Hari Pertama, Ratusan Pencaker Serbu Job Fair SMK

Tegal – Hari pertama pelaksanaan Job Fair untuk lulusan SMK yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal diserbu ratusan pelamar yang datang dari berbagai sekolah di kota Tegal di ruang kelas SMK Muhamadiyah 1 hari Rabu (18/10). Job fair dilaksanakan sampai hari Kamis (19/10).

Sebelum melamar ke perusahaan yang dituju, para pencari kerja (pencaker) melihat posisi perusahaan yang disediakan di halaman sekolah. Mereka juga menyiapkan berkas lamaran sambil mengisi biodata.

Tujuan diadakan kegiatan ini yakni memberikan kesempatan kepada pencaker di kota Tegal untuk bisa bekerja di perusahaan sesuai dengan bidang dan kompetensi serta mengurangi angka pengangguran di kota Tegal.

Dalam kesempatan ini, Kepala Disdikbud Kota Tegal Drs.Johardi MM membuka secara simbolis Job Fair di aula SMK Muhamadiyah 1.Tema Job Fair yaitu Bangun Terus Generasi Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Acara merupakan program rutin Pemkot Tegal yang diadakan Disdikbud, ini sangat baik untuk lulusan SMK, yang mana di sekolah siswa sudah dibekali ilmu pengetahuan dan telah siap memasuki dunia kerja maupun perguruan tinggi” kata Drs. Johardi dalam sambutannya dari Plt.Walikota Tegal.

Baca:  Pakde Karwo Kumpulkan 5 Daerah Bahas Imunisasi

Ada 43 perusahaan yang berasal dari kota Tegal, mengisi di masing-masing stand job fair. 30 perusahaan lokal dan 13 perusahaan multinasional.Rata-rata perusahaan yang ikut job fair bergerak di bidang industri otomotif, garmen, retail, pembiayaan, keuangan dan makanan/minuman.

Sekitar ratusan posisi yang ditawarkan kepada pencaker lulusan SMK yakni operator,mekanik, teknisi, pemasaran dan lain-lain. Tidak hanya posisi di dalam negeri, tetapi juga posisi bekerja di luar negeri.

Selain itu, Kepala Disdikbud Kota Tegal menyampaikan kepada para guru untuk terus bersemangat mendampingi siswa mengikuti lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa).

“Guru harus mendampingi dan memotivasi siswa dalam mengikuti LKS yang diselenggarakan khusus pelajar SMK, Pemkot Tegal akan mendukung penuh agar menciptakan inovasi baru” ungkapnya.

Turut hadir pembukaan job fair dan pameran pendidikan yaitu forkompida Pemkot Tegal, Pimpinan BUMD BUMN, Pimpinan perusahaan, Kepala sekolah SMK/SMA Kota Tegal, siswa-siswi SMK/SMA se Kota Tegal. (Yud)

Bagikan berita ini

Hak Jawab / Hak Koreksi:
Via Email:
Redaksi@LiputanIndonesia.co.id
Newsliputanindonesia@gmail.com
Baca Lainnya