Hindari Pungli, Satlantas Polres Sampang Gelar Uji Coba SIM Online | Liputan Indonesia

Hindari Pungli, Satlantas Polres Sampang Gelar Uji Coba SIM Online

Advertisement
SAMPANG, (Liputan Indonesia) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sampang menggelar ujicoba layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) berbasis online, pelayanan perpanjangan SIM ini dianggap mampu memperbaiki cara lama pengurusannya.

Pelaksanaan layanan SIM Online nasional ini mulai diterapkan secara serentak di jajaran Polda Jatim pada Kamis (15/12/2016).

Kasatlantas Polres Sampang, AKP Erika Purwana Putra SIK MH saat dikonfirmasi melalui Baur SIM, Aiptu Iwan Suhadi mengatakan, pihaknya resmi telah membuka layanan baru dalam prosedur pengurusan SIM. Walau masih memasuki tahap uji coba, pelayanan baru ini menjadi metode guna menghindari calo.

” Tadi pagi sudah kita coba SIM Online. Jadi tujuannya SIM Online ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan, Misalkan orang ber-KTP Jakarta bisa melakukan perpanjangan SIM di Sampang atau daerah lainnya. Jadi layanan SIM Online berlaku secara nasional. Tetapi, sementara hanya khusus perpanjangan saja,” kata Iwan, saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Sabtu (10/12/2016).

Iwan menuturkan, biaya pembuatan SIM Online tetap sama dengan biaya SIM manual sebelumnya. Biaya ini sesuai dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), yaitu Rp 120 ribu untuk SIM A dan Rp 100 ribu untuk SIM C.

“Sementara untuk perpanjangan dikenakan biaya Rp 80 ribu SIM A dan Rp 75 ribu SIM C. Sementara ini, SIM online masih pada tahap uji coba khusus perpanjangan pada SIM A dan SIM C,” bebernya.

Iklan anda Banner Lindo
Dikatakannya, Sistem SIM online ini akan memudahkan masyarakat memperoleh SIM dan menghindari kemungkinan seseorang mempunyai lebih dari satu SIM untuk jenis yang sama atau membuat SIM baru dengan alasan bahwa yang lama hilang.

” Sistem ini juga akan menghilangkan kemungkinan penyalahgunaan pembuatan SIM baru. Sebab, ketika dia memasukkan NIK, otomatis akan ketahuan bahwa SIM lamanya, misalnya, disita oleh polisi karena sebuah pelanggaran atau kecelakaan,” pungkasnya.

Penulis: (0n1)
Editor: (Can)

Iklan AndaKepiting Jimbaran


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close