Hina Wartawan, Oknum Polantas Polres Malang Dikecam Insan Pers

Dibaca: 14584 kali
Foto: oknum Polantas Polres Malang, yang menghina Wartawan.

Jakarta – Penghinaan kepada profesi jurnalis kembali terjadi dan menambah panjang daftar diskriminasi Wartawan di tubuh Polri. Dengan adanya oknum Kepolisian Polantas Polres Malang yang tidak punya etika dalam berbicara dan tidak patut jadi suri tauladan masyarakat, dikarenakan terhadap jurnalis atau wartawan tidak sepantasnya berkata yang tidak patut dikatakan, mengingat Tupoksi profesi jurnalis atau wartawan adalah jendela informasi publik dan kontrol sosial bagi masyarakat, guna membantu negara dalam peran memperbaiki etika moral dan kesopanan bangsa.

Dalam kasus Pelecehan sering terjadi, seperti kejadian Kapolres Waykanan Lampung juga sama menghina wartawan seperti kotoran hewan, dan sekarang terjadi lagi dalam tubuh polri, tepatnya di Malang, Jatim.

Kali ini Pelecehan Profesi Jurnalis yang diduga dilakukan oleh Oknum Anggota Polantas Polres Malang Bripka Hery W dengan menyebutkan ” Wartawan Seperti Tai “, Ketum Akrindo Drs. Maripin Munthe berang dan sekaligus sesalkan tindakan seorang Aparatur Negara yang seharusnya tidak pantas untuk diucapkan, Jum’at (01/09/2017).

Kasus penghinaan terhadap wartawan media Online Republiknews.id pada 12 Juni 2017 lalu yang dilakukan oleh seorang anggota Polantas Polres Malang, Bripka Hery W dengan sebutan ‘WARTAWAN SEPERTI TAI’ tidak kunjung selesai. Meski Polantas tersebut telah dilaporkan ke Propam Polres Malang 18 Mei 2017 lalu, penanganan terkesan lamban. Kamis, (31/8/2017).

Baca:  Kapolsek Semampir Sosialisasi Etika Medsos dan Bahaya Narkoba ke Pelajar di Wilayahnya

Menyebutkan, Lontaran kata kotor ‘WARTAWAN SEPERTI TAI’ ini terjadi saat salah satu seorang wartawan mengkonfirmasi tentang proses tilang yang dilakukannya pada tahun 2015, dikarenakan Polantas tersebut sudah menghilangkan Barang Bukti (BB) 1 unit sepeda motor dan menyita BPKB serta STNK dan tidak mengembalikannya sampai tahun 2017.

Setelah hinaan kotor tersebut dilaporkan wartawan ke Mapolres Malang, Kasie Propam Ipda Basuki Iriyanto, mulai angkat bicara. Dirinya mengatakan kepada wartawan, ” Kamu bikin malu saja, mau tak sumpal sepatu mulutmu, sungguh memalukan Polri saja, sampai melontarkan kata-kata kotor itu kepada wartawan.” Ujar Kasie Polres Malang Ipda Basuki dengan nada tinggi kepada Bripka Hery W.

Ketum Akrindo Drs. Maripin Munthe menegaskan, Fungsi Kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban masyarakat, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat. Kan sudah diatur dalam Undang – Undang Kepolisian Nomor 2 Tahun 2002, Cetus Drs. Maripin Munthe.

Menambahkan, ” Oknum Anggota Polisi Bripka Hery W yang menghina Profesi Jurnalis harus di Tindak Tegas dan bila perlu di Pecat dari Institusi Kepolisian, Karena sudah mencederai Sumpah Tri Brata .” Tegas Ketum Akrindo.

Baca:  Pakde Karwo: Prospektus Sektor Properti di Jatim Sangat Bagus

Lanjutnya, ” Kami dari Assosiasi Kabar Online Indonesia (Akrindo) berharap kepada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan juga Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, SH, Agar menindak tegas Oknum Anggota Polantas Bripka Hery W dengan memberhentikan secara tidak hormat. Dan atau menghukum Oknum Anggota tersebut dengan seberat – beratnya sesuai Hukum yang berlaku di Indonesia, Karena melanggar Undang – Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. ” Tutupnya. (one)