Dir-Reserse Polda Jatim Ungkap Sindikat Narkoba Lintas Lapas Provinsi

Dibaca: 149 kali
0
Situs+Berita+Indonesia+Dunia+Liputan+Indonesia

Surabaya, Liputan Indonesia – Direktorat Reserse Polda Jawa Timur gelar hasil pengembangan sindikat bandar Narkoba lintas provinsi yang di kendalikan dari dalam Rutan Kelas II B Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti shabu seberat 20kg dan 4 tersangka 2 di antaranya oknum petugas rutan.

Kapolda Jawa Timur  Irjen Pol.Drs Machfud Arfin SH menuturkan peredaran narkoba ini dikembangkan berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya sebuah transaksi di Hotel Fave Max Kamar 219 Jl. Pregolan No  1,3,5 Tegalsari Surabaya. Jumat (3/2/2017).

Lalu, personel Subdit 1 Ditresnarkoba melakukan penyelidikan lebih lanjut dan setelah mendapatkan informasi yang akurat dengan berdasarkan barang bukti permulaan yang cukup maka petugas melakukan upaya paksa penangkapan terhadap tersangka YN yang diketahui berprofesi PRT.

Lanjut Kapolda, ” Kemudian kami kembangkan ternyata jaringannya termasuk sindikat lintas provinsi, yang menjangkau Surabaya, Kalimanatan Barat, dan Depok Jawa Barat.” Lanjutnya

Peredaran narkoba lintas provinsi ini bisa menjangkau Surabaya, Kalimanatan Barat, dan Depok Jawa Barat.

“Dua orang oknum petugas rutan juga terlibat sama memperlancar peredaran narkobsalah satu narapidana yang ada di Rutan Kelas II B Cilodong, Kota Depok. Petugas ini tidak dapat imbalan uang melainkan hanya mendapat imbalan sabu-sabu seberat 75 gram, sekali transaksi,” Imbuhnya.

Dari penangkapan di Surabaya Petugas berhasil mengamankan YN (41) dengan barang bukti 1kg Sabu, 1 unit hp Kemudian dikembangkan berhasil menangkap Yanto dan Rypan di Cijantung Jakarta dan Cilodong Depok dengan barang bukti 2 kilogram sabu-sabu.

“Kemudian kami mengembangman lagi menuju gudang penyimpanan dan ditangkap FL dengan barang bukti 17 kilogram,”

Totak barang bukti seberat 20 kg jika dirupiahkan narkoba seberat 20 kg sama dengan Rp400 miliar.

Baca juga:  Pembukaan Perdana Lomba Sepak Bola Antar Kecamatan Surabaya Di Gelar

Ditambahkan  Kombes Pol Gagas Nugraha Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim, petugas rutan yang terlibat yakni Yanto dan Rypan yang memiliki jabatan Kepala Kepegawaian Rutan Cilodong Depok. Dari tangan mereka tim Ditreskoba Polda Jatim mendapatkan 2 kg sabu-sabu.

“Satunya lagi sebagai sipir di rutan itu. Mereka sudah berkali-kali memperlancar peredaran narkoba ini, imbalannya berupa barang. Kalau dirupiahkan 75 gram sabu sama dengan Rp100 juta, itu imabalan sekali membawa barang baik ke dalam rutan maupun keluar rutan,” k Depok. Petugas ini tidak dapat imbalan uang melainkan dapat imbalan sabu-sabu seberat 75 gram, sekali transaksi,”

Penulis : (icl)
Editor: (one)

ca-pub-2508178839453084