Gubernur Khofifah Beri Kuliah Umum Mahasiswa Prodi Guru Madrasah | Liputan Indonesia
, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Gubernur Khofifah Beri Kuliah Umum Mahasiswa Prodi Guru Madrasah

Advertisement , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaruLiputan Indonesia | Jatim – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberi Kuliah Umum (stadium General) Mahasiswa Program Peninģkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah Th 2019 Prov Jatim, di Gedung Islamic, Selasa (24/9).

Saat memberi kuliah, Gubernur mengatakan, sampai hari ini di Indonesia belum ada program studi keuangan Islam, maupun perbankan keuangan syariah. “Meski ekonomi syariah banyak tapi keuangan Islam belum ada,” katanya.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualifikasi guru perlu membangun kesepahaman dalam menyiapkan program studi bukan sekedar kondisi pesantren Madrasah Diniyahnya. Tapi bagaimana umat Islam di dunia itu paham bahwa dari bumi Indonesia, dari bumi Jawa timur, akan terlahir para ulama-ulama yang akan membawa Islam “rahmatan lil alamin”.

“Bagaimana sebetulnya sentra harapan kita Jawa timur akan jadi sentra islamic finance Jawa timur akan menjadi sentra islamic scholars lewat Indonesia Islamic science Park,” tambahnya. Lebih lanjut dikatakannya, di tahun 2050 Indonesia akan menjadi big four. "Jadi Jawa Timur ini akan menjadi prioritas di Indonesia. Saya mohon seluruh mahasiswa yang ada di dalam jejaring guru-guru Madrasah Diniyah akan bersama-sama ikut menyiapkan ekosistemnya. Kalau memang secara khusus harus disiapkan, maka tim untuk memberikan pendampingan yakni rektor, direktur, diharapkan punya minat untuk masuk pada bisnis startup,” tambahnya.

Ia menambahkan, apalagi dengan adanya sosial media, akan lebih mudah pembentuk pemikiran keislaman milenia baik secara sistemik dan konsisten para pengasuh pesantren maupun para rektor untuk serius memberikan materi-materi tentang Islam. “Kita lihat bagaimana sesungguhnya medsos dan internet mempengaruhi mereka, hampir 50 persen intoleransi karena sosial media. Apalagi kalau ada sosmed yang dimiliki oleh pengasuh pondok pesantren atau oleh perguruan tinggi, akan mempermudah para generasi milenia mendapatkan segala informasi yang diinginkan,” ujarnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda Prov Jatim, yang juga Plt Kadindik Jatim, Hudiyono, mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kemudahan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara.

Iklan anda , #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru Madrasah Diniyah agar memiliki kualifikasi akademik strata 1 atau sarjana dan strata 2 atau magister untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional menuju sertifikasi guru. Lebih lanjut dikatakannya, metode yang digunakan dalam pelaksanaan program peningkatan kualifikasi akademik untuk guru Madrasah Diniyah tahun 2019 adalah untuk program kesehatan di perguruan tinggi keagamaan Islam perkuliahan reguler dilaksanakan 8 semester yang dimulai pada tahun akademik 2019/2020.

Program strata 1 sarjana di Ma’had Aly perkuliahan reguler dilaksanakan selama 8 semester dimulai pada bulan Syawal tahun akademik 1440-1441 Hijriyah. Adapun program strata 2 magister di perguruan tinggi keagamaan Islam perkuliahan reguler dilaksanakan selama 4 semester yang dimulai pada tahun akademik 2019/2020.

Pelaksanaan program-program peningkatan kualifikasi akademik guru Madrasah Diniyah di Prov Jawa Timur tahun 2019 dilaksanakan sesuai dengan jenjang, yakni program S1 sarjana dengan jumlah 1.020 mahasiswa pada program studi pendidikan agama Islam, program studi pendidikan bahasa Arab, program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dan program studi manajemen pendidikan Islam. Program strata 1 sarjana dengan jumlah 220 mahasiswa dengan program studi tafsir hadits fiqih dan tasawuf.

Selain itu program magister keagamaan Islam dengan jumlah 340 mahasiswa, pada program studi magister pendidikan agama Islam dan pendidikan Islam.(ern/s)

Iklan Anda, #1 Situs berita Indonesia terkini, kabar hari ini, informasi terbaru


Media Liputan Indonesia Di Terbitkan PT. LINDO SAHABAT MANDIRI - Mengemban Tugas Sosial Kontrol Masyarakat, Bekerja Berdasarkan UU No: 40 Thn 1999 Tentang PERS | Wartawan kami di TKP dilengkapi Kartu Tugas dan ID Card PERS, Jika ada Wartawan kami menerima Suap / Imbalan terhadap narasumber harap laporkan ke Redaksi (Klik Disini) atau 08170226556 & 081259764162, kami butuh Dukungan Saran serta Kritik Anda. Kami ada untuk Anda.
Back to top button
error: ©Liputan_Indonesia...!!
Close