Hoax Pilpres 2019, MPW PP Jatim Lakukan Pernyataan Sikap dan Tindakan Hukum

Dibaca: 1153 kali

Surabaya –  Pernyataan sikap Sekretariat Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Jawa Timur melakukan tindakan hukum terhadap pelanggaran kampanye pemilihan Presiden 2019 yang diselengarakan di Kantor MPW PP Jatim Jl. Jaksa Agung, Surabaya.

Dengan maraknya berita hoax yang menyudutkan pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin belakangan ini, membuat Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Jatim mengambil langkah tegas, dengan berkomitmen akan mengawal dan melaporkan segala bentuk konten negatif di media sosial yang berusaha mendiskreditkan sang petahana.

Ir. H. AA La Nyalla Mahmud Mattaliti selaku Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur menyampaikan melalui M. Diah Agus Muslim selaku sekretaris MPW PP Jatim, mengatakan bahwa pelanggaran kampanye pemilu 2019 dengan cara penyebaran konten negatif yang mendiskreditkan capres – cawapres nomor urut 01, MPW PP Jatim menganggap diperlukan adanya pengawasan dan tindakan hukum atas berita hoax tersebut, dengan cara melaporkan kepada Bawaslu.

” Kita secara otomatis akan membentuk tim cyber, disemua platform media sosial. Kita akan cermati, kita verifikasi semua laporan-laporan terkait adanya berita hoax. Apabila benar hoax dan mendeskreditkan maka akan kita laporkan ke Bawaslu. ” kata Agus saat jumpa pers di depan Kantor MPW PP Jatim.

Baca:  Cafe Karaoke Santoso Bodong, Diduga tempat maksiat dibeckup oknum Polisi

Lebih lanjut, Agus menghimbau kepada semua pihak yang terlibat pada pemilu mendatang, supaya menjaga martabat proses berjalannya pesta demokrasi agar masyarakat bisa cerdas dalam menentukan pilihannya.

” Kami menghimbau agar para pihak yang berkonstetasi pada saat ini, bisa menjaga martabat proses jalannya pemilu mendatang. Sehingga masyarakat semakin cerdas bisa menentukan pilihannya secara rasional, sesuai fakta-fakta yang ada. Bukan dari berita hoax, fitnah. ” jelas Agus

Kemudian, Agus menambahkan bahwa sikap tegas dari MPW PP Jatim dikarenakan adanya video editan yang di unggah pada media Youtube dan di sebarkan melalui pesan singkat whatsapp, terkait cawapres Ma’aruf Amin yang mengucapkan selamat hari natal dengan menggunakan atribut Sinterklass.

Video yang beredar di youtube terkait Ma’ruf Amin di edit jadi Sinterklas ini mendapat kecaman dari berbagai pihak pendukung dari Capres dan Cawapres no.1, dan juga kecaman keras dari Pemuda Pancasila MPW Jatim.

” Itu salah satu bukti yang akan kita laporkan. Hoax itu. Imbuhnya.

Baca:  Pemohon Blokir SHM Tanpa Calo, Dipersulit BPN ll Surabaya

Sementara itu, ketika ditanya terkait dukungan MPW PP Jatim terhadap capres-cawapres siapa pada pemilu mendatang, dengan tegas Agus mengatakan bahwa MPW Pemuda Pancasila Jatim sudah mendeklarasikan dukungan kepada capres dan cawapres kepada pasangan nomer urut 01, Jokowi-Ma’aruf Amin.

” Dari awal kita sudah tentukan akan mendukung Jokowi pada pemilu 2019 mendatang. ” pungkasnya.