Ikuti Talk Show, Mahasiswa Pahami Ancaman Serius Terhadap Kedaulatan Bangsa

0
Dibaca: 11995 Kali

Tegal – Ratusan mahasiswa mengikuti Talk Show Kebangsaan dengan mengambil tema Optimalisasi Peran Lembaga Dakwah Kampus Dalam Membangun Negeri dan Ancaman Serius terhadap Kedaulatan Bangsa Indonesia.

Talk show diadakan oleh Unit kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Universitas Pancasakti Tegal hari Sabtu (10/3/2018) di Auditorium UPS Tegal.

Acara diikuti oleh ratusan mahasiswa dan perwakilan lembaga dakwah dari kampus di kota Semarang dan Purwokerto seperti Unsoed dan Polines. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan mahasiswa luar kota Tegal.

Tujuan diadakan talk show yaitu menanamkan cinta tanah air di ruang lingkup organisasi islam di kampus, menjunjung tinggi nilai norma Pancasila dan mengetahui berbagai ancaman terhadap kedaulatan bangsa.

Salah satu pembicara Dir Intelkam Polda Jateng Kombes Pol Drs. Eko Widianto memberikan pemaparan tentang ancaman serius yang menjadi perhatian bersama khususnya warga negara Indonesia. Contohnya ancaman teror.

“Berkembangnya teknologi informasi yang pesat, sehingga kita tidak siap menghadapi dan menerima berbagai informasi yang tidak benar atau hoax, itulan salah satu ancaman yang bisa menimbulkan gesekan” katanya.

Baca juga:  PKK desa atau kelurahan, ujung tombak suksesnya program Sidoarjo

Eko Widianto menyampaikan cara penanggulangan khususnya dikalangan mahasiswa harus memiliki prinsip kebangsaan.

Sementara itu, pemaparan Mantan Pangkostrad Mayjend TNI Kivlan Zen menyampaikan ancaman serius di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan politik.

“Narkoba merupakan ancaman serius bg generasi muda. Mari kita berhak dan wajib menjaga kedaulatan bangsa dari berbagai ancaman dari luar. Mahasiswa harus menjauhi dan menangkal paham radikalisme” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ulama Dr. Basukiyatno M.Pd bahwa peran mahasiwa sangat strategis untuk menjaga dari gangguan dan ancaman.

“Pahami islam dengan benar. Jika iman goyah akan disalahgunakan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab. Peran kampus sangat penting mengawasi kegiatan mahasiswa, saya himbau kepada lembaga dakwah mahasiswa tunjukkan seorang muslim yang taat” pungkasnya. (Yud).