Inilah Caranya, Hasilkan Uang dari Youtube dan Blog di Internet

Bisnis & Ekonomi –  Sejarah internet, sebelum tekonologi belum semaju dan secanggih saat ini, penghasilan hanya bisa didapatkan melalui bekerja secara konvensional. Sekarang, bahkan hanya bermodalkan laptop dan akses internet, bisa mendapatkan penghasilan dengan cara yang tidak terbatas. Salah satunya, dari situs Youtube.

Karena pamor situs streaming online ini sudah begitu marak dengan pengguna yang mencapai ratusan juta di seluruh dunia, tidak heran situs ini menjadi salah satu situs dengan pengunjung terbanyak, setelah Google dan facebook.

Akhir-akhir ini, kita juga sering mendengar bahwa kita juga bisa menghasilkan uang secara online selain dari Youtube. Namun, kebanyakan informasi tersebut bersifat menyesatkan, karena banyaknya penipuan berkedok mendapatkan uang secara online.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan uang dari Youtube? Dari mana uang tersebut berasal? Berapa penghasilan yang dapat kita terima dari Youtube? Segala pertanyaan tersebut, akan dijawab dengan beberapa penjelasan berikut ini:

1. Youtube bisa menjadi sumber penghasilan utama

Pernah mendengar Edho Zell, atau Benakribo? Mereka adalah orang-orang yang sukses meraup penghasilan yang cukup besar dari Youtube. Dengan beberapa video kreatif yang dibuat, mereka berhasil menjaring ratusan ribu pengunjung untuk melihat video produksi mereka.

Penghasilan mereka pun bermacam-macam, bahkan ada yang bisa mencapai 20 juta per bulan, hanya dengan menjadi YoutuberYoutuber sendiri adalah orang yang memproduksi sebuah video, atau menautkan video orang lain dan menguploadnya ke akun Youtube mereka dengan tujuan untuk menarik pengunjung.

Karena sifatnya yang gratis, tentunya hal ini mempermudah bagi mereka yang ingin meng-upload dan men-download video favorit. Hanya saja, memang diperlukan kuota yang cukup besar untuk menonton, atau meng-uploadsebuah video.

Baca:  Pakde Karwo Ingatkan Pancasila Harus Jadi Working Ideology

Apalagi, kalau video tersebut berkualitas gambar bagus dan berdurasi lama, untuk itu sebaiknya perhatikan kuota sebelum memulai aktivitas dalam Youtube. Kecuali, jika Anda memiliki wifi sendiri di rumah, atau di luar, tentunya Anda tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan kuota.

2. Inilah cara youtube membayar 

Terkadang pasti sempat terlintas dalam pikiran, bagaimana situs gratis tersebut bisa membayar Anda, bahkan dengan jumlah yang fantastis. Penjelasan singkatnya, Anda mendapatkan penghasilan yang berasal dari google adsense, yaitu iklan yang terpampang di video.

Karena, Google merupakan perusahaan yang besar, maka banyak sekali advertiser (pemasang iklan) yang ingin beriklan di produk mereka, yaitu salah satunya adalah Youtube. Lalu, bagaimana, agar iklan adsense tersebut terpampang di video yang kita upload?

Tentunya, kita bisa mengajukan kerja sama dengan mengikuti program Google AdSensedan jika disetujui, otomatis dalam channel video, akan terpampang iklan yang jika diklik akan menghasilkan pundi-pundi uang.

Anda akan mendapat komisi dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung video. Semakin banyak pengunjung, maka semakin besar kemungkinan iklan tersebut di-klik dan semakin besar pula kemungkinan Anda mendapatkan penghasilan yang besar.

3. Semakin banyak video menarik, makin banyak uang mengalir 

Tidak ada batasan kategori khusus untuk meng-upload video yang sekiranya bisa diuangkan. Hanya hal yang wajib untuk diperhatikan adalah, sebisa mungkin video yang di-upload haruslah video yang orisinal, bukan dari video orang lain.

Baca:  Inilah Alasan 'Google' Menggunakan HTTPS

Karena, Youtube termasuk ketat dalam urusan Hak Cipta, maka dari itu jangan coba-coba untuk melanggar kebijakan yang telah dibuat oleh Youtube kalau tidak ingin akun itu terkenasuspend.

4. Perhatikan ini jika ingin dapatkan penghasilan maksimal

Pertama Anda harus menautkan AdSense dengan akun Youtube, agar video yang itu bisa menghasilkan uang. Anda bisa meng-upload video dengan jumlah yang agak banyak terlebih dahulu, sebelum mentautkannya ke AdSense.

Usahakan video tersebut adalah video yang menarik untuk dilihat kapan saja. Artinya, video tersebut akan banyak yang menonton meskipun sudah bertahun-tahun lamanya. Yang penting, untuk menjaring pengunjung yang banyak, Anda juga harus membuat kata kunci yang sekiranya sedang ramai.

Maka, dengan sendirinya pengunjung akan mencari video yang anda buat tanpa perlu susah-susah untuk mempromosikan video tersebut. Sebaiknya, jangan lupa untuk mengajak pengunjung untuk subscribe ke video channel, sehingga kesempatan video untuk dikunjungi lagi semakin besar.

Dari semua langkah yang sudah disebutkan di atas, optimasi video adalah hal yang paling penting. Tekniknya bisa bermacam-macam, namun penjelasan detailnya bisa mencari sendiri di Google.

Intinya adalah tidak boleh menyerah, meskipun video yang dibuat belum mendapatkan banyak pengunjung. Teruslah membuat video yang orisinil dan berkualitas dan siapa tahu suatu hari nanti, Anda bisa menjadi Youtuber sukses berpenghasilan ratusan juta rupiah. (viva)

Bagikan berita ini

Hak Jawab / Hak Koreksi:
Via Email:
Redaksi@LiputanIndonesia.co.id
Newsliputanindonesia@gmail.com
Baca Lainnya