantangan tersendiri, sambil tersenyum. Ditambahkan hampir sebulan sebagai Karo HP, rata-rata setiap hari terdapat 10 permintaan klarifikasi oleh media. Saya bersyukur, respons para kepala OPD di jajaran Pemprov. Jatim bagus. Hanya sedikit atau sedikit sekali yang jawabannya belum atau tidak kami peroleh,” ujar Benny

Lanjutnya, Terhadap pencarian klarifikasi berita yang belum berhasil, akan dilakukan evaluasi internal. Apabila memang diluar otoritasnya, akan dilaporkan kepada pimpinannya untuk memperoleh solusi.

Bagi mantan Karo Kerjasama Pemprov. Jatim ini, dua langkah tersebut perlu, harus, dan terus akan dilakukan agar dirinya mampu menjadi juru bicara Pemprov. Jatim sebagai amanat Peraturan Gubernur ( Pergub ) 58/16 tentang  kedudukan, susunan organisasi, uraian tugas pokok dan fungsi, serta tata kerja Setda. Prov. Jatim.

Diakuinya, banyak hal yang harus dilakukan untuk dapat menjadikan biro yang dipimpinnya besar. Tetapi, dua langkah tersebut merupakan langkah paling prioritas yang dilakukannya karena bersinggungan dengan arus infomasi yang menjadi domain biro yang dipimpinnya. Kegiatan-kegiatan seperti meningkatkan kerjasama hubungan Pemprov. dengan lembaga menyamping dan kebawah, serta meningkatkan kreativitas remaja melalui berbagai lomba karya tulis merupakan kegiatan-kegiatan prioritas berikutnya.

Penulis: (one)
Editor: (red)

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close