Hotel Garden Palace Surabaya, Diduga Tidak Punya Ijin Alias Bodong | Liputan Indonesia

Hotel Garden Palace Surabaya, Diduga Tidak Punya Ijin Alias Bodong

Advertisement

Surabaya, Liputan Indonesia – Makin banyaknya Hotel dan pembangunan di kota besar, Pemerintah Kota Surabaya agar bisa selektif dan memperhatikan tentang perijinannya. wajib juga menggalakkan disiplin kepengurusan ijin bangunan.

Salah satu Bangunan megah ini tidak mengantongi ijin, Diduga Hotel Grand Palace terletak di Jalan Yos Sudarso No.11, Surabaya 60271, Ini perlu dipertanyakan terkait perijinannya.

Perlu diketahui, Pihak pengacaranya (Heri Siswanto SH) saat dikonfirmasi tidak ada kejelasan, dan tidak mau menemui awak media ketika mendatanginya. Kuat Dugaan Hotel Grand Palace Surabaya tidak mempunyai ijin. Diantaranya:

DASAR HUKUM
1. Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
Perda No. 1 Tahun 1997 tentang Izin Pemakaian Tanah.Perda No. 13/2010. (IMB). Perda No. 7 tahun 2003 jo. Perda No. 14 Tahun 1999 tentang Perubahan atas peraturan daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Surabaya nomor 14 Tahun 1999 tentang Retribusi penggantian biaya cetak peta

2. (Ijin HO Amdal)  Ijin gangguan dan Pariwisata.
Perda No. 4 Tahun 2011 tentang izin gangguan PerWali Surabaya No. 74/2011. tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2010 tentang Izin Gangguan.

3. Ijin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).
UU NO.32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP,

Iklan anda Banner Lindo

4. Ijin Penyelenggara Tempat Parkir (IPTP).
(a) Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor : 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah.
(b) Perda Nomor 91 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Kota Surabaya
(c) Perda Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran dan Retribusi Daerah.
(d) Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Perda Nomor 4 Tahun 2005 tentang Tata Cara Pengurusan Izin Penyelenggaraan Tempat Parkir.
(e) Keputusan Walikota Surabaya Nomor 61 Tahun 2006 tentang Organisasi Unit Pelaksana Teknis Dinas Parkir pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

5. ( Ijin IPAL ) Perda nomor 2 Tahun 2004 tentang Pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air

Mengingat Hotel Grand Palace adalah ditengah kota, ada dugaan temuan LSM Pusura dan LSM ISC yaitu tidak mengantongi ijin yang dimaksud diatas tersebut.

Adanya dugaan oknum instansi terkait yang membeckup menjadikan Hotel Grand Palace ini bebas beraktivitas seperti layaknya Hotel yang sudah lengkap ijinnya.

Penasehat Pusura mengatakan, ” Hotel Pusura itu bodong, gak ada surat ijinnya dan harus dilaporkan minimal disidak oleh instansi terkait, jika perihal itu benar pihak pemerintah kota wajib memberikan sanksi tegas kepada pengelola Hotel Grand Palace Surabaya.” Tutur H. Hasan selaku penasehat Pusura.(one)

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close